VISUAL WARDROBE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Analisa Film SEX AND THE CITY
Advertisements

Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13
METODE PENELITIAN Wanda Listiani.
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
DASAR KOMUNIKASI DALAM BISNIS
BUDAYA KOMUNIKASI JURNALISTIK C semester 1 Maulana Fil Husni Maya R
SETYANINGSIH SLAWI, 12 JULI Pendidikan Kedwibahasaa dalam Pembangunan Katakter Generasi Muda Keadaan kebahasaan di Indonesia  Bahasa daerah (746)
METODOLOGI PENCIPTAAN SENI RUPA
RIZKI APRILIANI, Perancangan Poster Iklan Produk Telpon Seluler dengan Elemen Visual Utama Gestur Wanita.
NUR AFNI HIDAYAH, Perancangan Katalog Studio Seni Grafis sebagai Media Promosi Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.
Kalimat Efektif.
KOMUNIKASI MASSA KARAKTERISTIK ISI PESAN
COSPLAY COSTUME PLAY.
feminisme - joice c.siagian.
Media Pembelajaran Matematika
Pesan (Message) Pesan adalah sesuatu hasil karya komunikator yang dianggap dapat mewujudkan motif (maksud) komunikasinya. Pesan hasil karya komunikator.
Gender dan Media Gender dan Struktur Sosial Selasa, 16 November 2010.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMUNIKASI KONSELING DALAM PRAKTIK KEBIDANAN
TUGAS Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
MEDIA PEMBELAJARAN Sri Wanty Ridwan ( ) Mata Kuliah :
TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn
Teori tindakan Elearning kedua.
Penyiar Televisi.
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
RUANG LINGKUP KEILMUAN DESAIN
Komunikasi Massa.
Pengantar Ilmu Komunikasi
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat memahami jalan komunikasi kreatif selain komunikasi verbal untuk menyampaikan pesan dan kesan lewat media desain Visual.
FEATURE.
PENAMPILAN by: Purwati.
Minggu 4 Estetika Sebagai Media Komunikasi.
“KOMUNIKASI VERBAL”. “KOMUNIKASI VERBAL” PENGERTIAN KOMUNIKASI VERBAL  Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan.
Muhammmad Noor Hidayat
Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc.
Desain Komunikasi Visual UDINUS
Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Teori – teori Komunikasi Massa Difusi - Inovasi
Desain Komunikasi Visual UDINUS
BAHASA VISUAL Pujiyanto.
Psikologi Persepsi dalam Desain Komunikasi Visual
NILAI ESTETIK.
METODA PENDIDIKAN MASSA
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
KOMUNIKASI MASSA.
Assalamualaikum Wr Wb.
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
ADVOKASI PADA PEMBUAT OPINI & MEDIA MASSA
Budaya (Populer) media massa & sistem Tanda
SEMIOTIKA SEBAGA METODE ILMIAH
KONSEP DASAR KOMUNIKASI
 NAMA KELOMPOK : ANGGA NOFRIADY MUHAMMAD BAIHAQI XII IPA 1.
SENI BUDAYA SENI RUPA.
JURNAL FIGUR WANITA SEBAGAI PENARIK PANDANG DALAM IKLAN ANDRIAN D
KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI KESEHATAN
Gender, Kelas Sosial, dan Gaya Hidup PERTEMUAN 13
MEDIA GRAFIS 2 Oleh: ROHKHIMAH dan HENY WULANDARI.
Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc.
Mendisiplinkan Kajian Budaya
KOMUNIKASI MASSA KARAKTERISTIK ISI PESAN
Tari Pendet.
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA CETAK
PENGERTIAN KOMUNIKASI
PT. Tayang Visi Aplikasi Digitasi (TVaD)
Teori Semiotika ROLAND BARTHES Ketua : Restu Anggraeny Dwi Sartika ( ) Anggota : Deliana Yulianti ( ) Gilang Gandara ( )
Standar Penampilan CSR Plasa Telkom Right Beginning Doing
Contoh 5 Jenis Komunikasi by: Jizan Priauzan
Transcript presentasi:

VISUAL WARDROBE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI Pertemuan 2 VISUAL WARDROBE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

Visual Wardrobe sebagai Media Komunikasi Sebagai representasi dan media komunikasi non verbal (wujud sebuah objek rancangan) untuk menyampaikan sebuah pesan, kesan, ataupun citraan tertentu, maka fungsi komunikasi beserta peran-peran terkecilnya pun harus dimengerti dengan lebih luwes, sebagaimana yang dikatakan Yasraf Amir Piliang di dalam pengantar bukunya Sebuah Dunia yang Dilipat; Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Posmodernisme (1998): Kini kita tidak lagi berbincang dengan orang-orang akan tetapi dengan objek-objek. Sistem komunikasi dan interaksi sosial kini lebih merupakan fungsi dan kepemilikan objek-objek dan perantaraannya lewat berbagai media.

Lewat media desain Visual Wardrobe kita dapat menanamkan nilai apa pun secara representatif. Mulai dari identitas, simbol- simbol tertentu, muatan ekpresi perasaan, konsep diri, nilai filosofis, pesan dan kesan, persuasi, hasutan, sensasi, citraan gaya hidup, hingga hal-hal yang mengarah kepada provokasi tertentu. Karena sifatnya yang visual (dapat dilihat; terlihat) maka Visual Wardrobe adalah sebuah tontonan, bagian yang harus di- show up dari sebuah pertunjukan, pameran, atau pun eksibisi. Dan karena sebuah pertunjukan, pameran, ataupun eksibisi itu membutuhkan penonton, jelas ia harus menarik dan memiliki daya pikat tertentu. Visual Wardrobe harus memiliki nilai komoditif jika ia dimaksudkan untuk kepentingan advertising,

broadcasting, maupun komunikasi visual. Daya ungkap kreatif dan idiom-idiom (konstruksi makna) yang menarik mutlak diperlukan. Berbagai gagasan adaptasi bentuk, simbolisasi, mitos, kebaruan, maupun gaya-gaya masa lalu boleh saja dituangkan ke dalam konsep desain Visual Wardrobe. Salahsatu ungkapan kreatif yang sering dituangkan di dalam konsep desain Visual Wardrobe dalam budaya populer saat ini misalnya adalah ungkapan yang bersifat ‘parodi’ dan ‘fetis (fetish)’. Parodi menurut glosarium Yasraf Amir Piliang adalah sebuah komposisi sastra atau seni yang di dalamnya gagasan, gaya, atau ungkapan khas seorang seniman dipermainkan sedemikian rupa, sehingga membuatnya tampak absurd.

Sementara fetis (fetish) adalah setiap objek yang di dalamnya dianggap bersemayam ruh atau kekuatan tertentu, sehingga menimbulkan pengaruh magis dan daya pesona (dalam antropologi) dan rangsangan seksual tertentu (dalam seksualitas). Dengan mengacu kepada konsep-konsep ungkapan di atas, maka penyimpangsiuran, penyalahgunaan, dan pembajakan tanda-tanda (yang berarti juga maknanya) direpresentasikan secara komunikatif dan berbahasa di dalam desain Visual Wardrobe. Misalnya pembajakan identitas kultural wanita (sifat feminin) oleh pria, yang tujuannya adalah sebagai parodi tanda dan identitas pria (sifat maskulin), atau pun kebalikannya.

Pria yang memakai gelang, anting-anting, cat kuku, aksesori kelap-kelip, ikat rambut, dan sebagainya – juga wanita dengan pakaian balap, memakai celana cowboy, kostum sepakbola, bercukur ala skinhead dengan aksesorinya adalah sebuah contoh parodi. Tersedianya model pakaian dan komoditi lainnya yang biseks, berkembangnya model aksesori pakaian dalam fashion yang memutarbalikan identitas, berkembangnya acuan image di dalam televisi dan media massa lainnya, yang merupakan parodi dari nilai-nilai tabu, mitos dan spiritual, adalah contoh bahwa desain Visual Wardrobe sangat terbuka terhadap gagasan ataupun konsep apa pun, hanya kita yang tinggal cerdas-bijak mempertanggungjawabkannya. Left Brain & Right Brain Human Information Processing -- HIPS

“Aku berbicara lewat pakaianku”, begitu kata Dick Hebdige (Subculture: The Meaning of Style, Routledge, 1979 hal.100) Beberapa contoh aplikasi Visual Wardrobe dengan mudah dapat disaksikan di dalam televisi, mulai dari apa yang dipakai MC acara kuis, band The Virgin, pakaian muslim, hingga riasan face painting ataupun body painting. Mulai dari yang mengusung konsep lokal tradisional, budaya subkultur Amerika, kebanci- bancian, keliaran alam, hingga konsep yang bersifat religius. Mulai dari yang minimalis hingga yang lebay-heboh.