FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAHAN AJAR VI Tata Dekorasi, banyak unsur-unsur pendukung untuk keberhasilan suatu penataan ruang. Salah satu diantaranya unsur dekorasi ruang yang meliputi.
Advertisements

Oleh Edy Santoso PORTRAIT PHOTOGRAPHY.
Kamera Foto dan Editing Fotografi Kreatif
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
KOMPONEN BAGIAN KAMERA
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W
Ceiling Plan Desain Interior II Pertemuan 31,32 & 33
Teknik Pencahayaan pada fotografi
Oleh Mutiara Iriana XI BC
MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN .
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Animasi.
The eye school Adalah suatu pesan yg memudahkan bagi fotografer untuk menilai dan memutuskan tentang lighting yang akan digunakan. Tidak hanya berdasarkan.
Lighting of Cinematography
ZISWAF ANANG SAPUTRA FAISAL SUWANDI ADE KURNIAWAN
MENGOPERASIKAN KAMERA
Teknik Kamera Elektronik Arie Nugraha, M.Si
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
PENCAHAYAAN.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Light and Colour Caroline.M( ) Ribkah.S( )
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
FILTER KAMERA Kelompok Filter Anggota : FILTER KAMERA.
TAHAPAN PRODUKSI (LANJUTAN) Pertemuan 10 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Memahami Penggunaan Peralatan Tata Cahaya
Pertemuan 7 Judul : Lampu kilat.
Cahaya dan Optik Oleh Meli Muchlian, M.Si.
Interaksi Manusia & Komputer
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Efek Khusus Corel Draw.
MELAKUKAN EDITING GAMBAR
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
MEMOTRET SUBJEK DENGAN TEKNIK PEMOTRETAN
Sketsa Ide/Image Store Pertemuan 22-24
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
Ceiling Plan Desain Interior 1 Pertemuan 21-22
KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO
.PENCAHAYAAN Kelas MMXII SMK As su’udiyyah
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Asyiknya Bermain-main dengan Pencahayaan Alami Permainan lighting atau pencahayaan memegang peranan penting dalam food photography. Mood sebuah foto makanan.
FILTER.
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
Pertemuan 18 Pencahayaan / Lighting
Teknik Produksi Kamera.
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
KONSEP PENCAHAYAAN Pertemuan 19 – 20
Lighting & Art Materials
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Warna, Symbol, Safety dan Typography OSKAR JUDIANTO SSn. MM. MDs.
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
LCD Liquid Cristal Display
Dosen Pengampu Mata Kuliah : Muhammad Fauzi. M.Ds
Dosen Pengampu Mata Kuliah : Muhammad Fauzi. M.Ds
Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Cahaya : Muhammad Fauzi. M.Ds
Penerangan Dalam Ruangan
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
APPLIED MEDIA AESTHETICS
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Mesyuarat Pengurusan Profesional IPGM KPM Bil 1/2015
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom.
Pertemuan 3 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn, M.Sn
pertemuan 2 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn.,M.Sn
Transcript presentasi:

FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA Pertemuan Ke 2 Dosen Pengampu Mata Kuliah : Muhammad Fauzi. M.Ds

FUNGSI TATA CAHAYA Menerangi dan menyinari Interior. Mengingatkan efek cahaya alamiah. Membantu melukiskan dekor atau scenery dalam menambah nilai  warna sehingga tercapai adanya sinar dan bayangan menonjolkan fungsi dekorasi. Dimensi. Pemilihan Atmosfir Menjelaskan waktu Menciptakan mood Mengkontribusikan berbagi aspek estetis dalam pengkomposisian

Jenis-Jenis Tata Cahaya MENURUT SUMBER Natural Light Cahaya natural yang sumber cahaya dalam satu frame atau adengan maupun scene bersumber dari cahaya yang bersifat natural. Misalnya cahaya pagi hari dari sebelah timur (key). Maka shot-shot dalm scene tersebut key lightnya dari arah yang sama. Pictorial Light/Arificial Light Cahaya yang bersifat artistik atau ciptaan. dibentuk sesuai kebutuhan artistik, mood sebuah adegan atau scene. Jadi arah sumber cahaya (key) dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan artistic gambar atau mood dari adegan tersebut.

MENURUT TEMPAT Indoor Pencahayaan di dalam ruangan / indoor misalnya pencahayaan yang sudah ada (lampu neon atau lampu pijar). Pencahayaan ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan shooting, walaupun bisa jadi banyak kelemahan, diantaranya intensitas cahaya yang dihasilkan terlalu rendah untuk kepentingan shooting. Dengan teknologi video digital hal ini masih bisa diakali dengan menaikaniris, walau demikian pasti ada batas toleransinya. Ketika kita menaikan f – stop di kamera, mungkin gambar yang dihasilkan akan tampak grainy / bintik – bintik. Outdoor Ketika kita akan shooting di luar ruangan / exterior pada siang hari yang harus diperhatikan adalah arah matahari. Tidak terlalu disarankan untuk shooting dari jam 11 hingga jam 1 siang, karena cahaya matahari sedang terik – teriknya dan mungkin berada persis di atas obyek, yang artinya akan menimbulkan bayangan. Untuk menurunkan intensitas cahaya yang terlalu kuat, anda bisa memanfaatkan filter Neutral Density / ND yang ada pada kamera. Dengan menggunakan filter ini, cahaya yang berlebihan akan direduce / dikurangi sehingga menjadi normal.

Menurut Arah Top Light Cahaya yang datang dari arah atas subjek, sebahai cahaya dasar yang dapat menciptaakan suasana tertekan pada subjek. Eye Light Cahaya yang ditujukan pada posisi mata subjek guna untuk menguatkan kekuatan yang dimunculkan dari mata . Accent Light Cahaya yang dibuat sebagai aksen diluar subjek untuk menciptakan kedalaman dan mood tertentu. Biasanya ditujukan pada background

KUALITAS CAHAYA Hard light Disebut dengan cahaya keras yang dihasilkan dari sumber cahaya dengan intensitas yang tinggi, cahaya lebih bersifat spot. Menghasilkan kekontrasan yang tinggi dan bayangan yang keras (gelap – terangnya). Soft light Disebut juga cahaya yang lembut karena dihasilkan dari sumber terpendar dan halus biasanya cahaya yang dipancarkan adalah flood dan dibarengi dengan filter atau elemen penghalus pemendaran cahaya.Kontras yang dihasilkan lebih tipis sehingga bayangan yang dihasilkan juga tidak keras.

PRINSIP DASAR TATA CAHAYA Key Light, Pencahayaan utama yang diarahkan pada objek. Keylight merupakan sumber pencahayaan paling dominan. Biasanya keylight lebih terang dibandingkan dengan fill light. Dalam desain 3 poin pencahyaan, keylight ditempatkan pada sudut 45 derajat di atas subjek Fill Light. Fill light, Pencahayaan pengisi, biasanya digunakan untuk menghilangkan bayangan objek yang disebabkan oleh key light. Fill light ditempatkan berseberangan dengan subyek yang mempunyai jarak yang sama dengan keylight. Intensitas pencahyaan fill light biasanya setengah dari key light.  Back Light, Pencahayaan dari arah belakang objek, berfungsi untuk meberikan dimensi agar subjek tidak “menyatu” dengan latar belakang. Pencahyaan ini diletakkan 45 derajat di belakang subyek. Intensitas pencahyaan backlight sangat tergantung dari pencahayaan key light dan fill light, dan tentu saja tergantung pada subyeknya. Misal backlight untuk orang berambut pirang akan sedikit berbeda dengan pencahayaan untuk orang dengan warna rambut hitam.