Konsepsi Kemanusiaan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
Advertisements

Dosen : Ravianty Dony, Psikolog
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH : DR. AMINUDDIN, M. Ag.dkk UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA2011.
Hakekat Manusia & kebutuhan akan Pendidikan Pengantar Ilmu Pendidikan.
(Mencari jati diri dan makna kehidupan manusia)
U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian ( )  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto.
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
KEIMANAN DAN KETAQWAAN
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
Manusia Dan Alam Semesta
Karakteristik Komunikan
Menurut Para Ilmuan manusia
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PENDIDIKAN KARAKTER FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
TAQWA Oleh Biki Zukfikri Rahmat DI SAMPAIKAN PADA MATA KULIAH
Manusia dan Agama.
Dalam konsep pengetahuan
Siapakah Manusia itu...? Manusia adalah Makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna di muka bumi ini, di karnakan Manusia di lengkapi dengan Akal dan Fikiran.
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Ruang Lingkup Komunikasi dan Perilaku Manusia
Hakekat Manusia dan Pengembangannya
A. Manusia dan Alam Semesta
MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM
Perilaku Komunikasi Manusia
Konsepsi Psikologi tentang Manusia
Manusia dan alam semesta Manusia menurut agama islam
MANUSIA DAN KEHIDUPAN (Pend. Agama Islam)
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Manusia adalah makhluk Allah SWT yang terdiri dari ruh dan tanah yang memiliki kelengkapan :
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
Karakteristik Komunikan
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
BAB II HAKEKAT MANUSIA DALAM ISLAM
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah.
Agama dan Manusia A1 Putri Indori Sely Wardani Muammar Khadafi
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Karakteristik manusia Komunikan ; Teori Segmund Freud
Konsep Manusia dan Agama
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
ASSALAMUALAIKUM WR.WB Tugas IASBD
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
PENGEMBANGAN NILAI UNTUK PENDIDIKAN MANUSIA SEUTUHNYA
Khalayak/Konsumen Komunikasi akan semakin efektif bila komunikator mengenal khalayak sasaran yang dituju. Periklanan akan efektif bila mengenal konsumen.
Cahya Indah Purnamasari
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK DI ANTARA PARA MAKHLUK
MANUSIA KOMUNIKAN.
Hubungan antara Akidah dan Akhlak
Pengertian manusia; Proses terjadinya manusia;
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM
SIKAP KITA TERHADAP SETAN
Unwahas MANUSIA DAN AGAMA MPK Aqidah.
BAB VII Menjaga Sikap Istiqamah.
FEM 3301 Etika dan Nilai dalam Pembangunan TAJUK 5 MANUSIA DAN PEMBANGUNAN:FUNGSI DAN PERANAN Menghuraikan dengan lebih mendalam perbincangan tajuk.
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM KAJIAN MENURUT SUDUT PANDANG AL-QUR’AN.
Transcript presentasi:

Konsepsi Kemanusiaan

Pemikiran tentang Manusia Teori Psikoanalis: manusia sebagai homo volens (manusia berkeinginan). Perilaku manusia adalah hasil interaksi antara biologis (id), psikologis (ego), dan sosial (superego) Teori Behaviorisme: manusia sebagai homo mechanicus (manusia mesin). Perilaku manusia adalah hasil pembelajaran terhadap lingkungannya, bukan oleh aspek rasional dan emosionalnya

Pemikiran tentang Manusia Teori Kognitif: manusia sebagai homo sapiens (manusia berpikir). Perilaku manusia adalah hasil usaha memahami/berpikir atas lingkungannya. Teori Humanisme: manusia sebagai homo ludens (manusia bermain). Perilaku manusia adalah untuk mempertahankan, menigkatkann, dan mengaktualisasikan diri.

Konsep-konsep Antropologis Dalam al-Quran terdapat beberapa istilah: Al-Basyar, al-Insan, al-Nas, Bani Adam, dan ‘Abd Kata “Basyar” : aspek biologis (QS 3: 47: QS 18: 110; QS 41: 6 dll) Kata “Insan” memuat 3 aspek/kategori: Insan: mahluk yang istimewa sbg khalifah dan pengemban amanah Insan: predisposisi negatif pada diri manusia Insan: proses penciptaan manusia Terdapat dua jenis mahluk: al ins dan al jin. Al Jin melahirkan spesies Jin, Malaikat, dan Iblis. Menurut Fazlur rahman unsur pembentuk manusia antar jasmana dan rohani tidak harus dipertentangkan. Keserasian dan keharmonisan keduanya menghasilkan takwa. Dalam upaya manusia menjaga dan memelihara keharmonisan tersebut manusia menghadapi tantangan dan godaan dari syetan dan iblis. Penciptaan iblis dan syetan sejalan dengan penciptaan manusia. Amanah: adalah tugas untuk menjalankan tatanan sosial sehingga menyelamatkan keselamatan kehidupan manusia. Amanah adalah tanggung jawab. Cara membentengi diri agar manusia dapat menjaga amanah adalah dengan mengingat Allah, menjalanakan perintah Allah dan tidak memenuhi ajakan syetan (khutuwat al syaithan). Fadlan (11) Keika tidur apakah yang keluar dari tubuh kita; Ketika jin menyembah kepada adam apakh itu kewajiban atau perintah. Zihad Akbar. Bagaimana dengan mahluk yang lain selain jin dan manusia. Apakah genus mahluk selain Allah. Mengapa jin harus sudjud kepada Adam.

Kategori kata “al-Insan” Insan memuat 3 kategori: Insan: mahluk yang istimewa sbg khalifah dan pengemban amanah Wujud yang berbeda dengan hewan (QS 96: 4-5; QS 55: 3; QS 79: 35) Mahluk yang memikul amanah dan tanggung jawab (QS 33: 72; QS 75: 36; QS 50: 16) Ketundukan pada amanah dipengaruhi oleh lingkungannya (QS 10: 12; QS 11: 9)

Kategori kata “al-Insan” (lanjutan) Insan: predisposisi negatif pada diri manusia: Zholim dan kafir (QS 14: 34; QS 22: 66) Tergesa-gesa (QS 17: 11; QS 21 : 37) Bakhil (QS 17: 100) Bodoh (QS 33: 72) Banyak membantah (QS 18: 54; QS 16: 4; QS 36: 77) Resah dan gelisah (QS 70: 19, 20, 21) Susah payah & menderita (QS 84: 6; QS 90: 4) Tidak berterima kasih (QS 100: 6)

Kategori kata “al-Insan” (lanjutan) Insan: proses penciptaan manusia (komponen biologis) Unsur pembentuknya: Turab: tanah gemuk (QS 18: 37) Thiin: tanah lempung (QS 32: 7) Tihinul laazib: tanah lempung pekat (QS 37: 11) Shalshalun : lempung/tembikar (QS 55: 14) Shalshalun min hamaim masnun : lempung dari lumpur (QS 15: 26) Sulalatun min tiin : sari pati lempung (QS 23: 12) Al-Maa : air (QS 25: 54) Reproduksi manusia (QS 80: 19; QS 75: 37-38; QS 23: 14)

Kata “Bani Adam” : aspek historis penciptaan manusia (QS 7: 31) Reproduksi manusia Tanah liat, saripati tanah, tanah, air (QS 15: 26; QS 55: 14; QS 23: 12; QS 32: 7; QS 15 : 28-29) Ruh dan nafas manusia (QS 38: 71-72; QS 17: 85; QS 39: 42; QS 6: 93; QS 3: 185) Kata “Bani Adam” : aspek historis penciptaan manusia (QS 7: 31) Kata “‘Abd” : aspek posisi/kedudukan manusia (QS 34: 9)

Kata “Al-Nas” : aspek sosiologis manusia Pertama, kelompok sosial dengan karakteristik tertentu QS. 2: 8; QS 2: 165; QS 2: 200; QS 2: 204; QS 22: 3,8; QS 22: 11 Kedua, kelompok sosial dengan kwalitas rendah, baik ilmu maupun iman QS 7: 187; QS 40: 61; QS 11: 17; QS 5: 49; QS 10: 92; QS 22: 18 Ketiga, kelompok sosial yang dihubungkan dengan petunjuk atau al-kitab QS 57: 25; QS 4: 170; QS 14: 1; QS 24: 35; QS 39: 27