Aqwam Rosadi K Game Development.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengembangan Sistem Informasi
Advertisements

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang sangat pesat. Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang sangat pesat. Kurangnya penggunaan TI dalam aktivitas.
Service-Level Agreements (SLA)
Pentingnya sistem informasi bagi organisasi
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
Manajemen Proyek Sistem Informasi
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang BK
Permainan (Games) Edukatif
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
SESI X: STARTING NEW VENTURE
Konsep & Prinsip Analisis
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
PEMBUATAN GAME “CUT OFF” DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 Megarani Tiara Putri, for further detail, please visit
>>0 >>1 >> 2 >> 3 >> 4 >> ORGANISASI KOMP. & ARSITEKTUR KOMP. Oleh Denny Setyo R
Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
TEKNOLOGI INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Proses Dari Desain Interaksi
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Storyboard.
Management Information Systems, 9th edition,
Information Systems, Organizations, and Strategy
Pertemuan I Multimedia (Teori)
2. Proses Pengembangan Dan Organisasi
System Development Life Cycle (SDLC)
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
KORNELIUS BANDONO PENGENDALIAN DAN PENJAMINAN MUTU
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Playtesting Pemrograman Game.
Konsep Manajemen Informasi
Perangkat Lunak Aplikasi
Anna dara andriana., M.kom
Pertemuan 03 Materi : Buku Wajib & Sumber Materi :
Pemrograman Web (Dulu Pemrograman Web Dasar) 4 SKS / Teori dan Praktek
Dasar Komputer dan Internet
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
Pemrograman Game.
Introduction to Video Games
PROGRAM TEAM KERJA DAN AKTIVITAS USAHA
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
TEORI GAME DINAMIS PENGANTAR TEORI GAME.
Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
Aqwam Rosadi K Game Development.
The Media Industries: Segments, Structures, and Similarities
Proses Dari Desain Interaksi
Menyelaraskan Pengelolaan Pengetahuan dengan Strategi Bisnis
PENGEMBANGAN SISTEM Muhammad Hidayat, SE.
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
Interaksi Manusia dan Komputer
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Pengujian Konsep DIAN MARDI SAFITRI.
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang BK
Mata Kuliah New Media : Perkenalan
Pertemuan 8 Rekayasa Kebutuhan
Minggu 5 DIAN MARDI SAFITRI
PENGEMBANGAN SISTEM.
Hanya digunakan di lingkungan Universtias
Information Systems, Organizations, and Strategy
Pengembangan Sistem Informasi
Tahap-Tahap Pembangunan Sistem e-Business
Pengembangan Sistem Informasi
Proses Rekayasa Kebutuhan
Aditya Permana FAKULTAS DESAIN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
Transcript presentasi:

Aqwam Rosadi K Game Development

Buku Referensi Fullerton T; Swain C; Hoffman S., 2004, Game Design Workshop: Designing, Prototyping, and Playtesting Games, CMP Books, San Fransisco Fullerton T; Swain C; Hoffman S., 2008, Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games Second Edition, Elsevier Inc, USA

Pengenalan Game Development Apa perbedaannya? Software Film Video Games

Perbedaannya: Bersifat Interaktif dibanding film Konten dari game sebagai medianya dibanding software Lebih memiliki unsur FUN dibanding yang lain

Video Game memiliki semua! Art Tech & Science Business

Video Game itu KOMPLEKS! Gameplay GUI Script Game Engine Shader Lightmaps 3D Modelling Post Processing Story SFX Prototype Physics Level Design

Situasi Nyata: Gamedev semakin besar sekaligus semakin kompleks (standar industri: AAA) Masuk ke industri gamedev semakin mudah, platform banyak, software gratis, support semakin mudah (internet) Pertumbuhan pasar signifikan setiap tahun, tapi persaingan juga semakin sengit Model bisnis game semakin bervariasi dan berkembang

Target: Game Designer Kenapa memilih Game Designer? Peran Game Designer? Keahlian yang Dibutuhkan? Output Perkuliahan: Membuat konsep & prototipe Game Membuat Game Document

Tahap Pengembangan Konsep Dokumen Desain Demo Teknologi Prototipe Awal ALPHA/BETA Master/Final

Peran Game Designer Pencipta permainan dari sudut pandang pemain itu sendiri Berpengaruh mulai dari tahap awal sampai akhir produksi Berinteraksi langsung dengan semua pihak terkait Penyeimbang kondisi/situasi selama produksi

Keahlian yang Dibutuhkan Komunikasi Kerjasama Tim Tahan dengan tekanan pekerjaan yang tinggi Kreatif Inspiratif Keahlian teknis akan mendukung, tapi tidak menjadi keharusan mutlak

Formal Element Players Procedures Objectives Rules Resources Conflict Boundaries Outcomes

Tugas Pilih 1 jenis game (board game, video game, dsb) yang anda sukai dan anda mahir memainkannya Berikan 5 alasan kenapa anda menyukainya Juga 5 alasan kenapa permainan itu mengasyikkan bahkan kepada orang lain? Coba buat 5 modifikasi dan alasannya untuk menambah variasi dari permainan awal Tugas dikirim via email ke: aqwamrosadi@staff.gunadarma.ac.id paling dalam format Word/PDF