FILOSOFI METODE PEndidikan BERbASIS TAUHID

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Disadur dari berbagai sumber
Advertisements

1. RESPONSI I I. Orang yang baik adalah orang yang : II. Guru yang ideal adalah guru yang : III. Peserta didik yang baik adalah : IV. Jika saya memiliki.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pendidikan Tinggi di Indonesia
Konsep Dasar Pendidikan
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
ETOS KERJA DALAM ISLAM keutamaan kerja karakter Rasul dalam bekerja
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
PERANAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL QUOTIENT DALAM MEMBANGUN WATAK BANGSA
AQIDAH Mmtc, ‘ 11.
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
”SUSUSAYA” MELAMPAUI PARADIGMA-PARADIGMA METODOLOGI PENELITIAN
LIMA PILAR BELAJAR GUNA MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAKWA.
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
SISTEM PENDIDIKAN Di Indonesia
EVALUASI PEMBELAJARAN SUDIYONO
WORKSHOP “RESEARCH DENGAN METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF”
KOHORT PENDIDIKAN TERTINGGI PENDUDUK TAHUN 2007 USIA 19-23
Pendidikan Sebagai Suatu Sistem
Pendidikan Tinggi dan Nilai-Nilai Keadaban Publik
Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Munawar Ketua LP3M-UB
SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL “BELA NEGARA” “GRAND DESIGN KURIKULUM BELA NEGARA DAN RANCANGAN IMPLEMENTASINYA” TEGUH SOEDARTO Surabaya, 1 Oktober 2016.
Pelaksanaan Pendidikan Berdasarkan UUSPN 20 Tahun2003
AKUNTANSI SYARIAH Iwan Triyuwono Universitas Brawijaya
A. Manusia dan Alam Semesta
ALAM dan LINGKUNGAN HIDUP
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
Materi dan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
Kebijakan Direktorat Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas PAI pada Sekolah DR. H. NI FASRI, M.Pd. Kasubdit PAI pada SMP Direktorat Pendidikan.
Pengembangan Kurikulum dalam Penulisan
Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan
Islam Dan Kerangka Dasarnya
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
BIMBINGAN KONSELING: SEBUAH PENGERTIAN
Undang Undang Sisdiknas no. 20 Tahun 2003
PERANAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL QUOTIENT DALAM MEMBANGUN WATAK BANGSA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
TUJUAN DAN KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) KOMPETENSI INTI (KI) KOMPETENSI DASAR (KD) PPT
PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT PENDIDIKAN NASIONAL
IPTEK DAN SENI DALAM ISLAM
Sukses Hidup dalam Islam
ASSALAMUALAIKUM.
Analisis Kurikulum Penjasorkes dan Bahan Ajar
Agama Islam: Pendahuluan-1
Korupsi.
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
Pengembangan Pendidikan agama berbasis wawasan kebangsaan
Konsep Dasar Pendidikan Mata Kuliah: Oleh: Pengantar Ilmu PendidikanMawan Eko Defriatno, S.Pd., M.T. Mata Kuliah: Oleh: Pengantar Ilmu PendidikanMawan.
HAKIKAT MANUSIA.
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
HOTS Pengembangan INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PKn yang berhasil menumbuhkan sikap mental : bersifat cerdas,
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
MENJADI GURU JAMAN NOW. MEMPUNYAI 7B 1.Bersemangat juang tinggi 2.Berpikir kritis 3.Bertindak dinamis 4.Berkarya kreatif.
ETOS KERJA DALAM ISLAM 1. keutamaan kerja 2. karakter Rasul dalam bekerja 3.syarat-syarat mendapatkan syurga dalam bekerja 4.norma-norma etika dalam bekerja.
Transcript presentasi:

FILOSOFI METODE PEndidikan BERbASIS TAUHID Iwan Triyuwono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya iwant@ub.ac.id; itriyuwono@gmail.com

Pengantar Pendidikan modern berideologi pasar Semua produk pendidikan hanya diperuntukkan pada pasar Ciri ideologi pasar: materialistis, egoistis, sekuler, dan ateis Apakah pendidikan akuntansi syariah berideologi pasar? Pengantar

Tauhid merupakan ajaran utama Islam untuk ummat manusia di bumi Semua makhluk telah bertauhid Kesadaran (consciousness) manusia sebagian telah bertauhid, sebagian yang lain belum bertauhid

Laa ilaaha illa Allah Arti: Tidak ada tuhan, kecuali Allah Allah adalah satu-satunya Tuhan Allah adalah satu-satunya keberadaan Semuanya menyatu dengan Allah Banyak, tetapi menyatu Dan seterusnya

Siapa yang anda sembah? Siapa yang Anda sembah? Allah? Allah yang mana? Tuhan? Tuhan yang mana? Siapa yang anda sembah?

Hakikat manusia Siapakah manusia itu? Instrumen untuk mengaktualisasikan kehendak Allah Tajalli Allah Wakil Allah di bumi dengan tugas menyebarkan rahmat bagi seluruh alam Tujuan akhir kembali pada (menyatu dengan) Allah Takwa Hakikat manusia

“… mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab" (UU No. 20/2013 pasal 3). Tujuan pendidikan

Filosofi pendidikan tauhid Filosofi pendidikan tauhid dapat dipahami sebagai proses belajar mandiri untuk membangkitkan kesadaran ilahi (tauhid) dalam rangka kembali pada Allah dengan jiwa yang suci dan tenang tanpa mengabaikan kehidupan kemasyarakatan yang profesional dan memberikan rahmat bagi semua manusia dan alam Kesadaran ilahi (tauhid) pada dasarnya adalah kesadaran merasakan, mengalami kehadiran Allah, dan mengikuti kehendakNya secara total (takwa) Filosofi pendidikan tauhid

Hadist Qudsi: Aku jadikan dalam turunan Adam sebuah istana, di dalamnya ada dada, di dalam dada ada qalb, di dalam qalb ada fuad, di dalam fuad ada syaqaf, di dalam syaqaf ada lubb, di dalam lubb ada sirr, dan di dalam sirr ada Aku

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya- Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat per­ umpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Mahamengetahui segala sesuatu. (QS. 24:35)

[De]konstruksi (1) struktur kurikulum, (2) substansi materi matakuliah, (3) struktur elemen diri dan proses pendidikan, (4) struktur hubungan peserta didik-pengajar, dan (5) struktur hubungan peserta didik-pengajar-masyarakat [De]konstruksi

1. Struktur kurikulum Sistematis, integral, teleologis (satu tujuan, yaitu Allah) Laa ilaaha illa Allah Innaa sholaati wa nusuqi wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiin

2. Substansi materi matakuliah Laporan akuntansi syariah Nilai tambah syariah Ukuran kinerja manajemen syariah ANGELS (Amanah management, Non-economic wealth, Give out, Earnings, Liquidity, Socio-economic wealth) Sharia enterprise theory Dan lain-lain

______________________________________________________________________ Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Laporan Komitmen Tauhid Perusahaan X Untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 20xx Kami menjalankan bisnis dengan etika dan akhlak syari’ah atas dasar keimanan pada Allah Kami menjalankan bisnis ini dalam rangka beribadah dan merealiasikan tugas kami sebagai wakil Allah di bumi Kami mengelola sumber daya ilahi untuk kepentingan manusia dan alam dalam rangka kembali pada Allah dengan jiwa yang suci dan tenang Alhamdulillah ___________________________________________________________________________

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Laporan Rahmat Allah Perusahaan X Untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 20xx ___________________________________________________________________________________________ Kami telah menggunakan sumber daya yang telah disediakan oleh Allah untuk menciptakan rahmat Kami telah menciptakan rahmat berdasarkan pada rasa kasih, sayang, damai, dan persaudaraan dengan jumlah: Rahmat Rp. Xxx Kami telah mendistribusikan rahmat tersebut berdasarkan pada rasa kasih, sayang, damai, dan persaudaraan kepada: Pemasok Rp. Xxx Pemilik xxx Kreditur xxx Manajemen xxx Pegawai xxx Pemerintah xxx Pihak Lain xxx Delapan Asnaf xxx Alam xxx Kami bertanggungjawab sepenuhnya atas saldo rahmat berjumlah Rp. Xxx untuk kinerja yang lebih baik pada masa yang akan datang. Alhamdulillah

_____________________________________________________________________ Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Laporan Amanah Allah Perusahaan X 31 Desember 20xx ______________________________________________________________________ Kami mengakui bahwa pemilik sebenarnya dari semua sumber daya ini adalah Allah Kami mengelola semua sumber daya ini dengan jujur sebagai amanah dari Allah untuk kepentingan manusia dan alam Amanah Rp. xxx Kami menerima amanah melalui beberapa pihak: Kreditur Rp. xxx Pemilik xxx Lainnya xxx Alhamdulillah

Kinerja Manajemen Syari’ah No Realitas Perspektif Indikator Orientasi Stakeholders 1 Fisik (Materi) Kesalehan Keuangan Nilai Tambah Syari’ah Zakat Infak Sadaqah Proses dan Hasil Manusia, Alam, dan Tuhan 2 Psikis (Mental) Kesalehan Mental dan Sosial Damai Kasih Sayang Adil Empati Peduli Proses 3 Spiritual Kesalehan Spiritual Ikhsan Cinta Takwa

3. Struktur elemen diri dan proses pendidikan Nafsu = kecenderungan hewani untuk memenuhi kebutuhan fisik (nafsu positif dan negatif) Akal = instrumen dengan kapasitas untuk berpikir (pikiran positif dan negatif) Hati = instrumen dan lokus pengembangan rasa (rasa positif dan negatif) Ruh = instrumen penghubung antara Tuhan dan manusia (positif dan suci)

METODE PenBELAJARAN bertauhid No Elemen Diri Proses Latihan (Riyadhah, Exercise) Kecerdasan Kesadaran 1 Nafsu Olah-fisik Iman, puasa, diet daud-sulaiman, diet halalan thayyiba, olah-raga, zikir, doa, dan tafakur Kecerdasan fisik Kesadaran Ilahi (Tauhid) 2 Akal Olah-akal Iman, pengayaan logika, pengayaan stock of knowledge, pikiran positif, aksi positif, zikir, doa, dan tafakur Kecerdasan intelektual 3 Hati Olah-rasa Iman, rasa positif (positive feelings), aksi positif berdasar perasaan positif, zikir, doa, dan tafakur Kecerdasan mental 4 Ruh Olah-batin Iman, komunikasi ilahiyah, zikir, doa, tafakur Kecerdasan spiritual

4. Struktur hubungan peserta didik-pengajar Hubungan emosi dan spiritual Saling mendoakan

5. Struktur hubungan peserta didik-pengajar-masyarakat Tempat berproses

penutup Pendidikan berbasis tauhid: Kesatuan antara nafsu, akal, hati, ruh dengan Aku Kesatuan antara semua bentuk kecerdasan, yaitu: kecerdasan fisik, kecerdasan akal, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, sehingga bangkitnya kesadaran ilahi (tauhid) Kesatuan semua materi ajar dalam konteks hubungan manusia- manusia, manusia-alam, dan manusia-Tuhan Kesatuan antara peserta didik-pendidik-masyarakat-alam-Allah penutup