SUMBER BELAJAR
KELOMPOK 1 TUTOR : FIFIA CHANDRA, SKM, MKM. KETUA : YAYAN JULIANTO (0808151390) SEKRETARIS : RIVIANA (0808121195) ANGGOTA AULIA JANER (0808113141) MEGA PURNAMA SARI (0808113059) APRI YOLA (0808113140) HUMAIRAH AYUNDA PUTRI (0808121343) ITHERMAYANTI (0808121293) ARDILA USMAN (0808151350) MARLINA ZULAS (0808151326) POPPY ZINDI HANA DESTI (0808151277) ANDIKA SISWANTA (0808113053) SITI BUDIANGGI AZMI (0808151278)
SUMBER BELAJAR Sumber belajar terbagi dua yaitu: Media belajar Teknologi informasi
Media Belajar Media Instruksional Cetak Transparansi OHP 35 mm Slide Video Rekaman Suara
Media Instruksional Cetak Media yang paling banyak digunakan Tidak memerlukan biaya yang besar Sejumlah prinsip harus dipenuhi supaya dapat menjamin efektivitas dari media tersebut untuk memfasilitasi proses belajar mengajar Mempunyai teknologi yang relatif stabil Dipengaruhi oleh proses spesifik berupa kemampuan membaca
Transparansi OHP Secara luas digunakan sebagai media komunikasi dalam pendidikan. Mempunyai beberapa kelebihan antara lain: mudah digunakan dapat digunakan untuk kelas besar atau kecil tidak memerlukan sistem pencahayaan khusus biaya relatif murah menjamin adanya kontak visual dengan audiens memberikan informasi yang relevan
35 mm Slide Menghasilkan suatu visualisasi yang sesuai dengan keadaan sebenarnya Detil dari sesuatu objek dapat dilihat dengan jelas
Video Kelemahan seperti: memerlukan teknologi yang tinggi kualitas video yang dihasilkan biaya yang cukup besar tenaga ahli yang kompeten
Rekaman Suara Bermanfaat dalam pendidikan kedokteran, misalnya untuk mendengarkan dan membedakan bunyi pernafasan dan bunyi jantung, baik yang normal maupun yang tidak normal Kemampuan untuk menghasilkan suara yang sesuai dengan keadaan sebenarnya Kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan secara verbal
TEKNOLOGI INFORMASI Sumber teknologi informasi: Internet Pembelajaran dengan Media Elektronik
internet Keuntungan belajar mengunakan internet: -Materi abstrak (diluar pengalaman sehari-hari) -Visualisasi dan Simulasi -Interaktif dan Multimedia -Kekuatan Hypertext (dibandingkan Buku) -Memudahkan memilih, mensintesa dan mengkolaborasi -Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban belajar
--Penggambaran ulang object belajar dan pola pikir siswa -Meningkatkan retensi/daya ingat siswa dengan belajar secara multimedia --Memperjelas pesan agar tidak verbalis -Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan tenaga -Menimbulkan gairah belajar, interaksi langsung antara siswa dan sumber belajar -Memungkinkan siswa belajar mandiri, sesuai bakat, kemampuan visual, auditori & kinestetiknya -Memberikan rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama -Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar -Pembelajaran dapat lebih menarik
Pembelajaran dengan Media Elektronik Konsep pembelajaran e-learning pada awalnya merupakan konsep pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik, baik berupa teks, audio maupun video, baik media offline maupun online sehingga materi pembelajaran dapat disampaikan secara lebih efektif dan efisien.
SEKIAN