BAB III ISLAM DAN PERADABAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
Advertisements

Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
Anggota : 1.Puspa Nurmawati Novita Selfiani Muhammad Yusuf efendi Galang Septi Bayu A Vicka Nandhya R
SYAHADAT Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut.
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Bab 4 Iman, Ilmu dan Teknologi
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Studi Islam 2 Wujudullah Tahun Akademik 2015
SUMBER HUKUM ISLAM.
Masyarakat Madani Nurhasan, M. Ag.
AQIDAH UNIT 5 Kelas Bimbingan Dewasa.
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
SUMBER HUKUM ISLAM OLEH : MISWAN. S.Ag.,S.Kom.
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
Iman Kepada Para Rasul.
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
SUMBER AJARAN ISLAM AS-SUNNAH
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
[”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa [”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu.
Sekilas mengenai ekonomi islam
Kewajiban Menuntut Ilmu
Sayid Sabiq Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo
KEBUDAYAAN DAN PERADABAN ISLAM Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
MATA KULIAH AGAMA ISLAM
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
Kesempurnaan Islam.
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
M. Yoga dan Luthfia Pritania
IPTEK DAN SENI DALAM ISLAM
Assalamualaikum Wr. Wb. Assalamualaikum Wr. Wb..
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
BAB 12: AL-QURAN DAN HADIS PANDUAN HIDUP MUKMIN.
KBM 1 FIQH ISLAMI BAB 2 : SOLAT DALAM ISLAM
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Makna Tasyri’ Dari segi bahasa: 1-Sumber air 2-Jalan yang lurus
AQIDAH AHLI SUNNAH WAL JAMAAH
BAB 2 PENCIPTAAN DUNIA DAN MANUSIA SERTA PERKARA TERPENTING
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
BAB 2: PUASA PADA BULAN RAMADAN
BAB 5 : BERIMAN DENGAN KITAB-KITAB ALLAH
Pengertian Agama Islam
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
AGAMA DAN DUNIA: IMPLIKASI KATEGORISASI BAGI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH
KELOMPOK. Pengertian Hukum Islam. Pengertian Hukum Islam Menurut Ahmad Rofiq, Pengertian Hukum Islam adalah seperangkat kaidah-kaidah hukum yang didasarkan.
Belajar Beribadah Sesuai Tuntunan Syariat Islam
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
Transcript presentasi:

BAB III ISLAM DAN PERADABAN Alda Yulia – Rakhmidianarrafi Nuhwan

ISLAM DAN PERADABAN Ilmu dan adab adalah dua hal yang saling terintegrasi. Berilmu tanpa adab adalah dimurkai (al-maghdhubi alaihim) Beradab tanpa ilmu adalah kesesatan (al-Dhallin) “Tidak ada warisan yang lebih baik daripada pendidikan adab yang baik” (HR. Ath-Thabrani dalam Mu’jam al-Ausath) Adat pada dasarnya merupakan pilar dari segala kebaikan dan inti dari ilmu nafi’ (ilmu yang bermanfaat yang pernah diperintahkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad agar diminta dan dicari setiap saat).

Ghairu nafi’ adalah ketika ilmu didapatkan akan tetapi tidak diikuti dengan amal saleh maka bisa digolongkan kepada ilmu yang tidak bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat (ilmu nafi’)  akan mendatangkan iman karena realisasi iman akan membawa pada amal saleh. Ilmu yang bermanfaat juga  akan mendatangkan rasa takut kepada Allah (khasyah) sehingga dapat mendekatkan pemiliknya kepada Allah SWT. dan pemiliknya disebut alim atau ulama. Kaidah dari Imam Syafi’I yang terkenal “laisal ilm makhufidza walakin Al-Ilm ma nafa’a” (Artinya: “Tidaklah disebut ilmu, apa yang hanya dihafal, tetapi ilmu adalah apa yang diaktualisasikan dalam bentuk adab yang akan memberikan manfaat”.)

Hasyim Asy’ari dalam karyanya “Adab Al-Alim Wa Al Muta’allim” merumuskan urgensi ilmu dan adab : “Tauhid mewajibkan wujudnya iman. Barang siapa tidak beriman, maka dia tidak bertauhid; dan iman mewajibkan syariat, maka barang siapa yang tidak ada syariat padanya, maka dia tidak memiliki iman dan tidak bertauhid; dan syariat mewajibkan adanya adab; maka barang siapa yang tidak beradab maka (pada hakikatnya) tiada syaria, tiada iman, dan tiada tauhid padanya”. Adab memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan, tanpa adab dunia pendidikan berjalan tanpa ruh dan makna. Ibn Jama’ah mengatakan “Mengamalkan satu bab adab itu lebih baik daripada tujuh puluh bab ilmu yang hanya sekedar dijadikan sebagai pengetahuan”.

ILMU DAN PERADABAN Ilmu merupakan perkara yang sangat penting dan memiliki kedudukan yang tinggi disisi Allah. Mencari ilmu dalam pandangan islam adalah keharusan yang tidak mungkin untuk dipisahkan dari kehidupan seorang muslim. “Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim.” (HR. Muslim dan Baihaqi) Mencari ilmu disamakan dengan kedudukannya dengan orang yang berjihad dijalan Allah. Rasulullah SAW menegaskan, bahwa ulama adalah pewaris nabi, dimana warisan yang ditinggalkannya tidak lain adalah warisan ilmu.

Tradisi keilmuan yang mengantarkan umat islam pada masa keemasan mempengaruhi bangkitnya Eropa dari masa kegelapan ke masa renaissance. Sebagaimana diakui oleh Sigrid Honka (1913-1999), seorang orientalis Jerman yang moderat; “Setiap rumah sakit dengan managemen dan laboratoriumnya; ...Pada hakikatnya adalah cendera mata kejeniusan Arab (islam).” Tradisi intelektual dalam islam memiliki medium transformasi dalam bentuk institusi pendidikan yang disebut al-suffah; dari sini lah lahir generasi ulama dan cendikiawan dari murid ashab al-suffah.

Menurut Haimd Zarkasy, kelahiran ilmu dalam islam dibagi dalam empat periode: Turunnya wahyu pada periode makkah; pembetukkan struktur konsep dunia-akhirat sekaligus dunia yang baru. Lahirnya kesadaran bahwa wahyu yang turun tersebut mengandung struktur ilmu pengetahuan. Lahirnya tradisi keilmuan dalam islam ditunjukkan dengan adanya komunitas ilmuwan. Lahirnya disiplin ilmu-ilmu islam; tahap problematik, tahap disipliner, dan tahap penamaan. Peradaban islam di masa lalu dibangun di atas tradisi ilmu yang berdasarkan konsep-konsep seminal dalam al-Qur’an dan sunnah.

Untuk membentuk kembali peradaban islam kedepan, kata kuncinya adalah dengan ilmu pengetahuan, yakni dengan membangun tradisi iqra yang dipandu dengan wahyu. Seperti firma Allah pada Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 24-25. peradaban islam disimbolkan dengan sebuah pohon yang kokoh. Yang didasarkan atas kalimat thoyyibah (epistemologi islam yang menjadi kajian peradaban islam), ashluha tsbitun (berakar teguh dan bersifat absolut) yang artinya peradaban islam tidak berubah-ubah dan akan selalu kokoh, dan far’uha fissama’ (cabangya ke langit) sebagai gambaran bahwa tidak ada yang mampu menandingi ketinggian peradaban islam.