Interaction Devices and Input-Output

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Input dan Output Restyandito, S.Kom, MSIS. INPUT.
Advertisements

IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
Interaksi Manusia dan Komputer – Slide 3
Pertemuan 7 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST.,M.Eng
Piranti Input Salah satu kunci dalam membantu dalam pemilihan piranti input dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Profil Komputer.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
PERANGKAT KERAS MASUKAN
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERTEMUAN 6 PIRANTI INTERAKSI.
Pengantar Teknologi Informasi
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
Piranti Interaktif.
Interaksi Manusia dan Komputer
Piranti Interaktif.
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
LOGO DEDED RAMAD KAMDA,S.KOM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Interaksi Manusia dengan Komputer
H A R D W A R E K O M P U T E R.
FAKTOR KOMPUTER TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Pert 8 PIRANTI INTERAKTIF.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Hardware: Input and Output
Pengantar Sistem Pengarsipan dan Akses
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Analisa & Perancangan sistem
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Piranti Input.
Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Interaksi Manusia dan Komputer
Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:
Definisi hardware input
Kinds Of Input/Interaction Devices
Rani Susanto, M.Kom Teknik Informatika – UNIKOM 2017
Piranti Interaktif.
Input & Output Devices Bab V.
Human-Computer Dialogue
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
Pengantar Teknologi Informasi
Alat Input / Masukan Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pengertian Komputer, Sejarah Komputer & Alat Input 3.2 Menerapkan perakitan komputer 4.2 Merakit Komputer.
COMPUTER (Piranti Interaktif)
Piranti Interaktif.
COMPUTER (Piranti Interaktif)
ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Interaction Devices and Input-Output Lecture 5 Interaction Devices and Input-Output

Pengantar Untuk memperpendek jarak antara manusia dan komputer, desainer diharapkan mengerti dulu karakteristik dari hardware yang dipakai Input/Output Devices sekarang: Keyboard, Mouse, LCD displays, Printers. Input/Output Devices masa depan: Gestural Input, 3-D pointing, more voice input/output, wearable devices, whole body involvement for some input/output tasks.

Text Input Devices Text Input, dapat melalui: Keyboard ( yang paling umum) Speech Recognition (dengan percakapan) Handwriting (dengan tulisan tangan) Gloves (sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor-sensor)

Pointing Input Devices Pointing, dapat melalui: Mouse Touch Screen Track-Ball Eye-Tracking (belum umum dipakai)

Memilih Input Device Harus memberikan kontribusi yang positif terhadap sistem. (misal untuk user yang belum pernah pakai komputer, sediakan touch screen) Harus sesuai dengan tasknya ( misal entry text pakai keyboard, pointing pakai mouse) Harus sesuai dengan lingkungannya ( misal untuk tempat yang berdebu jangan pakai mekanikal mouse, pakailah optical mouse)

Keyboard Merupakan input device yang diskrit, yaitu sekali tekan untuk satu inputan. Merupakan yang terbaik untuk input text, tetapi beberapa experiment membuktikan bahwa untuk task seleksi (misal menu) keyboard lebih lambat dan tidak akurat dibandingkan device lainnya. Macam-macam Keyboard: Qwerty keyboard Dvorak keyboard Chord keyboard

Qwerty keyboard Dibuat berdasarkan layout mesin ketik Tata letak ini ditemukan oleh Glidden dan Soule (1878) Memiliki beberapa kelemahan dan ketidak efisienan, misalnya: 48% dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan oleh sebuah tangan. Hanya 32% ketukan yang dilakukan pada home row ( baris awal dari posisi jari pada keyboard) Beban tangan kiri lebih banyak dari pada tangan kanan (56%)  contoh paling nyata, adalah pengetikan huruf ‘a’ dilakukan oleh jari kelingking kiri.

Dvorak keyboard susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY

Chord keyboard Keyboard chord dengan tata letak palantype memiliki tiga kelompok karakter: Kiri  kelompok konsonan awal sebuah kata Tengah  kelompok vokal Kanan  kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata Untuk huruf yang tidak tersedia, digunakan gabungan dari beberapa tombol (misal T dan + menghasilkan D) Kelemahan utamanya adalah tidak semua kata bisa dieja dengan benar

Pointing devices Merupakan input device yang kontinyu Examples: Mouse Trackball Joystick

Touch Screen Mudah dipelajari Merupakan jenis yang paling user friendly Merupakan yang terbaik bagi yang tidak terbiasa pakai komputer Kelemahan: Mudah kotor mahal

Speech Input Kelebihan: Kekurangan: Mudah dipelajari (komunikasi alami) Tidak menggunakan tangan Cocok untuk orang cacat Kekurangan: Kadang-kadang kurang presisi karena keterbatasan recognizer Hanya digunakan untuk kondisi tertentu Mudah terpengaruh suara lain Bahasa yang digunakan manusia kadang-kadang sulit diinterpretasikan oleh komputer

2 Aspek Input Device………..(1) Direct vs. Indirect Direct pergerakan device secara fisik, sama dengan obyek di layar Contoh: mouse Indirect device tetap di tempat, tetapi obyek di layar bergerak Contoh: joystick, trackball

2 Aspek Input Device………..(2) Absolute vs. Relative Absolute  lokasi input device dan obyek di layar adalah sama contoh: touch screen, light pen Relative  lokasi input device & obyek di layar berbeda contoh: mouse, trackball, joystick

Taxonomy of user-centered pointing devices

Task - Device Numeric Data Entry: Numeric Keypad Text Data Entry: Alphanumeric Keyboard Object Selection (e.g. icon selection): Mouse, TrackBall Object Manipulation (e.g. drag & drop): Mouse, TrackBall Tracking (e.g. drawing): Mouse, LightPen

Output Devices (1) Printed Output Graphical Output Audio Output Laser Printer, Ink Jet, Impact and Thermal Printer Graphical Output LCD displays, projectors Audio Output Stereo/Surround Speakers, Headphones

Sound Output …….(1) Komputer memberikan informasi berupa suara: Alerting  untuk menarik perhatian user contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa ada mail Feedback  untuk feedback suatu task contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa proses format sudah selesai

Sound Output………..(2) Macam-macam suara: Speech ngomong seperti manusia Musical Sounds  suara yang dihasilkan oleh music Natural Sounds  sound effect (suara sehari-hari)

Kegunaan Output Suara Melengkapi visual interface (misal mengiringi game) Berguna bagi user (mata user) yang sibuk Proses background (misal mengetahui progress suatu proses melalui suara) Orang buta, mengandalkan suara dari komputer Karena nada terdiri dari 5 dimensi (nada, warna, irama, volume, oktaf) maka usernya harus terlatih Menyertai animasi algoritma (misal pada proses sorting, suara saat membandingkan, suara saat swap, dsb)

Jenis-jenis Output Suara Natural Sound: menggunakan suara sehari-hari. (misal suara buka tutup laci untuk load atau save) kelemahannya: tidak semua bisa dianalogikan (misal untuk compile) Musical Sound: menggunakan suara music Kelebihannya: semua bisa dibuat earcons Kelemahannya: sulit ditebak, perlu training Speech Output: suara manusia

Bacaan Preece, Chapter 11,12