Teknik Pembuatan Aplikasi CAI Materi 6 - Komputer Multimedia
Pembuatan CAI Berusaha mencapai tujuannya sebagai suatu media alternatif dalam dunia edukasi Mengikuti kaidah pengembangan aplikasi komputer Mencoba memenuhi tujuannya agar menjadi alat utama instruksional, bukan hanya sebagai alat bantu
Menarik Perhatian Didasarkan atas pertimbangan bahwa pengguna (siswa) hanya akan menghadapi komputer, bukan seperti dalam dunia pengajaran tradisional Harus dapat memastikan bahwa pengguna tidak teralih perhatiannya dari apa yang disampaikan oleh aplikasi
Penguatan Kosmetik Menggunakan berbagai properti tampilan untuk memperkaya keluaran yang diterima siswa dalam satu saat Meliputi properti standar dalam tampilan, serta properti yang berdasarkan multimedia Penggunaan yang salah justru akan merusak tampilan
Properti Kosmetik (1) Inversi warna Kedipan Ukuran teks Jenis font Pewarnaan Suara
Properti Kosmetik (2) Musik Zooming/Panning Grafis Animasi Video dll.
Penguatan Informasi Menekankan pada informasi yang diberikan agar lebih dapat diterima dan dimengerti Menjadi petunjuk bagi siswa untuk menggunakan aplikasi dan memahami materi “Memanipulasi” informasi yang ditampilkan
Cara Penguatan Informasi Strategi Pengarah kerangka pengarah, dapat mempersiapkan siswa Perulangan mengulang obyek/fokus materi tertentu, pada saat tertentu pula Rekoleksi seperti perulangan, tetapi dengan mengintegrasikan materi lain Identifikasi relasi memuat relasi spesifik antar materi, misal dengan diagram
Melibatkan Siswa Interaksi tradisional antara siswa dan guru dapat ditiru dalam aplikasi CAI Karena CAI adalah aplikasi komputer, maka interaktivitas adalah sesuai dengan kaidah dalam penggunaan komputer Membuat siswa terlibat dalam kegiatan penyampaian materi Meningkatkan keinginan belajar siswa
Menarik Partisipasi Siswa Membuat instruksi/pengajaran terlihat lebih bermakna Tidak mengubah jalannya penyampaian materi Menggunakan prinsip personalisasi Berfokus ke context bukan pada content
Metode Pemaknaan Menggunakan suatu “nama” untuk aplikasi/komputer Menggunakan nama siswa/pengguna Mengambil dan menggunakan informasi latar belakang materi Mengintegrasikan respon awal/sebelumnya Menggunakan contoh yang relevan Memberi kendali pilihan belajar pada siswa
Pertimbangan pada Kendali Kendali diserahkan kepada komputer terkadang melawan prinsip interaksi Kendali diserahkan kepada pengguna dapat memunculkan masalah substantif Kendali kombinasi variabilitas, kendali berdasarkan konteks