AGAMA ISLAM III (Rekonstruksi- Ilmu)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Advertisements

AL-QURAN MEMAHAMI DAN MENGHAMPIRINYA
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Pendidikan Agama Islam
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
UNIVERSITAS GUNADARMA
Muhammad Bahrul Ilmi, SE Lecturer of Accounting Economic Faculty STIE Surakarta.
Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari
AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Ayat-ayat Al-Qur’an Mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Islam Sebagai Way of Life Disusun oleh :  M. Asnun Munir  Ellyn  Zulfa Wafiroh  Disusun oleh :  M. Asnun Munir
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
PENDIDIK DALAM ISLAM A. PENGERTIAN
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Tujuan Pendidikan Tercantum daLAM Qs. Al-imron DAN Qs
PRINSIP KASIH SAYANG              
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
TA’RIF (DEFINISI) TARBIYAH ISLAMIYAH Tarbiyah Islamiyah adalah: “Cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung (berupa.
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
Oleh: Edi Suwanto dan Muhammad Suderajat
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
3. Ketaatan dalam perbuatan 1. Pujian lisan
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
MIN MUQOWIMAT AL-NAFSIYYAH AL-ISLAMIYYAH
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Oleh: KARYOTO WIRO SANTOSO
IPTEK, DAN SENI DALAM ISLAM
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
Oleh: Ahmad Fairozi Disampaikan dalam acara:
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
BAB 1 DASAR-DASAR PENCARIAN KEBENARAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
Surah Ad-Dhuha Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
KARYA TULIS ILMIAH ILMIAH ADALAH SEGALA SESUATU YANG BERSIFAT KEILMUAN, DIDASARKAN PADA ILMU PENGETAHUAN, ATAU MEMENUHI SYARAT ATAU KAIDAH ILMU PENGETAHUAN.
PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 1 1 AKUNTANSI SYARIAH.
BERFIKIR KRITIS (Critical Thinking) QS. ALI IMRAN
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT. DENGAN MEMBACA Y  N  Y  QW  Y  W  N  WQ  Y  TPV  Y  TN Y 
Transcript presentasi:

AGAMA ISLAM III (Rekonstruksi- Ilmu) Dr.Ir. H. Soedarsono, M.Si. Dosen F Teknik Unissula

MUKJIZAT ILMIAH DALAM AL-QUR’AN I’jaz (mukjizat) secara etimologi dari kata al I’jaz merupakan masdar (abstract noun) dari kata a’jiza yang berarti mengungguli, Mukjizat menurut para ulama adalah suatu yang luar biasa dan tidak tertandingi. Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuai berdasarkan sifat atau hakikatnya. Dengan sifat yang dicari bisa terungkap dengan jelas, yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah ilmu yang eksperimental. Mukjizat ilmiah adalah pemberitaan Al-Qur’an tentang hakikat sesuatu yang dapat dibuktikan oleh ilmu eksperimental dan belum tercapai kesemuanya krena keterbatasan sarana manusia pada jaman Rasullullah

KAIDAH-KAIDAH KAJIAN MUKJIZAT ILMIAH Ilmu Allah bersifat universal dan kebenaran yang mutlak ilmu manusia terbatas dan kebenarannya bersifat relatf. Tidak mungkin terjadi pertentangan antara yang pasti dari wahyu dan yang pasti dari ilmu eksperimental, apabila terjadi pertentangan pasti ada kesalahan dari menentukan kepastian salah satunya.

Nash-nash wahyu diturunkan lafaz yang luas yang mencakup segala konsep yang benar dalam topik yang terus menerus muncul dari lain generasi ke generasi selanjutnya. Apabila terjadi pertentangan antara nash yang pasti dengan teori ilmiah maka teori itu harus ditolak, tetapi apabila terjadi kesesuaian maka nash merupakan pedoman atas kebenaran teori tersebut.

AL-QUR’AN MERANGSANG PERKEMBANGAN IPTEK Al-Qur’an menegaskan bahwa manusia diciptakan oleh Allah dari bumi (tanah) agar manusia memakmurkannya. “….Dialah telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) oleh menjadikanmu pemakmurnya” (Qs 11, 61). Adam sebagai khalifah Allah untuk mengelola dunia dibekali dengan ilmu memahami sifat-sifat alam (science)

“ Dan dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakan pada malaikat, lalu berfiman “Sebutkanlah kepadaku nama benda-benda atau jika kamu orang-orang yang benar (Qs 2, 31) Berdasarkan pemahaman itu umat Islam organisasi pertama sampai abad ke-5 Hijriah melakukan eksperimental science atau mengadakan penelitian dari Tobiah, (kealaman).

SUNATULLAH. (Ada yang tidak yang diwahyukan dan yang diwahyukan) Sunatullah tidak diwahyukan prosesnya tidak melibatkan manusia. Ada tiga sifatnya yaitu: Exact (Qs 25: 2 dan 65: 3) Immutable (Qs 6: 115 dan 17: 77) Obyektive (Qs 21: 115) Sifat sanutullah Exact (pasti) Sifat alam yang pasti memberikan kemudahan bagi manusia untuk membuat rencana berdasarkan perhitungan. Misalnya titik didih 1000 C, grafitasi siklus hidrologi, fotosintesis dll.

Sifat sunatullah immutable (tidak berubah-ubah). Dengan sifat sunatullah yang tetap, seorang ilmuwan dapat memperkirakan dan merencanakan setiap fenomena alam yang akan terjadi, setiap pakar IPTEK mudah memahami karena sifat alam yang konsisten. Sifat sunatullah obyektif (tidak memihak) Dapat kata tahawi siapa yang mematuhi sunatullah akan sukses sedangkan yang melangar atau tidak mengikuti sunatullah secara konsiste akan gagal. Misalnya sifat tangkal petir (lightning orrester). Al-Qur’an bukan hanya menjadi inspirasi permasalahan IPTEK melainkan juga dapat mengilhami jawaban atau penjelasan ilmiah. Ada dua pendekatan antara Al-Qur’an dan temuan IPTEK, yaitu pendekatan ke hulu dan ke hilir.

Pendekatan ke hulu Al-Qur’an TI TI: Temuan IPTEK

Pendekatan ke hilir Al-Qur’an A D C E B F * Permasalahan * Pernyataan * Peradikian * Epestimologi A

Sunatullah yang diwahyukan. Cirinya melibatkan manusia dan time responya panjang. Oleh karena itu banyak ayat dalam Al-Qur’an manusia diminta mempelajari sejarah masa lampau sebagai bahan perbandingan untuk menyakinkan manusia akan kebenaran hukum-hukum Allah (oils: QS 3; 173-138)

“Sesungguhnya telah berlaku sebelum kamu sunah Allah, karena itu berjalanlah di muka bumi dan perhatikan orang-orang yang mendustakan (rosul-rosul) Al-Qur’an ini adalah penerang bagi manusia dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang taqwa (QS 3; 137-138)

Sebagai contoh sunatullah yang diwahyukan antara lain surat Nur ayat 58 dan 59 yang menunjukan agar setiap orang tua mendidik anak mereka yang di bawah umur, agar meminta ijin setiap kali akan masuk kamar tidur orang tua mereka pada tiga masa (sebelum sesudah, saat meninggalkan pakaian dan setelah isak).

AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER ILMU PENGETAHUAN DAN KEALAMAN Surat Al Anbiya’ 30 :

Surat Yunus , 101 : Surat Al Qomar , 49 :

Surat Ali Imron, 190-191 :

Surat Adz Dhariyat 47 : Surat Fushshilat 53 :

Surat Al Ghosyiyah 17-20 :

Surat Al Qomar 49 :

Surat An Nahl 11- 12 :

Surat Fushshilat 11 :

Surat Al Baqoroh 74 :

Al Qashash 77 :

Al Alaq 3,4,5 :

Al Fushilat 11 :

At Thalaq 12 :

Adz Dzariat 56 :

Ibnu Abdil Barr Ibnu Uda

Al Qashash 77 :

An Naml 88 : An Naba’ 6,7 :

Al Ghasiyah 20 :