Algoritma dan pemrograman
Deklarasi Algoritma Mendeklarasikan jalannya algoritma yang dibuat Format penulisan : Assignment : nilai 20 Operasi : jumlah nilai A + nilai B
Deklarasi Algoritma Format Penulisan Percabangan if(a>5) then x 6 y 7 else z 8 endif
Deklarasi Algoritma Perulangan do x 6 y 7 While(a > 5)
Input : input(a) Output : output (a) / output(“hello”)
Tipe data Integer : bilangan bulat Real : bilangan decimal Char : terbatas satu karakter String : kumpulan karakter
Contoh pseudocode Program penjumlahan. Kamus a,b : integer hasil : integer Deskripsi Algoritma a 10 input(b) hasil a+b output(hasil)
Flowchart
Adalah penggambaran secara grafik dari langkah langkah dan urut urutan prosedur dari suatu program Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan maslah ke dalam segmen segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisa alternative alternative lain dalam pengoperasian
Oval - Terminator Digunakan untuk mengawali dan mengakhiri sebuah alur logika yang digambarkan dalam bentuk flowchart.
Segi empat - process Digunakan untuk menggambarkan proses / operasi yang terjadi di dalam alur logika
Jajaran genjang – input / output Digunakan untuk menggambarkan input / output yang terjadi dalam alur logika.
Belah ketupat - decision Digunakan untuk menggambarkan pilihan yang terjadi dalam alur logika.
Lingkaran kecil - Connector Digunakan untuk menghuungkan alur logika yang terlalu panjang dan tidak mungkin dituliskan dalam satu halaman.
Segi enam - Preparation Digunakan untuk menggambakan proses inisialisasi yang terjadi dalam alur logika.
Kasus 1 Menghitung luas lingkaran
KASUS 2 MENGECEK BILANGAN BULAT Berikan bilangan yang ingin di-cek Jika bilangan tersebut lebih dari 0 maka bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif Jika kurang dari o maka bilangan tersebut adalah bilangan bulat negatif
KASUS 2 MENGECEK BILANGAN BULAT
Kasus 3 Mencetak angka 1-10 Nilai counter dimulai dari 1 Selama nilai counter kurang dari 11 lakukan perintah berikut : Cetak nilai counter Increament nilai counter
Kasus 3 Mencetak angka 1-10
Kasus 1 menghitung luas lingkaran #include<iostream.h> main( ) { float r, Luas ; //r= jari-jari cout<<“Program Menghitung Luas Lingkaran”<<endl; cout<<“jari-jari Lingkaran = “; cin>>r; Luas = 3.14*r*r; cout<<“Luas Lingkaran = “<<Luas<<endl; return 0 ; }