Pertemuan 10 Logical operators && dan ||, string

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek (2)
Advertisements

Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
Tipe data dan algoritma dasar
Fungsi input-output.
Pemrograman Berorientasi Objek (3)
Penggunaan Angka, String, Operator, dan Statement Pembanding
Flow Control & Exception Handling
Pemrograman Terstruktur
Pertemuan 2 – Manipulasi String PEMINATAN PROGRAMMING & DESAIN GRAFIS SMAK ST. LOUIS 2 SURABAYA POWERED BY PUEDE EDUCATION.
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Elemen Dasar Program C++
Operasi String.
Algoritma dan Flowchart
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman.
Operator, Variabel, Konstanta, Tipe Data
Pemprograman Terstruktur 1
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Pertemuan String Matakuliah : T0616 / Algoritma dan Pemrograman
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Pengantar PHP (Lanjutan)
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
Struktur Algoritma & Tipe Data
Transfer of control (pemindahan langkah)
Statement Control (if dan switch)
{Pertemuan 5 Struktur Kondisi IF - lanjutan}
Oleh : Agus Priyanto, M.Kom Norma Amalia, M.Eng
Operasi Operator dalam C++ Pertemuan 4 Dasar Pemrograman
Pendahuluan & identifier pada bahasa c dan c++
INPUT DAN OUTPUT OLEH: SRI SUPATMI,S.KOM.
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 9
Elemen dasar Pertemuan 3.
ARRAY (Array Dua Dimensi) Pertemuan 16 Dasar Pemrograman
PERTEMUAN 7 STATEMENT PEMILIHAN
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 5
Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Algoritma dan Pemrograman
Mengenal Model Data, Perintah I/O
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Percabangan (Lanjutan)
As’ad Djamalilleil Akses File As’ad Djamalilleil
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
02.1 Hari-2.
PHP : Hypertext Processor
(Struktur Dasar, Variabel, Tipe Data, Input, Output, Komentar)
Konsep Dasar BASIC ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP :S1-DB) Pertemuan 3.
01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.
Pertemuan 7 pow, sqrt, break, continue
VARIABEL DAN TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi
Pemrograman Terstruktur
Flow Control & Exception Handling
Baca Tulis File Untuk dapat membaca atau menulis data dari/ke sebuah file maka langkah yang perlu dilakukan adalah: membuka file - mendefinisikan variabel.
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma Struktur Data
Hani Atun Mumtahana, S.Kom
Konsep Dasar BASIC ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP :S1-KA) Pertemuan 3.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pertemuan 3 Input/output Statement Assignment Statement
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pengantar Pemrograman Bahasa C
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
PERTEMUAN V F U N G S I Tujuan membuat suatu fungsi
Nyoba PR Pertemuan 4 Coba PR-nya di Console Application MonoDevelopnya dulu. Kalau sukses tampil hasilnya, baru coba di Unity Script-nya. Di unity script.
Notasi Algoritmik, Tipe Dasar, Nilai, Ekspresi dan Input/Output
Transcript presentasi:

Pertemuan 10 Logical operators && dan ||, string Mata Kuliah Algoritma & Pemrograman Program Studi Desain Teknologi Permainan Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta Tri Anggraeni, S.Kom., M.Sc. Deitel, P. & Deitel, H. (2014). C++ How to Program 9th Edition. Massachusetts: Prentice Hall.

Logical operators && truth table Contoh ekspresi ke-1 : x > 0 Contoh ekspresi ke-2 : x < 6 Contoh penggunaan logical operators && : if (x > 0 && x < 6) Ekspresi ke-1 Ekspresi ke-2

Misal Contoh Ekspresi 1 : x > 0 ? Ekspresi 2 : x < 6 ? Ekspresi 1 && Ekspresi 2 : (x > 0 && x < 6) ? x = -1 Salah Benar x = 7 x = 5 Operasi matematika 3 < x < 7 Di C++ harus ditulis : (3 < x && x < 7) Atau : (3 < x && x < 7) <

Contoh Penggunaan Logical operators && Buat program Game Bowling ada pilihan berat bola 5 sampai 9 kg. Skor tergantung pada berat bola yang digunakan dan berapa pin yang jatuh karena lemparan bola. Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai kurang dari atau sama dengan 4, skor bertambah 10x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 1 pin, maka skornya bertambah 10. Jika mengenai 2 pin, maka skor bertambah 20, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai lebih dari 4, skor bertambah 20x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 5 pin, maka skornya bertambah 100. Jika mengenai 6 pin, maka skor bertambah 120, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya sama dengan & lebih dari 7 kg, dan jumlah pin yang dikenai kurang dari atau sama dengan 4, skor bertambah 30x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 1 pin, maka skornya bertambah 30. Jika mengenai 2 pin, maka skor bertambah 60, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya sama dengan & lebih dari 7 kg, dan jumlah pin yang dikenai lebih dari 4, skor bertambah 40x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 5 pin, maka skornya bertambah 200. Jika mengenai 6 pin, maka skor bertambah 240, dan seterusnya.

Contoh Logical Operators && nya Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai kurang dari atau sama dengan 4, skor bertambah 10x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 1 pin, maka skornya bertambah 10. Jika mengenai 2 pin, maka skor bertambah 20, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai lebih dari 4, skor bertambah 20x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 5 pin, maka skornya bertambah 100. Jika mengenai 6 pin, maka skor bertambah 120, dan seterusnya.  if (berat_bola < 7 && pin_kena <= 4) { skor += pin_kena * 10; } if (berat_bola < 7 && pin_kena > 4) { skor += pin_kena * 20; } Dan seterusnya Simpan dengan nama file &&_coba.cpp atau operator_and_coba.cpp

Hati-hati pada if (count = 5) Pada statement semacam : if (count == 5) Jangan sampai kurang tanda sama dengan Misal : if (count = 5) Ada compiler yang memberi warning, ada yang tidak. Yang tidak memberi warning : output akan kosong saja. Agar compiler menampilkan error jika ada kesalahan, setiap membuat if dapat seperti : if (5 == count) Jika pembuat program salah menulis if (5 = count), compiler akan menampilkan error. Operasi matematika 3 < x < 7, di C++ harus ditulis : (3 < x && x < 7).

Logical operators || truth table Contoh if (berat_bola == 5 || berat_bola == 8) { skor += pin_kena * 10; } else if (berat_bola == 6 || berat_bola == 7) { skor += pin_kena * 20; } else { skor += pin_kena * 30; } Buat programnya. Simpan dengan nama file operator_or_coba.cpp

Pada ekspresi yang menggunakan && : Jika 2 kondisinya independen, buat kondisi yang lebih banyak kemungkinan SALAHnya berada di sebelah kiri. Pada ekspresi yang menggunakan ||, buat kondisi yang lebih banyak kemungkinan BENARnya berada di sebelah kiri.

Logical Negation (!) Operator if ( grade != sentinelValue ) cout << "The next grade is " << grade << endl; Sama dengan : if ( !( grade == sentinelValue ) )

Latihan Game Perkalian Siswa SD Kelas 3 : Buat program game yang meminta pemain memasukkan 2 angka dan menampilkan hasil perkaliannya. Cetak “Ok” jika hasil perkaliannya di antara 10 dan 20. Cetak “Bagus” jika hasil perkaliannya di antara 21 dan 30. Cetak “Wauw” jika hasil perkaliannya di antara 31 dan 40. Cetak “Luar biasa” jika hasil perkaliannya di antara 40 dan 50. Simpan dengan nama file operator_and_latihan.cpp

Buat program Game Hemat Listrik PLN yang menerima masukan pemain berupa jumlah jam menyalakan televisi dan daya lampu kamar. Cetak “Listrik hemat” jika televisi dinyalakan maksimal 1 jam atau daya lampu kamar maksimal 4 watt. Jika tidak, cetak “Tidak hemat listrik”. Simpan dengan nama file operator_or_latihan.cpp

Tipe data string Digunakan untuk menyimpan rangkaian huruf seperti “Tri Anggraeni”, “Annisa Banowati”, dll. Harus digunakan dengan header : #include <string> & namespace std Contoh : String_coba.cpp Setelah “Masukkan alamat Anda lagi : ”, Langsung tampil kata kedua dari alamat yang dimasukkan pertama kali. cin : hanya menyimpan rangkaian huruf sampai white-space (spasi)  1 kata. Kata berikutnya disimpan di operasi input berikutnya (pada contoh : di variabel alamat2). Fungsi getline : untuk menyimpan semua huruf yang diinputkan, termasuk white-space (spasi)nya

Contoh lain penggunaan string string_coba2.cpp : mencoba : string kosong Cara menggabungkan 2 string size substr Mengubah huruf di suatu posisi Hlmn 436 http://www.cplusplus.com/reference/exception/exception/

Statement try Digunakan untuk menangani exception (pengecualian). try diikuti baris program yg mungkin mengakibatkan exception. Contoh : try { …………….. /* berisi baris program yg mungkin …………….. mengakibatkan pengecualian */ } try juga diikuti dengan baris catch (berisi baris program untuk menangani exception yang terjadi). Contoh : catch { Baris program di dalam catch tidak dieksekusi jika baris program di dalam try dapat dieksekusi (& sebaliknya). Harus ada tanda kurung kurawal buka & tutup setelah try & catch seperti contoh. string_coba3.cpp : mencoba try catch Hlmn 319

Latihan Buat program game yang meminta masukan nama pemain dan mengukurnya. Jika panjang nama itu lebih dari 10 huruf, maka program hanya akan menampilkan 10 hurufnya saja. Simpan dengan nama file substr_latihan.cpp Buat program game yang meminta masukan umur, gender, dan asal negara pemain. Ketiga data itu kemudian ditampilkan dalam 1 string. Simpan dengan nama file string_latihan2.cpp

Silahkan dipelajari & kerjakan latihan lagi tanpa melihat contoh Salin file-file latihan program Anda di flash disk atau hand phone untuk belajar. Matikan monitor & mouse komputer.