Designing Effective Output / Input

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perancangan Sistem Informasi Terstruktur (3 SKS)
Advertisements

Perancangan Sistem Informasi (2 SKS)
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Text DEPAN.
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
Rancangan Masukan Tujuan Pembelajaran : Materi :
Merancang User Interface
FORM PADA WEB WEB 1 KELAS X.
ICT – BASED TEACHING MATERIAL
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
Merancang Output yang Efektif
Menu dan Formulir.
Designing Effective Output / Input
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Bab 1 Asumsi Aturan sistem analisis
Pertemuan 3 Menu dan Formulir
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Perancangan Sistem L. Erawan.
Analisa & Perancangan sistem
Analisis Perancangan Sistem Informasi + Basis Data- IEG4B4
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Latihan Ujian UTS dan UAS
Chapter 6 Using Questionnaires
Perancangan Antar Muka
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
Outline Elemen desain arsitektur. Membuat desain arsitektur.
Outline Prinsip desain antarmuka pengguna.

Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
Human Computer Interaction (3)
PEMILIHAN MENU DAN PENGISIAN FORMULIR
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
Pendahuluan.
Prinsip Antarmuka Pengguna
ICT – BASED TEACHING MATERIAL
Analisa & Perancangan sistem
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (ANSI)
MATERI KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JURUSAN MANAJEMEN FE _ UM
PHP : Hypertext Processor
Chapter 13 Menyiapkan Proposal Sistem
Metode Perancangan Program
Analisa dan Desain Terstruktur
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Algoritma dan Pemrograman
ANALISA PERANCANGAN OUTPUT & INPUT.
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
Hyperlink & Form Pertemuan 11
Systems Analysis and Design Kendall and Kendall Fifth Edition
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Let’s play programming!
Hyperlink and Form Session 10 & 11
Sampling, Wawancara, kuesioner, prototipe
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
HTML FORMS & INPUT Khafiizh Hastuti.
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Desain Antarmuka (User Interface Design)
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
Pendahuluan.
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN.
Transcript presentasi:

Designing Effective Output / Input Systems Analysis and Design Kendall and Kendall Fifth Edition

Tujuan Perancangan Output Output dirancang untuk Merancang output untuk tujuan khusus Membuat output bermanfaat bagi para pengguna Mengirim jumlah output yang tepat Menyediakan distribusi output yang tepat Menyediakan output tepat waktu Memilih metoda output yang paling tepat Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc. Teknologi Output Output dapat berupa bentuk Print Screen Audio CD-ROM or CD-RW DVD E-mail World Wide Web Electronic output Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc. Teknologi Output Output technologies differ in their Speed Cost Portability Flexibility Storage and retrieval possibilities Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

Faktor-Faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih teknologi output Siapa yang akan mengunakan (melihat) output tersebut (kualitas yang dibutuhkan)? Berapa banyak orang yang membutuhkan output tersebut ? Dimana keluaran tersebut dibutuhkan (distribusi / logistik) ? Apa tujuan output tersebut ? Pada kecepatan berapa output tersebut dibutuhkan ? Seberapa sering output tersebut diakses Berapa lama output tersebut akan (atau harus) disimpan ? Menurut peraturan khusus apa output tersebut diproduksi, disimpan, dan didistribusikan ? Berapa biaya awal dan biaya selanjutnya untuk pemeliharaan dan pasokan ? Apa syarat-syarat lingkungan (penyerapan kebisingan, pengendalian temperatur, ruang untuk peralatan, dan penkabelan) untuk teknologi-teknologi output tersebut ? Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc. Tujuan Desain Input Membuat penyelesaian input yang mudah dan efisien (Effectiveness) Menjamin input akan memenuhi tujuan yang diharapkan (Accuracy) Menjamin penyelesaian yang tepat (Ease of use) Membuat tampilan layar dan formulir yang menarik (Consistency) Membuat input yang tidak rumit (Simplicity) Membuat tampilan layar dan formulir yang konsisten (Attractiveness) Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc. Disain Formulir Empat pedoman untuk membuat formulir Membuat formulir mudah diisi Memastikan formulir akan memenuhi tujuan yang telah dibuat Membuat formulir yang memastikan penyelesaian tepat Buatlah formulir yang menarik Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc. Perancangan Layar Empat Pedoman untuk membuat layar Layar harus dibuat sederhana Layar harus konsisten dan layar ke layar Rancangan layar harus memudahkan pergerakan antar layar Layar harus menarik Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

Perancangan antar muka dengan Graphical User Interface (GUI) GUI controls or fields Text boxes Check boxes Option or radio buttons List and drop-down list boxes Sliders and spin buttons Image maps Text area Message boxes Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.