CHAPTER 2: Guidelines, Principles, and Theories Pedoman, Prinsip dan Teori Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction Fifth Edition Ben Shneiderman & Catherine Plaisant in collaboration with Maxine S. Cohen and Steven M. Jacobs
Pedoman Shared language Latihan terbaik Kritik Pendukung Terlalu spesifik, tidak lengkap, sulit diterapkan, dan kadang-kadang salah Pendukung Pengalaman
Accessibility guidelines Sediakan teks untuk setiap elemen non teks Judul untuk tiap frame akan memfasilitasi identifikasi dan navigasi
Pengorganisasian tampilan Smith and Mosier (1986) menawarkan lima tujuan pengorganisasian tampilan : Konsistensi tampilan data Informasi yang efisien bagi pengguna Meminimalkan memory pengguna Kompatibilitas tampilan data dengan inputan data Fleksibilitas pengendalian pengguna pada tampilan data
Mendapatkan atensi pengguna Intensitas Tanda Ukuran Pilihan font Inverse video Blinking (kedipan) Warna Suara
Prinsip Prinsip fundamental Lima bentuk interaksi utama Menentukan level keahlian pengguna Mengidentifikasi tugas Lima bentuk interaksi utama Delapan aturan emas perancangan interface Mencegah error Otomatisasi dan pengendalian manusia
Menentukan level pengguna “Know thy user” ~ kenali pengguna mu Usia, gender, kemampuan fisik dan kognitif, pendidikan, latar belajang kultur atau etnis, pelatihan, motivasi, tujuan dan kepribadian Merancang tujuan berdasarkan tingkatan keahlian Novice or first-time users (pengguna pertama) Knowledgeable intermittent users (pengguna yang telah memiliki kemampuan) Expert frequent users (Pengguna ahli)
Mengidentifikasi Tugas Analisis tugas biasanya membutuhkan waktu observasi yang lama dan menginterview pengguna Memecah tugas dengan tingkat kerumitan Frekuensi tugas
Memilih bentuk interaksi Direct Manipulation Menu selection Form fill in Command language Natural language
Spectrum of Directness
8 aturan emas perancangan user interface Berusaha untuk konsistensi Memenuhi universal usability Menawarkan feedback yang informatif Merancang dialog untuk hasil Mencegah kesalahan Mengizinkan tindakan pembalikan yang mudah (Permit easy reversal of actions) Mendukung pengendalian Mengurangi penggunaan memory jangka pendek
Mencegah Error Membuat pesan error secara khusus dan konstruktif Tindakan untuk memperbaiki Menandai tindakan yang kurang tepat Memilih lebih baik daripada mengetik Penyelesaian secara otomatis Urutan yang lengkap Perintah tunggal Macros and subroutines
Automation and human control