PROGRAM PASCA SARJANA KEUANGAN SYARIAH STIE AHMAD DAHLAN JAKARTA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sistem Pendidikan Islam di Indonesia dan Pembaharuannya
Advertisements

5 JULI AGENDA-AGENDA MENDASAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI DIY WURYADI KETUA DEWAN PENDIDIKAN DIY.
Organisasi Otonom Aisyiyah.
DUA KISAH BERBEDA TENTANG MADRASAH
Hakikat PKn.
K.H. Ahmad Dahlan BY : REYHAN SAVERO/30 (6D).
PAHLAWANKU.
PROSES BERDIRINYA MUAHAMMADIYAH
BAB 4 UNSUR PEMBANTU PIMPINAN DAN ORGANISASI OTONOM DALAM MUHAMMADIYAH
“Seminar Sehari UHAMKA Menyongsong Masa Depan”
Pengarang : Caroline Chapman, dkk.
HIKMAH PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
Pendidikan Islam pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
Alvin Toffler, mengatakan bahwa salah satu gejala negatif
Bismillahirrahmaanirrahiim Assalam’alikum Wr,wb
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN SOSIAL
KEBANGKITAN NASIONAL Oleh: Ulya Fuhaidah.
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN PENDIDIKAN
Pertemuan ke-3.
Pergerakan Wanita Dalam Pergerakan Nasional
BAB VIII SEJARAH PENDIDIKAN DI INDONESIA
KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH MERAJUT PERADABAN INDONESIA
K.H. FAQIH USMAN KELOMPOK 6 ANGGOTA : 1. AMARAL SAFIAR I. ( 4 )
Kepribadian muhammadiyah
“GAGASAN TOKOH-TOKOH PENDIDIKAN”
Profil kh ahmad azhar basyir
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
BIO DATA NARASUMBER Nama : Drs. H. DAH SAEPULLAH, M.M.Pd.
ORGANISASI MUHAMMADIYAH
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
PROGRAM KERJA MPDM
<Permasalahan dalam pendidikan> Pertemuan <7>
PERMASALAHAN DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS
TUGAS KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 6
3. Kebijakan Pemerintah dalam bidang keagamaan
EVALUASI PEMUTAKHIRAN DATA SEMESTER GANJIL
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
PESANTREN SEBAGAI KIBLAT POLA PENDIDIKAN UNGGUL
BAB 3 MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA
STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI PROSES KEBANGKITAN NASIONAL.
Tugas liburan kemuhammadiahan
Masjid dan Fungsinya bagi Masyarakat
Diskripsi Keberagaman Bangsa Indonesia
KERJA BESAR untuk PERUBAHAN BESAR
KE – ORTOM - AN Oleh : M. Yusup.
Organisasi Pergerakan
Pendidikan Dalam Muhammadiyah
PEDOMAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH
2011 PESANTREN SEBAGAI KIBLAT POLA PENDIDIKAN UNGGUL OLEH:
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
TANTANGAN PENDIDIKAN, & SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Pengertian Kode Etik Guru Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA PENJAJAHAN
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH UMUM Materi Ke 6.
Sejarah Peradaban Islam pada Masa Pra dan Pasca Kemerdekaan di Indonesia Kelompok 12 : Ulfa Muwahidah Vony Juliantika.
ALIRAN-ALIRAN POKOK PENDIDIKAN Jl. Raya Dukuhwaluh Purwokerto 53182
PRESENTASI PPKN Anggota Kelompok : - Elizabeth M P (8B/9)
PENGELOLAAN SEKOLAH, MADRASAH DAN PESANTREN MUHAMMADIYAH YANG BERKEMAJUAN Oleh : Baedhowi Ketua Majelis Dikdasmen PPM Disampaikan pada acara Rakornas.
KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM RANGKA PENINGKATAN KERUKUNAN BERAGAMA Oleh: Drs. H. Marjanis, M.Pd. (Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Barat) Disampaikan.
SAYYIDATUT TASHLIYAh( )
SINERGI IMPLEMENTASI PERKADERAN DI SEKOLAH/MADRASAH MUHAMMADIYAH
BADAN AKREDITASI PROVINSI SEKOLAH/MADRASAH (BAP S.M) JAWA BARAT 12 APRIL 2017.
PERILAKU KONSUMEN JASA PENDIDIKAN (Studi Kasus di MAN 1 Jombang) Disusun oleh: ABD. HARIS NIM: PROGRAM STUDI DOKTORAL MANAJEMEN PENDIDIKAN.
PERILAKU KONSUMEN JASA PENDIDIKAN ABD. HARIS NIM: PROGRAM STUDI DOKTORAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
Oleh : KEPALA BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH
Oleh : KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR
KKN LUAR NEGERI SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2019/2020 KBRI Mumbai-india kbri bangkok-thailand kjri johor bahru-malaysia kjri kuala lumpur-malaysia.
Transcript presentasi:

PROGRAM PASCA SARJANA KEUANGAN SYARIAH STIE AHMAD DAHLAN JAKARTA Fikih Pendidikan Muhammadiyah (Perjuangan dan Amal Usaha Muhammadiyah di bidang Pendidikan)   Dosen Pembimbing: Dr. Manager Nasution, S. Ag, MA       Disusun Oleh:   Afrian Rachmawati (2017.52.0244)        PROGRAM PASCA SARJANA KEUANGAN SYARIAH STIE AHMAD DAHLAN JAKARTA 2017

Jauh sebelum Muhammadiyah resmi berdiri pada tahun 1912, KH Jauh sebelum Muhammadiyah resmi berdiri pada tahun 1912, KH. Ahmad Dahlan telah merintis pendidikan modern yang  memadukan antara pendidikan Barat yang hanya mengajarkan “ilmu-ilmu umum” dan pendidikan Islam yang hanya mengajarkan “ilmu-ilmu agama”. Gagasan pembaharuan Muhammadiyah di dalamnya sudah termasuk gagasan pembaharuan di bidang pendidikan. KH. Dahlan melihat adanya problematika obyektif yang dihadapi oleh pribumi yaitu terjadinya keterbelakangan pendidikan yang takut karena adanya dualisme model pendidikan yang masing-masing memiliki akar dan kepribadian yang saling bertolak belakang. Di satu pihak pendidikan Islam yang berpusat di pesantren mengalami kemunduran  karena terisolasi dari perkembangan pengetahuan dan perkembangan masyarakat modern, di pihak lain sekolah model Barat bersifat sekuler dan nasional mengancam kehidupan batin para pemuda pribumi karena dijauhkan dari agama dan budaya negerinya.

Perjuangan Pendidikan Muhammadiyah Kh Ahmad Dahlan menyadari bendar kondisi umast islam di zamannya. Ia melihat betapa pendidikan Islam yang ada sudah tidak efektif juga kolot dan cenderung untuk mengisolir diri dari pengaruh luar sehingga tidak mampu menghadapi tantangan baru yang dibawa oleh misi Kristen yang ditopang oleh kekuasaan pemerintah Kolonial. Untuk membangun kembali umat Islam, serta memerangi keterbelakangan umat, maka bidang pendidikan harus diberi prioritas yang tinggi. Nampaknya apa yang terjadi menjadi cikal bakal ataupun embrio bagi sistem sekolah modern Muhammadiyah, dimana mata-mata pelajaran baik yang bersifat umum atau agama dimasukkan ke dalam kurikulumnya telah dimulai kira-kira setahun sebelum didirikannya organisasi. Yaitu pada saat pendirian Madrasah Ibtidaiyah Diniyah.

Tahun-tahun awal pendirian sekolah Muhammadiyah juga banyak dialami permasalahan yang cukup berat yang berkaitan dengan tidak dapat diperolehnya guru-guru yang berkualitas sesuai standar yang diterapkan pemerintah kolonial, yang kemudian membuatnya sulit untuk dapat bersaing pada level yang sama dengan sekolah-sekolah system pendidikan modern lainnya. Namun Muhammadiyah tidak perna berkecil hati dan keteguhannya akhirnya membuahkan hasil. Pada tanggal 8 Desember 1921 Muhammadiyah membuka Pondok Muhammadiyah. Pondok Muhammadiyah ini merupakan lanjutan dengan bentuk yang sudah disempurnakan dari yang sebelumnya kursus dirumah KH. Ahmad Dahlan, dirumahnya pada perkembangan berikutnya nama Pondok Muhammadiyah ini berganti menjadi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah.

Semangat yang ditunjukkan Muhammadiyah yang lahir untuk mementingkan pendidikan dan pengajaran yang berdasarkan Islam, baik pendidikan di sekolah/madrasah ataupun pendidikan dalam masyarakat. Maka tidak heran sejak berdirinya Muhammadiyah membangun sekolah-sekolah/madrasah-madrasah dan mengadakan tabligh-tabligh, bahkan juga menerbitkan buku-buku dan majalah-majalah yang berdasarkan islam. Di antara sekolah-sekolah Muhammadiyah yang tertua dan jasanya ialah: Kweekschool Muhammadiyah Yogya. Mu’allimin Muhammadiyah, Solo, Jakarta. Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Zu’ama/Za’imat Yogyakarta. Kuliyah Mubaligin/mubalighat, Padang Panjang. Tablighschool Yogyakarta. H.I.K Muhammadiyah Yogya.

Pada akhir tahun 1923, di Yogyakarta sendiri, system pendidikan modern dari Muhammadiyah ini telah dapat membuka dan menjalankan: 4 Sekolah Klas II (Tweede School) 1 Sekolah H.I.S met de Kur’an (Hollandsche Indlandsche School) 1 Sekolah Kweekschool (sekolah calon guru) Dari Tabel dibawah ini dapat kita lihat perkembangan dari lembaga sekolah yang dijalankan oleh Muhammadiyah dipulau Jawa dan Madura sampai pada tahun 1932.

Amal Usaha Muhammadiyah dalam bidang Pendidikan Menurut database persyarikatan berikut merupakan amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan http://m.muhammadiyah.or.id/id/content-8-det-amal-usaha.html diakses pada 29 Desember 2017  

TERIMA KASIH