Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
DESAIN DAN NOTASI DIALOG
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Interaksi Manusia dan komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Tampilan.
Konsep & Prinsip Analisis
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Dialogue Notations and design
Dialogue Notation and Design
Interaksi Manusia Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak Spesifikasi Formal 9 By : Andi Latifa Nabone.
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Presentasi dan properti leksikal
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Desain dan Notasi Dialog
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Latihan Ujian UTS dan UAS
IMK: PENANGANAN KESALAHAN
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
PERANCANGAN INTERFACE USER
Presentasi dan properti leksikal
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
PERANCANGAN SISTEM.
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia dan Komputer
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Teori, Prinsip dan Pedoman
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Rekayasa Produk (Perangkat Lunak)
Presentasi dan properti leksikal
Interaksi Manusia dan Komputer
DAN PERANCANGAN DIALOG
Ragam dialog Pertemuan 3.
10 Perancangan Arsitektural
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Presentasi dan properti leksikal
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Pertemuan Keduabelas Desain dan Notasi Dialog
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
5 Kebutuhan Software By : Andi Latifa Nabone.
Interaksi Manusia dan Komputer
PUTRI ISMA OKTAWIANI ( )
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Do and Don’t Desktop Design
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
Presentasi dan properti leksikal
Desain dan Notasi Dialog
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
PERANCANGAN SISTEM.
Presentasi dan properti leksikal
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design.
Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal
Desain dan Notasi Dialog
Dialogue Notation & Design Part-2
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer 10 Interaksi Manusia dan Komputer By : Andi Latifa Nabone

Pendahuluan Dialog tersebut dapat dinotasikan dalam bentuk diagram maupun secara tekstual. Dialog yang terkait dengan semantik atau apa yang dikerjakan oleh sistem dan presentasi atau bagaimana sistem tersebut ditampilkan. Pada interaksi manusia dan komputer, bahasa komputer mempunyai 3 tingkatan, yaitu : Leksikal Sintaktik Semantik

Struktur Dialog Manusia Struktur dialog manusia kadang dipengaruhi oleh emosi, situasi, serta berbagai faktor lain. Oleh karena itu, struktur dialog manusia mengandung ketidak-konsistenan. Berbeda dengan dialog antarmanusia yang pada umumnya, dialog pada komputer biasanya terstruktur dan terbatas.

Notasi Diagramatik Notasi diagramatik merupakan suatu bentuk yang paling sering digunakan dalam desain dialog. Kelebihan dari bentuk ini adalah memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog. Berikut ada 5 metode yang digunakan untuk notasi diagramatik : State transition network Petri Nets Herel’s state charts Flow diagrams Jackson structured design diagrams

Notasi Tekstual Pada notasi diagramatik terdapat 5 metode untuk menjalankan suatu dialog, sementara pada notasi tekstual terdapat 3 metode, yaitu : Grammars (tata bahasa) Production rules (aturan produksi) CSP dan proses belajar

Dialog Semantik Dialog semantik adalah yang berfungsi untuk berkomunikasi antar para desainer atau sebagai alat untuk mendeskripsikan pemikiran mengenai dialog, sehingga perlu ditambahkan catatan pada dialog formal mengenai arti dari suatu aksi tertentu atau user dibiarkan membaca dan menginterpretasikannya sendiri.

Desain dan Analisis Dialog Pada bagian ini akan dibahas beberapa cara untuk menganalisis dialog guna menemukan masalah daya guna yang potensial berkaitan dengan prinsip daya guna yang telah kita bahas sebelumnya. Berikut salah satu isu yang berkaitan dengan analisis properti dialog ini, yaitu : Berfokus pada aksi yang dilakukan oleh user, apakah dispesifikasikan dengan cukup dan konsisten.

Presentasi dan Properti Leksikal Perancangan dialog ini haruslah terpisah dari perancangan detail dari presentasi dan interface leksikal. Seorang desainer harus menetukan fungsi sistem terlebih dahulu baru kemudian menggunakan model kognitif atau analisis tugas untuk mendesain dialog untuk menjalankan fungsi tersebut, baru akhirnya mendesain presentasi sistem secara visual dan interface leksikal antara tombol yang ditekan dan mouse yang digerakkan dengan aksi dialog yang abstrak.

Desain Non-antropomorfik Desain non-antropomorfik merupakan suatu dialog yang singkat dan praktis yang digunakan pada interface dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut, diantaranya : Atribut bebas dapat membingungkan atau menyesatkan user. Pentingnya perbedaan yang jelas antara orang dan komputer.

SEKIAN