17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
Belajar melalui Komputer Belajar dengan menggunakan Komputer Komputer dalam Pembelajaran Belajar Komputer Belajar melalui Komputer Belajar dengan menggunakan Komputer Komputer sebagai Object Komputer sbg Media Komputer sbg Alat Mata Pelajaran Komputer Multimedia Interaktif on / offline Word Proccessor u/ membuat makalah, Autocad untuk menggambar konstruksi
Siklus Pengembangan Bahan Belajar
3 Langkah PENGEMBANGAN PERANCANGAN PENULISAN NASKAH PRODUKSI
PERANCANGAN Identifikasi Topik Penyusunan Peta Materi GBIM dan JM
1. Identifikasi Topik Menghasilkan daftar topik Sesuai dengan kebutuhan sasaran Sesuai dengan karakteristik media Melibatkan ahli, praktisi Buat urutan prioritas Identifikasi Topik
2. Penyusunan Peta Materi Mengukur cakupan dan kecukupan Tuliskan sub materi Tentukan hubungan antar sub materi (sebab akibat, bagian dari, persamaan, lawan, contoh, definisi) Gambar pohon materi Tentukan batas Penyusunan Peta Materi
3. Penyusunan Peta Kompetensi Rumuskan kompetensi akhir yang ingin dicapai Rumuskan indikator Tentukan hubungan antara indikator Gambarkan dalam peta Tentukan batas awal Penyusunan Peta Kompetensi
4. Penyusunan GBIM Gunakan format yg berisi minimal; tujuan, indikator, alat evaluasi, pokok materi, media Jelas, singkat, aktual Periksa konsisten antara tujuan, materi, dan test Melibatkan ahli materi dan media Penyusunan GBIM
5. Penulisan JM Setiap sub materi dideskripsikan secara singkat dan jelas Jabarkan materi secara ringkas Lengkapi dengan contoh Lengkapi dengan rancangan visualisasi dan interaktivitas Cantumkan referensi Penyusunan Jabaran Materi NASKAH
PENULISAN NASKAH Pembuatan Flowchart Penulisan Finalisasi
6. Pembuatan Flowchart Sbg kerangka dasar pemrograman Menggambarkan alur pembelajaran Proses interaktivitas Pedoman penulisan naskah Tulis flowchart dengan detil Pembuatan Flowchart
7. Penulisan Naskah Naskah merupakan blue print Sebagai pedoman produksi Berisi substansi materi, metode penyajian, dan petunjuk-petunjuk teknis Petunjuk buat programer Petunjuk buat animator, dll Penulisan Naskah
8. Pengkajian Naskah Pengkajian aspek materi dan aspek media Pengkajian aspek materi mencakup; kebenaran substansi, aktualitas, kesesuaian dengan kurikulum, efektivitas pembelajaran, dll Pengkajian aspek media mencakup; originalitas gagasan, efektivitas komunikasi, daya tarik, kejelasan dan kelengkapan petunjuk, dll Penulisan Naskah
9. Finalisasi Naskah Revisi berdasarkan saran Verifikasi Finalisasi Dinyatakan siap produksi Finalisasi Naskah Produksi
PRODUKSI Script Conference Produksi (apha) Revisi (betha)
10. Pembentukan Tim Produksi Minimal; TL, Programer, Desainer grafis, animator, QC Penerimaan naskah Pelajari naskah Susun jadwal kerja
11. Script Conference Pembahasan naskah pra-produksi Pengembangan gagasan Konfirmamsi dan klarifikaksi Penulis, pengkaji, Tim Produksi, Produser Tuliskan kesepatan hasil SC Script Conference
12. Produksi Kerja tim Ikuti aturan main Tepati jadwal Programing Grafis Animasi Text entry Produksi
13. Internal QC, Pemenuhan standar spek Lembar QC Lolos or revisi Produksi Alpha
14. Revisi (Alpha) Revisi sesuai lembar QC 1 Kembali ke QC 1 Verifikasi QC 1 Lolos or tidak lolos Revisi 1, 2, 3, …dst Revisi Alpha
15. Preview, QC 2 Eksternal QC Kebenaran substansi Efektivitas pembelajaran Efektivitas komunikasi Kualitas tampilan, dll Produksi Betha
16. Revisi (Betha) Revisi sesuai hasil preview Kembali ke QC 2 Lolos or tidak lolos Revisi 1, 2, 3, …dst Verifikasi QC 2 Siap upload Produksi Betha
17. Upload Upload Dokumentasi Database
17 Langkah PERANCANGAN PENULISAN NASKAH PRODUKSI Identifikasi topik Penyusunan Peta Materi Penyusunan Peta Kompetensi Penyusunan GBIM Penulisan JM Pembuatan flowchart Penulisan draft naskah Pengkajian draft naskah Finalisasi naskah Pembentukan Tim Produksi Script conference Produksi Internal QC (QC 1) Revisi Alpha Preview (QC 2) Revisi Betha Upload