Notification, Dialog, dan Intent

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

PROSEDUR 1 Prosedur Adakalanya ketika kita membuat program, ada beberapa kode program yang ditulis berulang-ulang. Hal ini tentu saja menyita waktu dan.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Perancangan Pencatatan Transaksi Formulir Pertemuan 23 s.d 24 Matakuliah: F0712 / Lab Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2007.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Membuat Form Pertemuan 04
Pengaktifan Activity secara Explicit
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Referensi Cepat untuk Video
High Level User Interface
Inheritance dan Kata Kunci static
Perancangan Formulir Pertemuan 11 s.d 12
Konsep Teknologi Informasi a
C. Manajemen File dengan Windows Explorer
Operating System Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Kelompok Teknologi Informasi dan komunikasi Penyusun : Ahadiat,S.ST Dadang Abdurrakhman,S.Pd.
MIDP High-Level User Interface
Membuat Table Pertemuan 3
POLYMORPHISM.
Referensi Cepat untuk Suara
Constructor overloading
Content Provider pada Android
TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
MIDlet User Interface (2)
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
Android database sqlite
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Notification, Dialog, dan Intent

Kelompok 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah Tika Sari Nur Maya Bella S Ferdatama NH

Notification Pemberitahuan adalah pesan yang bisa Anda tampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi. Bila Anda memberi tahu sistem untuk mengeluarkan pemberitahuan, pemberitahuan akan muncul lebih dahulu sebagai ikon dalam area pemberitahuan. Untuk melihat detail pemberitahuan, pengguna membuka laci pemberitahuan. Berikut contohnya: Gambar 1. Pemberitahuan di area pemberitahuan. Gambar 2. Pemberitahuan di laci pemberitahuan.

Membuat Pemberitahuan Anda menetapkan informasi dan tindakan UI bagi pemberitahuan dalam objek NotificationCompat.Builder. Untuk membuat pemberitahuan itu sendiri, panggil NotificationCompat.Builder.build(), yang akan mengembalikan objek Notification berisi spesifikasi Anda. Untuk mengeluarkan pemberitahuan, Anda meneruskan objek Notification ke sistem dengan memanggil NotificationManager.notify(). Isi Pemberitahuan Objek Notification harus berisi yang berikut ini: Ikon kecil, yang diatur dengan setSmallIcon() Judul, yang diatur dengan setContentTitle() Teks detail, yang diatur dengansetContentText() Tindakan Pemberitahuan Walaupun bersifat opsional, Anda harus menambahkan setidaknya satu tindakan pada pemberitahuan. Tindakan memungkinkan pengguna beralih langsung dari pemberitahuan ke Activity dalam aplikasi Anda, tempat pengguna bisa melihat satu atau beberapa kejadian atau melakukan pekerjaan lebih jauh

Prioritas Pemberitahuan Jika diinginkan, Anda bisa mengatur prioritas pemberitahuan. Prioritas berfungsi sebagai petunjuk bagi UI perangkat tentang cara menampilkan pemberitahuan. Untuk mengatur prioritas pemberitahuan, panggil NotificationCompat.Builder.setPriority() dan teruskan salah satu konstanta prioritasNotificationCompat. Ada lima level prioritas, mulai dari PRIORITY_MIN (-2) hingga PRIORITY_MAX (2); jika tidak diatur, prioritas default akan ditetapkan PRIORITY_DEFAULT (0). Membuat Pemberitahuan Sederhana Berikut mengilustrasikan pemberitahuan sederhana yang menetapkan aktivitas untuk dibuka bila pengguna mengklik pemberitahuan. Perhatikan bahwa kode ini membuat objek TaskStackBuilder dan menggunakannya untuk membuat PendingIntent untuk tindakan.

Mengelola Pemberitahuan Bila perlu mengeluarkan pemberitahuan beberapa kali untuk tipe kejadian yang sama, hindari membuat pemberitahuan yang sama sekali baru. Sebagai gantinya, Anda harus mempertimbangkan untuk memperbarui pemberitahuan sebelumnya, baik dengan mengubah sebagian nilainya atau dengan menambahkan nilai, atau keduanya. Memperbarui Pemberitahuan Berikut memperagakan pemberitahuan yang diperbarui untuk mencerminkan jumlah kejadian yang telah terjadi. Cuplikan ini menumpuk pemberitahuan, yang menampilkan rangkuman: Menghapus Pemberitahuan Pemberitahuan tetap terlihat hingga salah satu kejadian berikut terjadi: Pengguna menghilangkan pemberitahuan satu per satu atau dengan menggunakan "Clear All" (jika pemberitahuan bisa dihapus). Pengguna mengklik pemberitahuan, dan Anda memanggil setAutoCancel() bila Anda telah membuat pemberitahuan. Anda memanggil cancel() untuk ID pemberitahuan tertentu. Metode ini juga menghapus pemberitahuan yang berjalan. Anda memanggil cancelAll(), yang menghapus semua pemberitahuan yang dikeluarkan sebelumnya.

Metadata Pemberitahuan Pemberitahuan dapat disortir sesuai metadata yang Anda tetapkan dengan metode NotificationCompat.Builder berikut: setCategory()  memberi tahu sistem cara menangani pemberitahuan aplikasi Anda bila perangkat berada dalam mode Priority (misalnya, jika pemberitahuan menyatakan suatu panggilan masuk, pesan instan, atau alarm). setPriority() menyebabkan pemberitahuan dengan bidang prioritas diatur ke PRIORITY_MAXatau PRIORITY_HIGH muncul dalam jendela kecil mengambang jika pemberitahuan juga memiliki suara atau getaran. addPerson() memungkinkan Anda menambahkan daftar orang ke pemberitahuan. Aplikasi Anda bisa menggunakannya untuk memberi isyarat pada sistem bahwa sistem harus mengelompokkan bersama pemberitahuan dari orang-orang yang ditetapkan, atau memberi peringkat lebih penting pada pemberitahuan untuk orang-orang ini. Mengatur Visibilitas Aplikasi Anda bisa mengatur level detail terlihat pada pemberitahuan yang ditampilkan di layar kunci aman. Anda memanggil setVisibility() dan menetapkan salah satu nilai berikut: VISIBILITY_PUBLIC menampilkan isi lengkap pemberitahuan. VISIBILITY_SECRET tidak menampilkan bagian apa pun dari pemberitahuan ini pada layar kunci. VISIBILITY_PRIVATE menampilkan informasi dasar, misalnya ikon dan judul isi pemberitahuan, namun menyembunyikan isi lengkap pemberitahuan.

Dialog Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan. Contoh dialog:

AlertDialog : Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. DatePickerDialog atau TimePickerDialog : Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu.

Intent Intent adalah objek yang menyediakan waktu proses yang mengikat komponen-komponen terpisah, misalnya dua activity. Intentmenyatakan "intent untuk melakukan sesuatu" dari aplikasi. Anda bisa menggunakan intent untuk berbagai jenis tugas, tetapi dalam pelajaran ini, intent Anda akan memulai activity lain.

Penerapan Notification mNotificationManager =         (NotificationManager) getSystemService(Context.NOTIFICATION_SERVICE); // Sets an ID for the notification, so it can be updated int notifyID = 1; mNotifyBuilder = new NotificationCompat.Builder(this)     .setContentTitle("New Message")     .setContentText("You've received new messages.")     .setSmallIcon(R.drawable.ic_notify_status) numMessages = 0; // Start of a loop that processes data and then notifies the user ...     mNotifyBuilder.setContentText(currentText)         .setNumber(++numMessages);     // Because the ID remains unchanged, the existing notification is     // updated.     mNotificationManager.notify(             notifyID,             mNotifyBuilder.build());

Penerapan Dialog         // set title dialog         alertDialogBuilder.setTitle("Keluar dari aplikasi?");         // set pesan dari dialog         alertDialogBuilder                 .setMessage("Klik Ya untuk keluar!")                 .setIcon(R.mipmap.ic_launcher)                 .setCancelable(false)                 .setPositiveButton("Ya",new DialogInterface.OnClickListener() {                     public void onClick(DialogInterface dialog,int id) {                         // jika tombol diklik, maka akan menutup activity ini                         TWOHAlertDialog.this.finish();                     }                 })                       .setNegativeButton("Tidak",new DialogInterface.OnClickListener() {                     public void onClick(DialogInterface dialog, int id) {                         // jika tombol ini diklik, akan menutup dialog                         // dan tidak terjadi apa2                         dialog.cancel();                     }                 });                  

Penerapan Intent  public class MainActivity extends AppCompatActivity {     public static final String EXTRA_MESSAGE = "com.example.myfirstapp.MESSAGE";     @Override     protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {         super.onCreate(savedInstanceState);         setContentView(R.layout.activity_main);     }     /** Called when the user taps the Send button */     public void sendMessage(View view) {         Intent intent = new Intent(this, DisplayMessageActivity.class);         EditText editText = (EditText) findViewById(R.id.editText);         String message = editText.getText().toString();         intent.putExtra(EXTRA_MESSAGE, message);         startActivity(intent);     } }

Referensi https://developer.android.com/training/basics/firstapp/starting-activity.html?hl=id https://developer.android.com/guide/topics/ui/dialogs.html?hl=id https://developer.android.com/guide/topics/ui/notifiers/notifications.html https://www.twoh.co/2017/01/07/tutorial-cara-membuat-alert-dialog-sederhana-di-android/

TERIMAKASIH…