Tantangan Peradaban Barat

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PANDANGAN TENTANG HUKUM (dari masa ke masa)
Advertisements

HAK ASASI MANUSIA SEJARAH
PANCASILA 4 HAKIKAT PANCASILA
ANTISIPASI SEKULARISME TERHADAP KETATANEGARAAN INDONESIA
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
ISLAM ?.
SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AL-MUQAWQIS, GUBERNUR ROMAWI DI MESIR
Upaya yang dibuat oleh manusia untuk “allahnya” ANUGERAH :
PENGERTIAN AGAMA.
By: Muhammad Budi Prasetyo
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keterpaduan Islam dan Iptek
Agama dan Evolusi Drs. H. Nur Syahid, MPdI
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
PANDANGAN ISLAM TENTANG MAKNA KEHIDUPAN dan HAM
UU PERKAWINAN UU NO 1 TAHUN 1974.
Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph.D.
Pendidikan AGAMA 2 OLEH : MB Tabrani, M.Pd STIE BINA BANGSA
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
BAB 5 K e r u k u n a n Antar Umat Beragama.
SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA DALAM KRISIS
Konsep dasar Politik dan pemerintahan
AGAMA Arti Agama Pengertian Agama Hakekat Agama Bagi Manusia.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
Warga Negara 1 Hak asasi pribadi (personal rights) 2 Hak asasi ekonomi (property rights atau harta milik) 3 dan perlakuan yang sama dalam keadilan.
Disusun Oleh:Laila Latifatun Nisa
ASAS-ASAS PERUNDANG-UNDANGAN
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
X MIA 1 dan X MIA 2 SEMESTER GANJIL
PELAKSANAAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM RELASI HUKUM DAN KEKUASAAN SERTA DALAM MENGHADAPI ISU-ISU GLOBAL Kelompok 10 Anesta Ebri Dewanty
4.3.Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MENGENAL KONSEP DASAR DAN SEJARAH HAM
IBD MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP Disusun oleh: syarifah alawiyah
C.Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
Pembaharuan dalam Islam
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Tugas Pendidikan Agama Islam
Assalamu’alaikum Wr Wb. Manfaat Pandangan Hidup 1. Kekokohan dan Tujuan 2. Pemecahan Masalah 3. Pembangunan Diri Manfaat Pandangan Hidup 1. Kekokohan.
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi
MANUSIA DAN PERADABAN Disusun oleh : Kelompok II Elfiana Ibrahim Wica Nurkasih Nur Asia M Sari Putri Kadevi Wira Amaz Gahari Pascal Adventra.
Nama : Farhan Azis.P NPM : Kelas/Semester : A2/5
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
MemahamiISLAM Sebagai Pandangan Hidup Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi.
ALIRAN –ALIRAN PEMIKIRAN DALAM ILMU HUKUM
Pengertian agama kata agama berasal dari bahasa sansekerta dari kata a berarti tidak dan gama berarti kacau. Kedua kata itu jika dihubungkan berarti sesuatu.
JIHAD DALAM ISLAM DAN DIALOG PERADABAN Amaludin Ab.Rahman
FALSAFAH DAN AMALAN PENDIDIKAN ISLAM
BAB 3 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA AGAMA LAIN
Hakikat keimanan dan buahnya
BAB 5: AKHLAK MUSLIM TERHADAP KEHIDUPAN DI AKHIRAT
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
Pengertian Sistem Politik Islam Yaitu Ilmu atau persoalan yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau pemerintahan dalam pandangan Islam.
MemahamiISLAM Sebagai Pandangan Hidup Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi.
Agama Bahá’i.
BERIMAN KEPADA HARI AKHIR KELOMPOK 4 Tulus Satriadi( ) Putri Handayani ( ) Rosdiana Nanda P ( ) Linda Riana S( )
1.Pembenaran oleh iman. Roma 5: Kasih Allah bagi orang berdosa. Roma 5: Dosa masuk ke dunia. Roma 5:12. 4.Hukum dan dosa. Roma 5:13-14,
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
Transcript presentasi:

Tantangan Peradaban Barat KELOMPOK 4 Rahma Nur Aziza Kishi Afifa Putri

BAB IV. Tantangan Peradaban Barat Secara hakiki, peradaban barat memiliki perbedaan yang fundamental dengan islam. Barat adalah sebuah peradaban yang berdasarkan nilai-niilai sekular- liberal, yang kini dipaksakan untuk dianut oleh seluruh umat manusia, melalui berbagai cara.

Muhammad Asad (Leopold Weiss) mencatat, bahwa peradaban barat modern mengakui penyerahan manusia kepada tuntutan-tuntutan ekonomi, sosial dan kebangsaan. Tuhan-Nya yang sebenarnya bukanlah kebahagiaan spiritual melainkan keenakan, kenikmatan duniawi. Mereka mewarisi watak nafsu untuk berkuasa dari peradaban romawi kuno.

Asad menilai, sumbangan agama Kristen terhadap peradaban barat sangatlah kecil. Bahkan saripati peradaban barat itu sendiri sebenarnya irreligious. Dengan memahami hakekat perdaban baarat yang tidak berdasarkan agama dan hanya berdasarkan spekulasi semacam itu, Al-Attas sampai pada kesimpulan bahwa problem terberat yang dihadapi manusia dewasa ini adalah hegemoni dan dominasi keilmuan barat yang mengarah pada kehancuran umat manusia.

Al-Attas memulai tulisannya dalam “Dewesternization of Knowledge” dengan ungkapan bahwa sepanjang sejarahnya, manusia telah menghadapi kekacauan dan tantangan tetapi belum pernah, mereka menghadapi yang lebih serius daripada yang ditimbulkan peradaban barat saat ini.

Menurut Al-Attas kekacauan itu bersumber dari sistem keilmuan barat itu sendiri. Al-Attas mencatat “I venture to maintain that the greatest challenge that has surreptitiously arisen in our age is the challenge of knowledge, indeed, not as against ignorance; but knowledge as conceived and disseminated through out the world by western civilization.”

Pengetahuan yang disebarkan barat itu pada hakikatnya telah menjadi masalah karena kehilangan tujuan yang benar; dan lebih menimbulkan kekacauan dalam kehidupan manusia, ketimbang membawa perdamaian dan keadilan; pengetahuan yang seolah-olah benar padahal menimbulkan skeptisisme.

Menurut Al-attas, bagi barat kebenaran fundamental agama dipandang sekedar teoritis, tidak ada satu kepastian. Konsekuensi nya adalah penegasian Tuhan dan akhirat dan menempatkan manusia sebagai sebagai satu-satunya yang berhak mengatur dunia.