Principles of User Interface UI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Advertisements

Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Rizqi Sukma Kharisma, S.Kom.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan komputer
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah 2 : IMK dan Manusia
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Neilsen Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
DESIGN INTERFACE.
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LANJUTAN)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Designing Effective Output / Input
Interaksi Manusia dengan Komputer
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
KONSEP USER INTERFACE.
Antar Muka Pengguna.
Perancangan antarmuka (design interface)
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Prinsip Desain Pertemuan 9.
Sumber :
Prinsip Antarmuka Pengguna
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
PARADIGMA & PRINSIP IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
Membangun User Interface
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Prinsip Perancangan Antarmuka
Prinsip Antarmuka Pengguna
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
USER INTERFACE.
BAB 1 : Kegunaan dari Sistem Interaktif
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
Analisa [Kebutuhan] Sistem
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PRINSIP UTAMA DESAIN ANTAR MUKA (INTERFACE) 1.User Compatibility11.Flexibility 2.Product Compatibility12.Responsiveness.
IMK.
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
Interaksi Manusia dan Komputer
Chapter 7 design rules.
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Desain Antarmuka (User Interface Design)
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Paradigma dan prinsip interaksi
Interaksi Manusia dan Komputer
PRINSIP DESAIN Prinsip utama mendesain antarmuka yang baik dengan memperhatikan karakteristik manusia & komputer.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Rekayasa Perangkat Lunak
Interface Design.
Interface Design.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER PENDAHULUAN.
Desain antar muka Julio warman.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Principles of User Interface UI HCI Teknik Informatika – Unikom 2015

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI User Compatibility Product Compatibility Task Compatibility Work Flow Compatibility Consistency Familiarity Simplicity HCI HCI

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI Direct Manipulation WYSIWYG Flexibility Responsiveness Invisible Technology Control Robustness HCI

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI Protection Ease of Learning & ease of use Trade-off !!! HCI

User Compatibility HCI Semua user adalah tidak sama dan semua user tidak seperti developer Designer harus paham tentang pengetahuan psikologi dasar HCI

Product Compatibility Kompatibilitas antar produk harus diperhatikan dan dipertahankan (mengorbankan perubahan UI dimana sistem mungkin lebih kompatibel) HCI

Task Compatibility HCI Struktur dan aliran sistem harus sesuai dan mendukung tugas user HCI

Work Flow Compatibility Sistem harus diorganisasikan dengan baik sehingga dapat mem-fasilitasi transisi antar tugas user HCI

Consistency Konsistensi membuat user berfikir dengan meng-analogi-kan dan memprediksi bagaimana melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya HCI

Familiarity Konsep, terminologi, pengaturannya di antarmuka harus yang dipahami user dengan baik HCI

Simplicity Kesalahan umum yang terjadi pada perancangan interface adalah berusaha untuk menyediakan SEMUA fungsionalitas Gunakan konsep defaults HCI

Direct Manipulation HCI Users secara langsung dapat melihat aksinya pada objek yang terlihat HCI

Control Dapat membuat frustasi dan demoralisasi bagi user, jika mereka merasa dikontrol oleh mesin HCI

WYSIWYG Adanya korespondensi satu ke satu antara informasi di layar dengan informasi di printed-output atau file HCI

Flexibility Mengijinkan makin banyak kontrol user dan mengakomodir skill user yang bervariasi HCI

Responsiveness Komputer harus selalu merespon dengan segera setiap input dari user HCI

Invisible Technology HCI User sebaiknya mengetahui sesedikit mungkin detil teknis bagaimana sistem diimplementasikan HCI

Robustness Sistem sebaiknya mentolerir kesalahan manusia yang umum dan tidak dapat dihindar. Crash system harus diminimalisir, menyediakan recovery yang mudah dipahami jika terjadi crash HCI

Protection User seharusnya memproteksi dari hasil-hasil yang menyebabkan ‘bencana’ karena kesalahan umum manusia HCI

Ease of Learning Sistem mudah dipelajari bagi pemula HCI

Ease of Use Sistem mudah digunakan bagi para expert HCI