SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
Advertisements

WAWASAN BUDI LUHUR Oleh: Tim Dosen.
Pertemuan Pertama Karakteristik SKI.
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KEBUDAYAAN Keseluruhan perilaku manusia yang dipelajari
Ilmu Budaya Dasar Tim Pengajar IBD FH – UI.
MASALAH KEBUDAYAAN.
MATERI/BAHAN MATA KULIAH
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
SEJARAH, KEBUDAYAAN, IPTEK DAN MASALAH SOSIAL
1 Manusia dan Kebudayaan Pengertian Perwujudan Kebudayaan
Definisi dan Metodologi Sejarah Pendidikan Islam (Materi Ke-1)
Kuliah ke-6 Kebudayaan.
Sosiologi Antropologi Pendidikan
(2)KARAKTERISTIK IPS SD
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Konsep Dasar Sejarah.
KONSEP TEKNOLOGI.
MEMBACA & MENULIS KARANGAN POPULER
MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
PENGERTIAN ETIKA, MORAL, DAN AHLAK
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
C DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH.
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
Kebudayaan Minggu 4.
Ilmu Sosial Budaya Dasar KEBUDAYAAN, PERADABAN, DAN SISTEM NILAI BUDAYA Oleh: Iswadi, M. Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu.
LATAR BELAKANG LAHIRNYA FILOLOGI
Konsep Dasar Sejarah.
Perkuliahan Minggu 7 Sosiologi Komunikasi
Pembaharuan dalam Islam
Karina Jayanti., S.I.Kom Ilmu Budaya Dasar
Perubahan Sosial Muhammad Noor Hidayat
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
CREATED BY: MARETTA DANIATY
ETIKA PROFESI Agus Firmansyah Dosen dan Peneliti Media
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kebudayaan dan Masyarakat - 1
(IBD) ILMU BUDAYA DASAR Kian Amboro, M.Pd.
am/2017/sejarahwajib/x/sem1
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kebudayaan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
Ilmu Budaya Dasar Karina Jayanti, S.I.Kom.
BAB III ISLAM DAN PERADABAN
Pengantar Antropologi
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
KELOMPOK 8 Metodelogi Studi Islam “Islam Sebagai Produk Budaya”
Hubungan antara MANUSIA DAN SEJARAH di masa lampau dan masa kini
ETIKA KEILMUAN – S2 Komunikasi (Dedi S)
Konsep kebudayaan yang dikaitkan dengan individu dan masyarakat
ANTROPOLOGI Afmi Fuad.
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
MANUSIA DAN PERADABAN BAB 4 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR IIS DEWI LESTARI.
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM.
KONSEP DASAR ETIKA
Transcript presentasi:

SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH? APA BEDA SEJARAH DENGAN DONGENG DAN KRONIK ? APA ARTI KEBUDAYAAN DAN PERADABAN? APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH KEBUDAYAAN DAN SEJARAH PERADABAN ISLAM? APA YANG MENJADI OBJEK KAJIAN SKI DAN SPI? APA URGENSI DAN MANFAAT SEJARAH?

PENGERTIAN SEJARAH Secara etimologis, kata sejarah berasal dari kata Arab syajarah yang berarti pohon yang bercabang-cabang. Lihat William H. Frederick dan Soeri Soeroto, Pemahaman Sejarah Indonesia Sebelum & Sesudah Revolusi, (Jakarta: LP3ES, 1984), hal. 1. SILSILAH, KHUSUSNYA SILSILAH PARA RAJA

hasil rekonstruksi masa lampau yang dapat dilakukan oleh sejarawan Sedangkan secara terminologis: cerita tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Hugiono dan PK. Poerwantana, Pengantar Ilmu Sejarah, (Jakarta: PT. Bina Aksara, 1987), hal. 1. hasil rekonstruksi masa lampau yang dapat dilakukan oleh sejarawan

sejarah suatu masyarakat disajikan dengan isi dan cara yang berbeda-beda oleh para penulis yang berlainan. seorang pembaca sejarah harus berhati-hati dan cermat dalam mengikuti cerita sejarah yang dibacanya. Ia harus bersikap kritis sebab sejarawan akan bercerita sesuai dengan latar belakang pengetahuan, ideologi, tujuan, dan riwayat hidupnya masing-masing.

Sejarah bukanlah cerita fiktif, dongeng, atau mitos yang hanya bersumber dari khayalan semata, melainkan cerita yang didasarkan atas realitas yang ada. Ia juga bukan sekedar catatan kronologis mengenai berbagai kejadian masa lalu, tetapi paparan/CERITA dari suatu peristiwa yang punya hubungan dengan berbagai aspek kehidupan sosial pada suatu masa tertentu.

Sejarah tidak sama dengan dongeng, legenda, silsilah, dan kronik. Dongeng dan legenda, betapa pun populernya, adalah cerita yang DIKARANG BERDASARKAN KHAYALAN. Ia merupakan cerita fiktif yang hidup di tengah-tengah suatu masyarakat KRONIK HANYA SEKEDAR CATATAN TENTANG KRONOLOGI/URUT2AN PERISTIWA YANG TERJADI.

Kata kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta budhayah, bentuk jamak dari kata budhi yang berarti akal. kebudayaan adalah produk manusia sebagai makhluk berakal, baik yang berbentuk materi maupun yang non materi.

kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan hasil budi dan karyanya itu. Lihat Kuntjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan, (Jakarta: Gramedia, 1985), hal. 10.

wujud kebudayaan itu terdiri atas 3 macam, yaitu: wujud ideal, yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya; wujud kelakuan, yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia yang ada dalam suatu masyarakat; dan wujud benda, yaitu wujud kebudayaan dalam bentuk benda-benda hasil karya dari suatu masyarakat.

PERADABAN peradaban dipakai dalam pengertian bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah seperti kesenian, ilmu pengetahuan, serta sopan santun dan sistem pergaulan yang komplek dalam suatu masyarakat dengan struktur yang komplek. peradaban adalah bagian lahir atau wujud nyata dari kebudayaan

peradaban membicarakan hal-hal yang terkait dengan sistem politik yang dipakai oleh suatu masyarakat untuk mengatur hidup bernegara, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan kesenian, serta sistem pengelolaan tata ekonomi dalam suatu masyarakat

Sejarah Peradaban Islam adalah suatu disiplin ilmu yang membahas perkembangan kehidupan politik, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesenian umat Islam di berbagai kawasan konsentrasi umat Islam dalam rentangan waktu sejak masa Nabi Muhammad saw sampai dengan masa-masa sekarang ini. SEMENTARA SKI JUGA BERBICARA TENTANG GAGASAN/PEMIKIRAN UMAT ISLAM SEPERTI YANG TERDAPAT DALAM FILSAFAT, ILMU KALAM, DAN TASAWUF.

ruang lingkup pembahasan Sejarah Peradaban Islam mencakup realisasi dari berbagai gagasan dan ide sebagai pengejawantahan ajaran Islam oleh umatnya dalam berbagai lapangan kehidupan sosial, seperti politik, ekonomi, pengetahuan dan teknologi, serta kesenian.

Mata kuliah ini membahas bagaimana umat Islam menata kehidupan politik, mengelola kehidupan ekonomi, mengembangkan pengetahuan dan teknologi, serta kesenian dalam upaya mereka mengejawantahkan ajaran Islam untuk meresponi berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupan nyata. Mata kuliah ini tidak memusatkan perhatian pada aspek ide atau gagasan seperti yang dibahas dalam teologi dan fikih.

Meskipun, sejarah berbicara tentang masa lalu, namun tujuan utamanya adalah untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Justru itu, tidak semua kejadian mesti diungkap dan diceritakan, melainkan kejadian-kejadian yang dipilih yang dipandang bermanfaat bagi penataan masa-masa sekarang dan yang akan datang

Al-Quran menegaskan: Hendaklah setiap individu memperhati-kan masa-masa silamnya untuk kepentingan masa depannya. (QS; 59:18). Pada hakikatnya, sejarah adalah upaya untuk memahami sunnah Allah, khususnya, yang berlaku dalam kehidupan sosial. Kajian sejarah mengajarkan kepada manusia tentang prinsip-prinsip penataan kehidupan sosial yang baik serta memberitahukan hal-hal yang dapat menghancur-kannya.

Sejarah Peradaban Islam ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada generasi muda Islam tentang: Berbagai usaha dan aktivitas yang telah dilakukan oleh umat Islam terdahulu dalam merealisasikan ajaran Islam dalam kehidupan nyata beserta berbagai kejadian yang ditimbulkannya, dan Berbagai problema dan kendala yang dihadapi oleh umat Islam dalam mewujudkan ajaran Islam yang ideal, serta Hasil dan pengaruh dari masing-masing usaha, aktivitas, dan kejadian yang terjadi.

PERIODESASI SEJARAH ISLAM DALAM MELAKUKAN KAJIAN, SEJARAWAN BIASA MEMBAGI-BAGI BAHAN KAJIANNYA BERDASARKAN TERITORI/WILAYAH ATAU WAKTU. DARI SEGI WAKTU, SECARA GARIS BESAR, SKI DIBAGI MENJADI 3 PERIODE: PERIODE KLASIK (SEJAK MASA NABI S/D JATUHNYA BAGDAD KE TANGAN HULAGU KHAN TH 1258 M) PERIODE PERTENGAHAN (1258 – 1800 M/ PENDUDUKAN MESIR OLEH NAPOLEON) PERIODE MODEREN (1800-SEKARANG)