Fahrobby adnan Fakultas ilmu komputer – universitas jember Variable & flowchart Fahrobby adnan Fakultas ilmu komputer – universitas jember
variable Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program. variable data
Pada scratch kita dapat membuat variable sendiri (pada block Data) Variable pada scratch Kita dapat menggunakan bantuan variable sementara (pada block sensing) untuk menerima inputan dari user (ask) dan selanjutnya bisa kita pindahkan ke dalam variable yang kita buat. Pada scratch kita dapat membuat variable sendiri (pada block Data) Akan tetapi, pada scratch variable ini tidak dapat menerima inputan langsung dari user
Ketika dijalankan, sprite akan meminta inputan user Inputan dari user akan disimpan sementara pada variable ‘answer’. Sehingga harus di alihkan ke variable yang telah kita buat (mis: Nama) Pada script puzzle diatas, nilai variable ‘Nama’ = nilai variable ‘answer’
latihan Buat project sederhana untuk meminta inputan dari user tentang nama, usia, alamat! Lalu tampilkan! Variable
Algoritma & flowchart Suatu program komputer dibuat untuk mengerjakan tugas tertentu (menyelesaikan suatu masalah) Algoritma adalah langkah-langkah / prosedur logis untuk menyelesaikan permasalahan Misal: Algoritma penghitungan luas segitiga Masukkan/ukur nilai alas segitiga Masukkan/ukur nilai tinggi segitiga Kalikan 0.5, alas dan tinggi untuk mendapatkan nilai luas
Algoritma & flowchart Flowchart adalah diagram yang digunakan untuk menyajikan algoritma Menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati untuk mempresentasikan sebuah makna tertentu Dapat berupa aliran kerja, data, atau program
Simbol flowchart
Simbol flowchart
Simbol flowchart
Cetak “Luas segitiga adalah” + luas Flowchart START alas = 8 tinggi = 4 luas = 0,5 * alas * tinggi Penghitungan luas segitiga Cetak “Luas segitiga adalah” + luas End
latihan Buat flowchart dari project sederhana pada latihan variable!