PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 3 PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont Febriyanno Suryana, S.Kom, MM SI
21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
Dasar-dasar Konsep Object & Metode Pengembangan Sistem
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
OOP pada pemrograman Web
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Algoritma Pemrograman
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Algoritma dan Pemrograman
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Desain Sistem.
BAB 1 OBJECT Pokok bahasan :
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
Pengantar Pemrograman Basis Data (PPBD)
Analisa Desain Berorientasi Objek
11. Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Perancangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pertemuan 4 Class, object & Variable
PENGEMBANGAN SISTEM Pertemuan 2.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
1. Algoritma, Pemograman dengan C++
Pemrograman Visual2 Pendahuluan.
OOP Pertemuan 4 Febriyanno Suryana, S.Kom, MM
KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi)
Pertemuan 4 Object and Class.
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK….cont
PARADIGMA DALAM PEMOGRAMAN
Object Oriented Programming
Konsep Object Oriented
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Bina Sarana Informatika
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
OOP Pertemuan 7 Febriyanno Suryana, S.Kom, MM
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Dasar Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
OO Sebagai Paradigma Pemrograman
Desain Sistem.
Perancangan Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Algoritma dan Pemrograman
Pertemuan 4 Object and Class.
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
Perancangan Perangkat Lunak
Perancangan Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK Pertemuan 9 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK Febriyanno Suryana, S.Kom, MM surya_gsc04@yahoo.com 0852 7474 1981 SI -2013

Struktur Sistem Komputer

Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Bahasa Pemrograman Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari: Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110 Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Generasi bahasa pemrograman: Generasi I: machine language Generasi II: assembly language : Asssembler Generasi III: high-level programming language: C, PASCAL, dsb. Generasi IV: 4 GL (fourth-generation language): SQL

Pemrograman dan Bahasa Pemrograman Berbasis OOP Ragam bahasa pemrograman berbasis OO Bahasa OO “murni”  semua diperlakukan secara konsisten mengikuti teori OO dan “memaksa” pemrogram mengikutinya. Contoh: Smalltalk, Eiffel, Ruby Bahasa yang dirancang untuk OOP, tetapi dengan beberapa elemen prosedural. Contoh: Java (program utama/entry point) Bahasa yang aslinya prosedural, tetapi kemudian ditambah fitur-fitur OO. Contoh: C++, Perl, PHP

Tugas : 1. Cari Perbedaan 2. Jelaskan dengan istilah dan contoh

Tahap perancangan perangkat lunak

1. Perancangan terstruktur… Orientasi pada proses dan data Alat yang digunakan : DFD, ERD, Bagan terstruktur Karakteristik rancangan : Modul disusun secara hirarki Menggunakan logika Call/Perform Based Menggunakan alur kendali (top bottom / bottom to top Repetisi dalam setiap modul (looping) Konsep kendali standar (urut dan seleksi)

Pemrograman Terstruktur Secara berurutan dan terstrukrtur. Terstruktur dalam : analisa, cara dan penulisan program. Program dapat dibagi-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh : Pascal, C, Delphi

Struktur Penulisan Program Pascal Blok Deklarasi, dan Blok Program Utama (Main Program). Blok Deklarasi Blok Main Program

Langkah-langkah Dalam Pemrograman Komputer Mendefinisikan masalah (hukum Murphy oleh Henry Ledgard) Menemukan solusi Memilih algoritma Menulis program Menguji program Menulis dokumentasi Merawat program

2. Perancangan berorientasi objek… Orientasi pada objek, kelas, atribut dan daftar operasi Alat yang digunakan : DFD, ERD, Bagan terstruktur, W/O Tahapan rancangan : Mendeskripsikan objek Memodelkan relasi antar objek dan kelas Memodelkan pewarisan Menggabungkan faktor MURRE

Contoh ERD Perhotelan

Contoh DFD Penggajian Karyawan

OOP

Object Oriented Programming?? OOP merupakan metodologi dalam pemrograman yang di ciptakan untuk memodelkan kasus-kasus nyata ke dalam suatu objek. Objek merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas/objek. Merupakan strategi perancangan dimana perancang sistem memikirkan ‘benda’ dan bukan operasi atau fungsi.

Object? Secara spesifik objek adalah sesuatu paket yang merupakan kumpulan data dan method (perilaku) Data Sesuatu yg menentukan karakteristik sebuah objek Method Aksi terhadap data (cara suatu objek melakukan sesuatu). Sebagai contoh, objek manusia memiliki data-data seperti: tinggi badan, berat badan, warna kulit dsb. Sedangkan perilaku/method yang dimiliki manusia misalnya cara berjalan, cara bicara dan sebagainya

Object… Dalam pemrograman, data-data di dalam objek akan direpresentasikan dengan variabel atau konstanta, sedangkan perilaku akan direpresentasikan dengan prosedur atau fungsi, yang kemudian disebut dengan method. Ilustrasi tersebut digambarkan sebagai berikut: objek data method Berupa variabel atau konstanta Berupa prosedur atau fungsi

Object…

Class?? adalah gambaran karakter dari sebuah benda/object. Sifat-sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut Misal saya, anda dan yg lainnya adalah objek, yg termasuk dlm kelas manusia. Ada berbagai jenis kendaraan darat seperti kendaraan roda dua(motor/sepeda), roda tiga(becak) dan roda empat(mobil) kendaraan berroda dua,tiga dan empat itu pada konsep OOP disebut sebagai Class, kita ambil satu contoh kelas kendaraan berroda empat (Mobil), Mobil memiliki bentuk yang berbeda, warna yang berbeda, bentuk dan warna tersebut pada konsep OOP disebut sebagai Properties/Data sedangkan cara berjalan, cara berhenti, cara menyalakan lampu pada mobil itu disebut sebagai method

Class... Class adalah suatu template yang digunakan sebagai pola desain suatu objek. Class : rancangan mobil Objek : mobil nyata Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa objek dari kelas mobil adalah sedan,truk, jip Class harus di instansiasikan (dibuat objeknya) terlebih dahulu.

Objek Class

Class… Data Method

Class…

Class… Dlm bahasa pemrograman, sering dikatakan bahwa objek merupakan instansiasi dari sebuah kelas. Instansiasi merupakan wujud nyata dari suatu objek. Sebagai contoh: jika terdpt objek manusia, maka udin, amir dan ali adalah instance dari objek manusia. dianalogikan juga bahwa tipe data adalah kelas, sedangkan var yg didefinisikan berdasarkan tipe data tersbt adalah objek. contoh jika: x : integer ; berarti objek x adalah instance dari kelas integer.

Cth kode program prosedural : <php /* procedural.php */ print "Hello, world."; ?>

Cth kode program OOP : <php /* objek.php */ class HelloWorld { function myPrint() print "Hello, world."; } $myHelloWorld = new HelloWorld $myHelloWorld->myPrint(); ?>

Konsep Object Oriented Kelas Objek Atribut/Data Metoda/Servis/Operator/Perilaku Message Event State Skenario

Konsep Object Oriented…

Konsep Object Oriented…

Konsep Object Oriented…

Karakteristik pengembangan PL berorientasi Objek : Encapsulation Inheritance Polymorphism

Karakteristik pengembangan PL berorientasi Objek… Contoh : Suatu objek mobil sedan menyalakan lampu(bagai mana lampu mobil bisa terhubung dengan arus listrik yang ada pada accu)detail dari proses menyalanya lampu dari sebuah mobil sedan kita tidak perlu mengerti

Karakteristik pengembangan PL berorientasi Objek… salah satu teknis untuk membuat class lebih spesifik.(suatu kelas berasal dari turunan pertama atau lebih kelas lainnya) Contoh : Membuat class yang lebih spesifik dari mobil yaitu bmw,volvo,mercy class ini memiliki property/data tambahan seperti adanya gps, dvd players dll

Karakteristik pengembangan PL berorientasi Objek… suatu object bisa bertindak lain terhadap message/method yang sama.(kemampuan objek berubah menjadi objek yang lain) Contoh : Setiap mobil Memiliki Sokbreker (Per) yang dapat menentukan kenyamanan saat berkendara, tetapi mobil sedan lebih nyaman dibanding kan dengan mobil carry

Polymorphism Poly: banyak; morphism: bentuk  sebuah fitur (generik) bisa diimplementasikan dengan berbagai cara Polymorphism diimplementasikan dengan mekanisme inheritance dan overriding hewan “bersuara” anjing “menggonggong” kucing “mengeong” kuda “meringkik”

OOP…

Alat dan Teknik Pengembangan Sistem

Dapat berupa : Grafik  HIPO, DFD, W/O Bagan  bagan untuk menggambarkan aktivitas (cth : flowchart)  bagan untuk menggambarkan tata letak (cth : bagan organisasi)  bagan untuk menggambarkan hubungan personil Teknik yang digunakan : Teknik Manajemen Proyek : CPM, PERT Teknik menemukan fakta : wawancara, observasi, kuisioner, sampling. Teknik analisis biaya.

Perangkat Pemodelan Adalah suatu model yang digunakan untuk menguraikan sistem menjadi bagian-bagian yang dapat diatur dan mengkomunikasikan ciri konseptual dan fungsional kepada pengamat. Peran perangkat pemodelan : Komunikasi Digunakan sebagai alat komunikasi antara pemakai dengan analis sistem dalam pengembangan sistem Eksperimentasi Pengembangan sistem bersifat trial dan error Prediksi Model meramalkan bagaimana suatu sistem akan bekerja

Jenis Perangkat Pemodelan Diagram Arus Data (DFD) Menunjukkan proses yang dijalankan dalam sistem Kamus Data Defenisi elemen data dalam sistem Entity Relationship Diagram (ERD) Model penyimpanan data dalam DFD Bagan Struktur Menggambarkan suatu hirarki modul program perangkat lunak termasuk dokumentasi interface antar modul Flowchart Menggambarkan alur dan logika program Daigram Warnier-Orr (WOD) Menunjukkan penguraian hirarki proses atau data

Penyebab kegagalan pengembangan sistem Kelalaian menetapkan kebutuhan user dan melibatkan user Kurang sempurnanya evaluasi kualitas dan analisis biaya Adanya kerusakan dan kesalahan rancangan Penggunaan teknologi komputer dan perangkat lunak yang tidak direncanakan dan pemasangan teknologi tidak sesuai

Mengatasi kegagalan : SDLC Prototipe Perangkat pemodelan Teknik Manajemen Proyek CASE JAD Keterlibatan pemakai

End Session www.suryagsc.wordpress.com