SILANG - SELISIH ANTARA HUKUM DAN MASYARAKATNYA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ketidakadilan hukum di indonesia
Advertisements

Kuliah ke 4 Kwn Identitas Nasional.
NEGARA, HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA,
Kelompok 2 Disusun Oleh : Anne Cindy Aditya Elis Mayangsari Rani Karnita Silvia.
PANCASILA 4 HAKIKAT PANCASILA
TANGGUNG JAWAB NEGARA DALAM HUKUM INTERNASIONAL
Mata Kuliah HUKUM DAN MASYARAKAT Fakultas Hukum HUKUM DAN MASYARAKAT.
POLITIK HUKUM PENGERTIAN :
TANGGUNG JAWAB MAHASISWA DALAM MENCEGAH PERILAKU KORUPSI DI INDONESIA
POLITIK HUKUM.
Bahan Perkuliahan Hukum Anggaran Negara
NASIONALISME: PENGALAMAN INDONESIA
BAB II IDENTITAS NASIONAL.
HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA.
Azaz – azaz Umum Pemerintahan Yang Baik
PANCASILA SEBAGAI SISTEM Filsafat
HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA
MANUSIA, HUKUM DAN MORAL
bagi suatu bangsa dan negara
AKSI SOSIAL (SOCIAL ACTION)
Pert. 9 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
Politik Luar Negeri Indonesia
Pengantar Satu abad sebelum masehi Cicero telah mengatakan ‘ubi societas, ibi ius’ (dimana ada masyarakat, disana ada hukum) Hukum ada karena dibentuk.
Mata Kuliah HUKUM DAN MASYARAKAT Fakultas Hukum
DEMOKRASI DAN DEMOKRASI DI INDONESIA
PEMAHAMAN WARGA NEGARA TENTANG KONSTITUSI DAN HAK ASASI WARGA NEGARA
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
PANCASILA DALAM KONTEKS KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA
Pertemuan ke – 4 HUKUM ADAT DALAM HUKUM TANAH NASIONAL
HUKUM ADAT DALAM SISTEM PERUNDANG-UNDANGAN (Dulu & Sekarang)
Konsep dasar Politik dan pemerintahan
WAWASAN NUSANTARA.
DEMOKRASI ANTARA TEORI DAN PELAKSANAANNYA
PANCASILA DALAM KONTEKS KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA
Dan Pengingkaran Kewajiban Warga negara
PANCASILA DALAM KONTEKS KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA
Pertemuan ke-3 Pembentukkan UUPA dan Pembangunan Hukum Tanah Nasional
KOMPETENSI V PERTEMUAN MINGGU VI
KOMPETENSI !V V PERTEMUAN MINGGU VI
Sistem Hukum Pers Indonesia
Sumber Sumber Hukum Internasional
PERTEMUAN 14 PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.
ASPEK HPI DALAM JUAL BELI INTERNASIONAL DAN PENYELESAIAN SENGKETA
dalam konteks ketatanegaraan Negara RI
PANCASILA SEBAGAI IDIOLOGI TERBUKA
Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh Fakultas Kedokteran Hewan Unair
Hukum [Per]undang-undang[an]
Apa dan Mengapa Demokrasi?
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Sosiologi Hukum: Pengantar
Oleh: Sri Wahyuningsih Jazim Hamidi Abdul Madjid
Berkelas.
Masyarakat madani.
Budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
SISTEM ADMINISTRASI NEGARA
Bahan Kuliah Program Pascasarjana FH UNS 2015
PENGAKUAN.
KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA DAN
Oleh: Airi Safrijal, S.H., M.H.
Pendidikan Kewarganegaraan
Perkembangan Konsep pemisahan Kekuasaan negara
REFORMA AGRARIA: TANAH,PEMBANGUNAN, DAN KONFLIK SOSIAL
ASPEK HPI DALAM JUAL BELI INTERNASIONAL DAN PENYELESAIAN SENGKETA
GEOSTRATEGI INDONESIA Nurlaila fitriasani Rima safitri Tutia rahmi Yusrawati1604 M. aji syahputra1604.
pancasila PANCASILA SEBAGAI KERANGKA BERPIKIR
MENYONGSONG MASA DEPAN INTEGRASI MASYARAKAT INDONESIA
KEKUATAN MENGIKAT HUKUM
PEMBUKAAN UUD 1945 Disampaikan Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
The Power of PowerPoint | thepopp.com 1 SEMINAR, MK LOCAL GOVERNMENT OTODA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS KEARIFAN/BUDAYA LOKAL Tri Yudi Siswantoro.
Transcript presentasi:

SILANG - SELISIH ANTARA HUKUM DAN MASYARAKATNYA R. Herlambang Perdana Wiratraman [herlambangperdana@yahoo.com / 082140837025] FH Universitas Airlangga / MHP Kelas Tarakan 2013

Bahan perkuliahan Philippe Nonet dan Philip Selznick, Law And Society in Transition: Toward Responsive Law (New York: Harper And Row, 1978). Wignjosoebroto, Soetandyo (tanpa tahun) “Silang-Selish antara Hukum dan Masyarakatnya”, Handout untuk Sesi 06, Perkuliahan Magister Hukum dan Pembangunan, Pascasarjana Unair.

The Legal Gap Silang selisih yang terjadi antara ‘hukum dalam model tekstualnya’ dan ‘realisasi aktual yang terwujud dalam wujudnya yang kontekstual’ Akibatnya, ialah antara mereka yang berkukuh pada pendapat yang nomatif (bahwa realitas itulah yang harus dipersalahkan sebagai pelanggaran yang harus dibebani sanksi) dan mereka yang berpendapat bahwa apabila penyimpangan telah terjadi dalam frekuensi yang tinggi dan melibatkan sejumlah besar “pelanggar”, maka model dan preskripsi hukum undang-undang itulah yang harus dianggap sebagai biang penyebab terjadinya anomali karena hukum macam itu sudah kehilangan pijakannya pada bumi realitas lagi.

Apakah yudisial itu masih bertegak sebagai personifikasi penegak hukum Betulkah dalam prakteknya badan legislatif itu satu-satunya yang punya legitimasi untuk membentuk dan membuat undang-undang? Apakah yudisial itu masih bertegak sebagai personifikasi penegak hukum Efektif ? Adil ?

Siapa pembentuk aturan ini. Pada siapa berlakunya. Apa jelas aturannya Siapa pembentuk aturan ini? Pada siapa berlakunya? Apa jelas aturannya? Dan mungkinkah efektif? Siapa eksekutornya? Bagaimana prosesnya?

Siapa pembentuk aturan ini. Pada siapa berlakunya. Apa jelas aturannya Siapa pembentuk aturan ini? Pada siapa berlakunya? Apa jelas aturannya? Dan mungkinkah efektif? Siapa eksekutornya? Bagaimana prosesnya?

The Legal Gaps & Legal Conflict Hukum undang-undang yang tak bersesuai dengan hukum rakyat seperti itu, sekalipun telah disahkan sebagai hukum nasional, apabila tak bersesuaian dengan apa yang diyakini rakyat sebagai hukumnya, besar kemungkinannya untuk tidak dirujuk warga masyarakat sebagai petunjuk perilakunya Gagal memperoleh signifikansi sosialnya

Hukum undang-undang seakan-akan kehilangan legitimasinya dan kehilangan daya keefektifan serta kebermaknaan sosiologiknya “Pelanggar” itu berkilah dengan merujuk ke dasar pembenar yang berada di ranah kesadaran dan keyakinannya sendiri. Dengan begitu, upaya mentransformasi old societies to a new nation state seperti itu -- betapapun tingginya cita-cita nasionalisme yang mendasari dan mengilhami – ternyata tak selamanya menghasilkan apa yang diharapkan.

Kebijakan Mengatasi Legal Gaps Legal gap akan tersadari sebagai masalah, dan tidak lagi cuma dipandang sebagai fakta biasa saja apabila apa yang disebut the formal legal order dan the popular social order – menurut kebijakan para penguasa negara -- sudah tidak lagi sekadar dipandang sebagai dua yurisdiksi yang masing-masing diakui mempunyai ruang eksistensinya sendiri secara berpisahan. Apabila masalah legal gap ini terus berlanjut dan tak tertangani dengan baik, maka yang akan terjadi tak lain daripada legal conflicts.

Bagaimana aturan mainnya, jelaskah. Mengapa tidak efektif Bagaimana aturan mainnya, jelaskah? Mengapa tidak efektif? Bagaimana langkah mengatasinya?

Langkah atasi Legal Gap mendayagunakan wibawa sanksi hukum guna menggiring secara paksa para warga dari kesetiaannya sebagai partisipan popular order ke kesetiaannya yang baru sebagai partisipan national legal order edukatif, lewat penyuluhan dan pembangkitan kesadaran baru akan pentingnya menerima hukum yang baru legal reform, ialah langkah pembaharuan atas kandungan hukum, agar hukum itu dapat berfungsi secara lebih adaptif pada situasi-situasi riil yang terdapat dalam kehidupan warga masyarakat

Kebijakan Dualisme, Masalah Legal Gap, dan Masalah HAM Kebijakan dualisme adalah kebijakan yang menerima berlakunya dua sistem hukum pada waktu yang bersamaan untuk dua golongan penduduk yang berbeda sehubungan dengan kebutuhan hukum mereka yang berbeda Zaman pra-kemerdekaan, pemerintahan kolonial Hindia Belanda menjalankan kebijakan dualism ini, dan oelh sebab itu memandang hadirnya hukum rakyat yang tradisional bukan sebagai masalah.

Kebijakan dualisme tak berlanjut pada era pasca-kemerdekaan tatkala kepenguasaan pemerintah kolonial digantikan oleh kepenguasaan pemerintah nasional Orde Baru: Fungsi hukum perundang-undangan nasional – sebagai tool of social engineering untuk mengamankan program- program pembangunan menjadi amat riil.