KREATIVITAS & PRO AKTIF

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TF 308 Etika Profesi dan Pengembangan Diri
Advertisements

MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS I-III
S ELAMAT DATANG DI PRESENTASI NAMA : TRIE ENDRI ANIE KELAS : X AP.
Program Orientasi Pendidikan
Pengantar Kewirausahaan
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )
Paket 7 Metode dan Media dalam Pembelajaran PKn MI
“Good thinking”: apa dan bagaimana?
BAHAN KULIAH PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT (2)
KREATIVITAS, INOVASI DAN BERPIKIR OUT OF THE BOX
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS.
TIDAK MENYUAP MELAINKAN……… MERANGSANG NAFSU MAKAN.
Oleh: Michael Jhon dan Alfiando M
Kreativitas, Inovasi, dan Berpikir Out of The Box
MATERI II Pribadi & Sikap Kewirausahaan.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI SMK
PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SEMESTER 1
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
MERANCANG PEMBELAJARAN IPA DI SD PERTEMUAN 13
Pengertian dan Teknik Kreatif dan Inovatif
KRITERIA KOMPETENSI / MATERI PENTING
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS I-III
Kreatifitas Pertemuan ke 3.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )
PERENCANAAN.
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
Materi pembelajaran untuk SMK
Unik Ambar Wati STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SD Unik Ambar Wati
PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN
PBIS 4500 Materi 7 Teknik-teknik Menjawab Soal TAP Bahasa Inggris
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
PANDUAN PENYUSUNAN RPP
Masalah dan Hipotesis Penelitian Ilmiah A - Masalah Penelitian Ilmiah
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
Sesi Kreativitas Nama Penyaji.
Mendiskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan
KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR
TIDAK MENYUAP MELAINKAN……… MERANGSANG NAFSU MAKAN.
MACAM METODE BERPIKIR KREATIF (1)
Model problem based learning
TELECENTER SEBAGAI FASILITATOR PERUBAHAN KOMUNITAS
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Mengembangkan Semangat Wirausaha
Wirausaha review.
PERKEMBANGAN KREATIVITAS
Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
MACAM METODE BERPIKIR KREATIF (2)
Perumusan Visi dan Visi Bisnis
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS I-III
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS I-III
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
TEK EKSPLANASI BAHASA INDONESIA KASMAN, S. Pd.
KP.2. Potensi Peserta Didik Tujuan pembelajaran hakekatnya adalah membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal, oleh karena itu.
Transcript presentasi:

KREATIVITAS & PRO AKTIF

KREATIVITAS & PRO AKTIF A. Tujuan Memahami tentang kreativitas dan menerapkannya dalam pengembangan ide dan pemecahan masalah. Memahami tentang sikap pro aktif dan dapat menerapkannya dalam mengembangkan sekolah. B. Ruang Lingkup Materi Pengertian tentang kreatif dan pro aktif Ciri-ciri kreatif dan pro aktif Proses berpikir kreatif Kegunaan berpikir kreatif Metode pengembangan ide

PENGERTIAN Kreatif adalah kemampuan untuk mendapatkan ide-ide baru atau mengimprovisasikan ide-ide yang telah lama dan menyusun kembali sehingga menjadi baru. (June King Mc Free, 1970) Kreatif adalah insting yang dimiliki oleh setiap orang dalam memecahkan masalah hidup. (Lowenfeld, 1980) Berpikir kreatif adalah suatu upaya untuk menghubungkan benda-benda atau gagasan-gagasan yang sebelumnya tidak berhubungan. (Rowlinson, 1981) Pro aktif adalah kemampuan menampung berbagai akibat dari perkembangan dan perubahan yang terjadi, serta mampu mempengaruhi arah dan perkembangan itu agar dapat menguntungkan organisasi. (Siagian, 1991)

CIRI-CIRI KREATIF Mampu menghasilkan ide yang banyak dalam waktu yang singkat Mampu menghubungkan dan menggabungkan ide yang berbeda menjadi ide yang utuh Mampu mengembangkan hal yang sederhana menjadi sesuatu yang lengkap Mampu bekerja secara lengkap dan kompleks Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi Berani mengambil resiko Cepat tanggap dan mandiri Suka mencari ide-ide yang unik

PROSES BERPIKIR KREATIF CIRI-CIRI PRO AKTIF Mampu mengambil inisiatif yang diyakini kebenarannya Mampu mengenali berbagai hal yang mempengaruhi pekerjaan atau organisasi, baik yang bersifat intern maupun ekstern Mampu memberikan reaksi positif terhadap masalah yang timbul PROSES BERPIKIR KREATIF Tahap persiapan Melaksanakan usaha Inkubasi Munculnya ilham Evaluasi

KEGUNAAN BERPIKIR KREATIF Mendapatkan Gagasan Baru Pemecahan Masalah Menilai Ulang PROSES BERPIKIR KREATIF Brain Storming Brain Writing Synectic Attitude Listing Forced Relationship Morphological Analysis Scamper

PROSES BERPIKIR KREATIF 1. Brain Storming Merupakan proses curah pendapat secara berkelompok Pendapat yang terkumpul dicatat dan diidentifikasi sampai didapatkan butir-butir yang penting 2. Brain Writing Setiap orang menuliskan pendapatnya di atas kertas Pendapat yang terkumpul dianalisis untuk menghasilkan poin-poin penting 3. Synectic Persoalan Analisis Perumusan ulang inti persoalan Pengembangan gagasan Menentukan jalan keluar

PROSES BERPIKIR KREATIF(lanjutan) 4. Attitude Listing Bentuk dan karakteristik obyek diidentifikasi dan dicatat Masing-masing bentuk dan karakteristik obyek dipelajari secara terpisah Lalu dianalisis untuk kemungkinan ditingkatkan atau dirubah 5. Forced Relationship Menggabungkan dua atau lebih obyek yang tidak memiliki kaitan untuk menghasilkan sesuatu yang baru 6. Morphological Analysis - Teknik ini hampir sama dengan attitude listing, hanya dalam pelaksanaannya semua variasi permasalahan didaftar dan dicatat untuk dicari kemungkinan kombinasi yang baru

PROSES BERPIKIR KREATIF(lanjutan) 7. Scamper - Merupakan suatu daftar pertanyaan untuk merangsang keluarnya ide-ide yang unik. Scamper adalah : S C A M P E R = Subtitude = Combine = Adapt = Modify, Minify, Magnify = Put to other uses = Eliminate = Rearange, Reverse Dapatkah ini diganti dengan yang lain? Dapatkah ini dikombinasikan dengan itu? Dapatkah hal ini disesuaikan dengan kondisi yang ada? Dapatkah hal ini dirubah, diperkecil, diperbesar? Dapatkah ini digunakan untuk kepentingan yang lain? Dapatkah bagian-bagian ini dihilangkan? Dapatkah hal ini disusun kembali atau dapatkah hal ini dikerjakan dari sebaliknya?