Nama : Sandra Miftakul Khoir Nim : Prodi : Teknik Industri / 2B
Pengambilan keputusan dan optimasi Pengambilan keputusan adalah tindakan memilih satu dari sekian banyak alternatif. Diawali dengan : 1. Menyadari bahwa suatu keputusan harus dibuat 2. Mengidentifikasi alternatif kemungkinan
Proses pengambilan keputusan ada yang melalui cara intuitif atau cara analisis. - Pengambilan keputusan secara intuitif adalah alasan tidak jelas - Pengambilan keputusan secara analitis adalah alasan jelas dan ada dasarnya
Empat elemen pengambilan keputusan yaitu : 1. Model adalah penggambaran mengenai suatu masalah, dapat berupa grafik, gambar, data atau hubungan matematik. 2. Kriteria adalah suatu yang menjadi tujuan atau objektif dari suatu pengambilan keputusan. Hal ini perlu ditetapkan pada awal proses pengambilan keputusan. 3. Kendala adalah faktor yang sifatnya membatasi ruang gerak pengambilan keputusan. 4. Optimasi adalah upaya untuk mendapatkan keputusan terbaik sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan kendala yang ada.
Contoh pengambilan keputusan dari 4 elemen : - Model : grafik dari suatu permasalahan - Kriteria : minimal ongkos – maksimal mill per galon - Kendala : dijalan tol kecepatan rata-rata 40-60mph - Optimasi : modal-kriteria-jalan pemecahan terbaik
Contoh-contoh lain pengambilan keputusan : - Memilih restoran tertentu ketika bis antar kota beristirahat ditempat persinggahan - Memilih universitas atau jurusan di universitas pada saat pendaftaran tahun ajaran baru - Memilih atau menetapkan pasangan hidup atau jodoh
Teknik optimasi dalam pengambilan keputusan : 1. Game sebagai suatu pengambilan keputusan Dalam permainan game ada dua pihak yang berkompetisi atau bersaing, masing-masing akan menentukan strategi untuk mengalahkan yang lainnya. 2. Algoritma lorong Permasalaanya adalah untuk mendapatkan jumlah orang yang optimal pada suatu tema tertentu. 3. Program dinamik Merupakan pendekatan masalah pengambilan keputusan dengan jalan menetapkan urutan-urutan keputusan, dimana strategi menyeluruh yang optimal dapat diturunkan dengan jalan memperhitungkan akibat dan pengaruh tiap keputusan secara optimal.
4. Program linier Didalam metode ini diambil asumsi kelinieran. Fungsi tujuan dan pembatasan dalam ketidaksamaan linier. Fungsi tujuan dinyatakan dalam bentuk maksimasi atau minimasi sementara fungsi pembatas selalu sama atau lebih besar dari nol. 5. Persoalan antrian Kedatangan langganan yang acak pada jumlah maupun waktunya pelayanan yang menyangkut jumlah dan waktu serta tempat pelayanan, pelanggan ada yang sedang dilayani dan ada yang menunggu membuat antrian, serta waktu pelayanan yang dapat sama untuk semua pelanggan ataupun berubah secara acak.
SEKIAN TERIMA KASIH