PRINSIP DAKWAH REDAKSI AYAT

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kajian Al qur'an Tentang Iptek
Advertisements

AL HAKIM (yang berhak membuat hukum)
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
MU’JIZAT AL-QURAN.
Latar Belakang Masalah
PERANAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH QS AL BAQARAH AYAT 30
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
KELAS/SEMESTER : IX/GANJIL
TAQDIR.
Materi II KEBENARAN TAUHID Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam (ONDI)
1.Memberikan prospek perbaikan kesejahteraan, kesehatan dan keamanan masyarakat 2.Memperbaiki tingkat keahlian masyarakat 3.Melestarikan atau meningkatkan.
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
Konsep kerukunan dalam islam
GAMBARAN GLOBAL PEMERINTAHAN ISLAM
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
BAB II IMAN DAN TAQWA.
JESUS LOVE KID’S.
BAB 6 MASYARAKAT MADANI.
    
EUTHANASIA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
RISALAH KENABIAN REDAKSI AYAT
PRINSIP KASIH SAYANG              
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
Inilah Kunci Surga Surga, dengan segala kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia, memiliki.
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
ISLAM AGAMA PLURALIS DAN UNIVERSAL
METODE DAKWAH QS. AN-NAHL/16: 125 QS. AL-AHZAB/33: 21
Kewajiban Menuntut Ilmu
SUMBER HUKUM ISLAM.
MEMBUMIKAN ISLAM SEBAGAI AGAMA CINTA DAN TOLERANSI DI BUMI NUSANTARA
Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang TOLERANSI
TEOLOGI PLURALISME Oleh: Hadi Santoso ( )
Kelompok 12 “ membangun visi dan misi kepemimpinan dalam islam”
Potensi Dasar Manusia Anwar Ma’ruf, ST., MT..
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
Konsep ketuhanan dalam Islam
Mengenal Sifat Allah Agus Nizami
M. Irvan pratama NABIL MUMTAZ
Cahya Indah Purnamasari
Sumber: Q-S73_Al-Muzzammil
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
DIDIK ANAK AGAR JANGAN SOMBONG!
PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI
TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA
ISLAM & INDAHNYA KERAGAMAN
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
ASSALAMUALAIKUM.
SMPN 4 Mataram QANA’AH DAN TASAMUH Oleh : MAJID SAID, S.Pd.I.
MODUL 1 AGAMA : NALURI BERAGAMA DAN PENGERTIANNYA
BAB 3 : BERIMAN KEPADA ALLAH S.W.T.
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
PLURALISME DALAM ISLAM
MATERI PEMBAHASAN 1. SURAT AL-KAFIRUN TENTANG TIDAK ADA TOLERANSI DALAM KEIMANAN DAN PERIBADAHAN 2. AL-KAHFI 18 – 29 TENTANG KEBEBASAN BERAGAMA 3. SURAT.
الله برصفة بصر ALLAH MAHA MELIHAT. الله برصفة بصر ALLAH MAHA MELIHAT.
Kuliah 2 – Pemikiran Islam Sederhana
Surah Al-Asr Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
Transcript presentasi:

PRINSIP DAKWAH REDAKSI AYAT لا إكراه في الدين قد تبين الرشد من الغي فمن يكفر بالطاغوت ويؤمن بالله فقد استمسك بالعروة الوثقى لا انفصام لها والله سميع عليم (البقرة: 256) ولو شاء ربك لآمن من في الأرض كلهم جميعا أفأنت تكره الناس حتى يكونوا مؤمنين (ينس : 99) وقل الحق من ربكم فمن شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر إنا أعتدنا للظالمين نارا أحاط بهم سرادقها وإن يستغيثوا يغاثوا بماء كالمهل يشوي الوجوه بئس الشراب وساءت مرتفقا (الكهف:29)

TERJEMAHAN 1. Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 2. Dan jika Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuan

3. Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang dzalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.

PENJELASAN KATA KUNCI La ikraha fi al-din : Islam adalah agama dakwah yang disebarluaskan dan diperkenalkan melalui aktivitas dakwah yang simpatik. Dakwah tidak dijalankan melalui kekerasan, pamaksaan atau kekuataan senjata. Islam tidak membenarkan pemeluknya melakukan pemaksakan terhadap umat manusia , agar mereka mau memeluk agama Islam. Alasannya adalah: karena Islam adalah agama yang benar dan ajaran2 Islam sama sekali benar dan dapat diuji kebenarannya secara ilmiah. Juga karena masuknya iman ke dalam kalbu setiap manusia merupakan hidayah Allah, tidak ada seorangpun yang mampu dan berhak memberi hidayah kecuali Allah.

Faman sya’a fal yu’min waman sya’a fal yakfur : ungkapan ini memberikan gambaran bahwa Allah memberikan kemerdekaan penuh bagi manusia untuk percaya atau tidak terhadap ajaran2 Allah. Manusia tidak dipaksa untuk percaya kepadanya. Kemerdekaan ini diberikan karena manusia adalah makhluk berakal. Dengan akal itulah dia mampu membedakan mana yang bisa membawa kepada kebaikan (iman) dan mana yang bisa membawa kepada keburukan (kafir). Islam adalah agama kemanusiaan, ajaran2 nya sejalan dengan kecenderungan alami manusia menurut fitrahnya yang abadi.