PROSES DESAIN Pertemuan 9

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan IX Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI)
Advertisements

2. Tanda visual dalam bahasa rupa (Penjelasan bahasa rupa & semiotika
Penerapan strategi kreatif iklan Pertemuan 09
KEPRAMUKAAN MERUPAKAN
Keterampilan Dasar Mengajar
RISET FORMATIF DAN SUMATIF Pertemuan 4
Ftk UIN Sunan Ampel Surabaya
Pemecahan masalah pemecahan masalah adalah bagian dari proses berpikir. Sering dianggap merupakan proses paling kompleks di antara semua fungsi kecerdasan,
Metode Penciptaan Seni
Branding Masa Kini Pertemuan 13 Matakuliah: U0286 – Desain Komunikasi Visual IV (New Media) Tahun: 2010.
MUFTIKHATUL UMAMAH, Tas Jinjing sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan.
KOMUNIKASI ORGANISASI NON VERBAL Pertemuan 10 Mata kuliah: / KOMUNIKASI ORGANISASI Tahun : 2008 / 2009.
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3
Matakuliah : O Penulisan Naskah Radio dan Televisi
MEDIA KOMUNIKASI Pertemuan 7
PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9
METODE / PROSES DESAIN GRAFIS Pertemuan 5 Matakuliah: Metodologi Desain Tahun:
TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn
Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
CLOSURE, SIMILARITY, CONTINUANCE Pertemuan 5
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat memahami jalan komunikasi kreatif selain komunikasi verbal untuk menyampaikan pesan dan kesan lewat media desain Visual.
KOMUNIKASI DALAM PENGASUHAN
Mengapresiasi karya seni rupa terapan
Pengertian Brand Identity Pertemuan 5
TOPIK DESAIN FISIK BANGUNAN Pertemuan 9
Minggu 4 Estetika Sebagai Media Komunikasi.
Proses Berpikir Kreatif dalam Mendesain Kemasan Pertemuan 4/13
Pengertian Brand Pertemuan 3
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke - 5
Paradigma Agus Setiawan, M.Sn.
Psikologi Anak Berbakat Olivia Tjandra W., M. Si., Psi
Prinsip pembuatan Branding Pertemuan 7
Peranan Studi Branding dalam Desain Kemasan Pertemuan 9/13
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Pertemuan 13 Desain Aplikasi pada POS
Konsep CBSA.
SIDANG KONSEP Pertemuan 7
Perencanaan Media Pertemuan 10
KONSEP DESAIN Pertemuan 2
How Advertising Work Pertemuan 5
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
<<Soal Desain Interior 3>> W 0186
STRATEGI KOMUNIKASI Pertemuan 6
ANALISA DAN KESIMPULAN Pertemuan 4
RHYTHM dan DEPTH Pertemuan 3
Pengenalan Definisi, Manfaat, dan Format Desain Kemasan Pertemuan 1/13
DESAIN GRAFIS SEBAGAI PROBLEM SOLVING Pertemuan 1
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
Workshop Pembuatan RPP
Sintaktik.
Ordinary Annuity vs. Annuity Due Pertemuan 13
Keterampilan Dasar Mengajar
STKIP Kusuma Negara Jakarta
Kelompok 5 Semiotik Fadlun, Maman, Rika,Yustika. Pengertian,ruanglingkup,tanda-tanda lalu lintas dalam semiotika.
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
STRATEGI DESAIN Pertemuan 8
Tampak Potongan Ruang Week-6
Keterampilan Dasar Mengajar
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN Oleh :
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS)
MACAM METODE BERPIKIR KREATIF (2)
KONSTRUKTIVISME Pertemuan 6
Penyaji : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia PEMBELAJARAN ORANG DEWASA Tahun, 2018.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia PEMBELAJARAN ORANG DEWASA BIMTEK CALON FASDA PROGRAM PENGIMBASAN PPK TERIMTEGRASI SPAB
Pendidikan Khusus Bagi Anak Berbakat  Mahasiswa dapat menjelaskan definisi keberbakatan  Mahasiswa dapat menjelaskan dampak keberbakatan  Mahasiswa.
Transcript presentasi:

PROSES DESAIN Pertemuan 9 Matakuliah : U0296 - Desain Komunikasi Visual V Tahun : 2009 PROSES DESAIN Pertemuan 9

Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat mengerjakan beberapa alternatif pendekatan visual sesuai strategi desain yang sudah ditetapkan Mahasiswa dapat memilih alternatif pendekatan visual yang sesuai Bina Nusantara University

Proses Kreatif Kreativitas dan kegiatan seni mencipta adalah sebuah pendekatan, keterampilan, karakteristik dan bakat yang dibutuhkan secara terus menerus di dalam cara seorang desainer menjawab situasi, permasalahan dan peluang. Proses kreatif itu sendiri adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membuat sesuatu yang imajinatif dan menjawab tantangan. Bina Nusantara University

Proses Kreatif Csikszentmilyi (1996) telah menjabarkan proses kreatif ke dalam 5 tahap: 1. Persiapan >> merangkum isu-isu yang menarik dan menantang 2. Inkubasi >> tanpa disadari ide mulai timbul ide 3. Pendalaman >> beberapa kepingan puzzle ide mulai membentuk beberapa pendekatan 4. Evaluasi >> memilih pendekatan yang paling berharga untuk dikembangkan 5. Elaborasi >> mematangkan pendekatan terpilih menjadi kongkrit. Bina Nusantara University 5

Proses Desain Dalam tahap ini dilakukan eksplorasi desain dengan menjajaki beberapa alternatif visual berdasarkan visual approach board yang telah dibuat dan memilih alternatif yang tepat. Selanjutnya berdasarkan strategi visual yang sudah dibuat kemudian diputuskan pemilihan warna sesuai dengan skema warna, jenis huruf yang digunakan sesuai gaya tipografi yang dipilih, penggunaan ilustrasi atau fotografi sebagai perwujudan image, serta gaya layout yang akan dipakai. Elemen visual yang dipilih terlihat dalam setiap implementasi yang diterapkan pada item-item secara sintaktik, mulai dari identitas kampanye hingga item-item yang digunakan. Bina Nusantara University

Proses Desain Metode Desain Metode Desain terdapat dalam beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan IDEO Method Cards. IDEO Method Cards terbagi dalam beberapa kategori: Learn Kategori ini menganalisis informasi untuk melihat adanya pola dan insight. Misalnya dengan cara membedah profil, membuat survey dan melakukan secondary research. Bina Nusantara University

Proses Desain Look Pada kategori ini mengamati masyarakat lebih untuk mencari tahu 'apa yang mereka lakukan' dibandingkan dengan 'apa yang menurut mereka apa yang mereka lakukan’. Misalnya dengan mengamati cara hidup seseorang atau membayang-bayangi konsumen selama satu hari penuh. Ask Memperoleh informasi dari sekelompok orang. Misalnya dengan meminta partisipan untuk melakukan sesuatu. Try Membuat simulasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Kategori ini cocok untuk menguji desain yang sedang dibuat. Bina Nusantara University

Semiotika Ilmu Semiotika digunakan pada program kampanye untuk berkomunikasi, dengan mempertimbangkan pesan yang akan digulirkan, target audience yang dituju, serta tanda-tanda yang berpotensi untuk digunakan sebagai alat berkomunikasi. Sebuah ‘lambang’ dapat berkomunikasi bila memiliki unsur: Penanda >> ada tanda secara fisik Petanda >> ada makna dari tanda Pengguna >> dipahami oleh penerima tanda Agar optimal maka digunakan ketiga cabang ilmu Semiotika yaitu Semantik (makna), Sintaktik (sistem), Pragmatik (praktis) Bina Nusantara University

Desain yang Sintaktik Bina Nusantara University

Desain yang Sintaktik Bina Nusantara University

Desain yang Sintaktik Bina Nusantara University