Abstraction Andika Elok Amalia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemodelan Keputusan Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [2]:
Advertisements

Penyelesaian Masalah Dengan AI
Teori-Teori Belajar IPA
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Pengembangan PL Ahmat Adil.
Algoritma dan Pemrograman
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
TUGAS PENHENDALIAN KULITAS RESUME JURNAL
APLIKASI RESEP MENU MASAKAN NUSANTARA DENGAN THERESIA
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Berpikir.
Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Model Proses.
Kelompok 5 : Asdin Ines Lestari Neng Susanti Siti Robiahtul Adawiyah Vena Senja Maba SOFTWARE REQUIREMENTS.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Rekayasa Perangkat Lunak
Skenario Diagram.
Pengantar UML.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Pertemuan 22 BACKTRACKING
proses PERANGKAT LUNAK
MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Berpikir Kritis (Critical Thinking)
BERFIKIR Tujuan Pembelajaran : Memahami elemen Kognisi
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
BASIS PENGETAHUAN DAN METODE INFERENSI
BAB I ILMU PENGETAHUAN, METODE ILMIAH, DAN PENELITIAN I - 1 INDEX
Pelaksanaan Solusi Bisnis & Pengelolaan Perubahan
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan-2 PROSES PENELITIAN, PERUMUSAN MASALAH DAN TUJUAN, DAN STUDI LITERATUR
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Pemodelan Keputusan Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [2]:
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perangkat Lunak Oleh: Ika Novita Dewi|Universitas Dian
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Bina Sarana Informatika
METODOLOGI PENELITIAN
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
TUJUAN SETELAH MEMPELAJARI PENGGALAN 2,
Kerangka Kerja Zachman (Zachman framework)
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pemrograman & Dasar Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) PALANGKARAYA
BAB I ILMU PENGETAHUAN, METODE ILMIAH, DAN PENELITIAN I - 1 INDEX
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Suksma Ratri.
Sistem Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Sistem Informasi UNIKOM
BAB I ILMU PENGETAHUAN, METODE ILMIAH, DAN PENELITIAN I - 1 INDEX
Dosen Pengampu : GUNAWAN.ST.,MT
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Mengidentifikasi Masalah
Dasar Konstruksi Pemrograman
Rekayasa Perangkat Lunak Bag-2
Transcript presentasi:

Abstraction Andika Elok Amalia

Capaian Pembelajaran Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar berpikir komputasi (khususnya abstraction)

Review Pattern Recognition ?

Introduction Pada computational thinking ketika kita mendapatkan sebuah masalah tahapan apa yang dilakukan? Membagi masalah menjadi sub masalah (problem decomposition) Mencari pola pada sub masalah-masalah tersebut yang akan menghasilkan solusi untuk masalah besarnya

Aspek Utama Berpikir Komputasi ?

Abstraction Proses penyaringan/ mengabaikan karakteristik pola yang tidak kita butuhkan untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang akan lakukan. Selain itu, proses ini juga melakukan penyaringan dari rincian spesifik (Spesific details) Pada tahap ini akan dibuat representasi (ide) dari apa yang ingin kita selesaikan.

Masih Ingat Bagaimana Pola untuk Menggambar Kucing Dasar ?

What are specific details or characteristics? [1] Kucing memiliki karakteristik umum, yang umum terjadi pada semua kucing, misalnya mata, ekor, bulu, keinginan ikan dan kemampuan untuk membuat suara mengeong Selain itu, setiap kucing memiliki ciri khas, seperti bulu hitam, ekor panjang, mata hijau, suka salmon, dan memiliki suara nyaring dan keras. Rincian ini dikenal sebagai spesifik.

What are specific details or characteristics? [2] Untuk menggambar kucing dasar, kita perlu tahu bahwa ia memiliki ekor, bulu dan mata. Karakteristik ini relevan. Kita tidak perlu tahu bagaimana suara kucing yang dibuat atau ikan yang disukai. Karakteristik ini tidak relevan dan bisa disaring Kita perlu tahu bahwa kucing memiliki ekor, bulu dan mata, tapi kita tidak perlu tahu ukuran dan warnanya. Spesifik ini bisa disaring

Abstraction [2] Dari karakteristik umum yang kita miliki (ekor, bulu, mata) kita dapat membangun ide dasar seekor kucing, yaitu seperti apa kucing pada dasarnya. Begitu kita tahu seperti apa seekor kucing kita dapat menggambarkan cara menggambar kucing dasar (membuat modelnya)

Abstraction [3]

Why is Abstraction Important?[1] Abstraksi memungkinkan kita untuk membuat gagasan umum tentang apa masalahnya dan bagaimana mengatasinya. Proses menghapus semua detail spesifik, dan pola apa pun yang tidak akan membantu kami mengatasi masalah membantu kita membentuk gagasan kita tentang masalah. Ide/gagasam tersebut dikenal sebagai 'model'.

Why is Abstraction Important?[2] Jika kita tidak membuat abstrak, masalah yang sedang kita pecahkan mungkin berakhir dengan solusi yang salah. Contoh : kucing , jika kita tidak melakukan abstraksi, kita mungkin berpikir bahwa semua kucing memiliki ekor panjang dan bulu pendek.

Contoh [1] Saat membuat kue, kita mengetahui : Kue membutuhkan bahan Setiap bahan memiliki takaran tertentu Kue membutuhkan waktu hingga matang Saat melakukan abstraksi, hapuslah detail spesifik dan jaga pola umum yang relevan.

Contoh [2] Pola Umum Rincian Spesifik Kita perlu tahu bahwa kue membutuhkan bahan-bahan Kita tidak perlu tahu apa ramuan/bahannya Kita perlu tahu bahwa masing-masing bahan memiliki takaran tertentu Kita tidak perlu tahu berapa besar takarannya Kita perlu tahu bahwa setiap kue memerlukan waktu tertentu untuk dipanggang Kita tidak perlu tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan

Membuat Model [1] Model adalah gagasan umum (representasi) tentang masalah yang sedang kita coba selesaikan

Membuat Model [2] Misalnya, kucing model akan menjadi kucing mana saja. Bukan kucing tertentu dengan ekor panjang dan bulu pendek. Jadi modelnya yang mewakili semua kucing. Begitu pula saat memanggang kue, modelnya tidak akan menjadi kue yang spesifik, seperti kue bolu atau kue buah. Sebagai gantinya, model itu harus mewakili semua kue. Dari model ini kita bisa belajar cara memanggang kue apapun, dengan menggunakan pola yang berlaku untuk semua kue.

Contoh Model (X+Y)2  Luas Lingkaran Arsitek sering menggunakan model fisik bangunan mereka untuk menyoroti estetika struktur eksterior Pembuat film menggunakan papan cerita untuk membuat model film dalam hal adegan terpisah Dst Begitu kita memiliki model masalah kita, kita kemudian bisa merancang sebuah algoritma untuk menyelesaikannya

Manfaat Model Dalam dunia perangkat lunak model merupakan hal yang sangat penting. Sampai pada akhirnya dapat menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas

Model yang digunakan dalam bidang Komputer khususnya Rekayasa Perangkat Lunak Flowchart ER Diagram Diagram Use Case Diagram Activity

Kuis Abstraction Download soal pada : http://elok.dosen.st3telkom.ac.id/

Thanks! Any questions?