X Akomodasi Perhotelan 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Amy Cintya Fitri Pendidikan B. Jepang 2 A
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
TUTORIAL MEMBUAT LOGO “K4KIK UNITED“
Kelas XII Semester I SMA Negeri 2 Bandung Oleh : Fatdiyanto Ashari Sucipto.
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Oleh : Deri Suyatma. PERHATIKAN LANGKAH-LANGKAH BERIKUT !
& Pengenalan perintah menu ( Ikon ) SISTEM OPERASI WINDOWS MODUL 2
TUTORIAL INTERNET. Apabila sudah masuk ke jendela windows seperti di atas, klik tombol ‘START’ di pojok kiri bawah seperti pada gambar.
Header Footer Header adalah teks yang muncul pada halaman atas
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Belajar Adobe Photoshop CS
Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
WINDOWS EXPLORER STRUKTUR DIREKTORI & FILE
KOMPUTER GRAFIS I METODE DASAR 1. Melihat Objek 3D
Pengenalan PowerPoint 2007
Memulai Sebuah Presentasi
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Membuat Report dengan Data Report
SISTEM OPERASI WINDOWS
DATABASE & TABLE.
MEMBUAT GRAFIK Word menyediakan fasilitas untuk membuat grafik.
Pengenalan dan membuat database
Fransiska Prihatini Sihotang, S. SI
WINDOWS EXPLORER STRUKTUR DIREKTORI & FILE
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
WINDOWS EXPLORER STRUKTUR DIREKTORI & FILE
Pengenalan Powerpoint
Field Name / Nama Field Data Type / Tipe Data
Iconic Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
Ega puspitriani Pendidikan B. Jepang 2 A
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. – BPM Pustekkom – Next.
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
WEB DESIGN.
1 Memasukkan dan Memodifikasi Data ke Dalam Tabel Pertemuan 05 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007.
Membuat File Database & Tabel
TUTORIAL AUTOPLAY MEDIA STUDIO
Mengubah Jenis, Ukuran, Cetak Tebal-Miring, dan Warna pada Huruf
MATERI PENGABDIAN MASYARAKAT 2014
Perangkat pengolah kata
B. Membuat Dokumen Baru.
Digitasi peta TM_3.
MS. ACCESS 2007 Oleh : W A R I D I Disampaikan pada mata kuliah Komputer Aplikasi Hukum II Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNIKOM.
Amelia Widyastuti Pendidikan B. Jepang 2 A
Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T
Field Name / Nama Field Data Type / Tipe Data
Perangkat Lunak Pembuat Presentasi
Membuat File Database & Tabel
Microsoft Power Point.
Membuat File Database & Tabel
Pertemuan 5 & 6 Membuat Form secara otomatis Menggunakan tombol Form
Area Kerja Dreamweaver
Pengenalan dan membuat database
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2009
MEMBUAT TABEL DI MICROSOFT ACCESS
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Node Editor Pada Blender
Cara mudah memindahkan gambar AutoCAD ke Ms Word
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
KULIAH -5 TEKNIK MENGOLAH OBJEK DENGAN AUTO CAD
KELOMPOK MASTER SLIDE NAMA KELOMPOK FITRIA NURZUNI
Animasi Banner dengan Flash
Pemrograman GUI dengan Java
Blender UV Mapping Pertemuan 5 Animasi 3D Univ. Darma Persada.
Alika shauma fardanty. SETELAH KITA MASUK KE MICROSOFT WORLD, AKAN TAMPAK LEMBAR KERJA KOSONG. PASTIKAN MENU RULER DIAKTIFKAN. JIKA BELUM KLIK VIEW.
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
NoNamaPenjelasan 1 Header Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render dan Help 2 Viewport tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

X Akomodasi Perhotelan 1 Kelompok 4 : Khusnul Khotimah Laifa Qodariyanti Mey Ernita Sari Nur Lailatul Faizah X Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 1 Jombang

TAHAPAN PRODUKSI : MATERIAL PADA BLENDER

MATERIAL PADA BLENDER VARIASI POLA WARNA PADA OBJEK RENDER IMAGE PENGERTIAN MATERIAL VARIASI POLA WARNA PADA OBJEK RENDER IMAGE TAHAPAN PRODUKSI PADA BLENDER

PENGERTIAN MATERIAL BLENDER

Material adalah proses pewarnaan sebuah objek yang tampak pada permukaan objek tersebut. Material obyek : 1. reflectivity 2. transparency 3. refraction Digunakan untuk menciptakan berbagai variasi warna tingkat kekasaran/kehalusan obyek.

Variasi pola warna pada obyek

Langkah memberikan warna pada obyek ada beberapa tahapan Klik kanan untuk menseleksi objek yang ingin diberikan warna.

Pilih material dengan ikon Pilih new untuk material baru

4. Ubahlah nama “Material 4. Ubahlah nama “Material.001” menjadi “Merah” sebagai contoh objek tersebut diberikan warna merah.

5. Selanjutnya anda dapat memilih Field Box berwarna putih pada Diffuse, lalu ubahlah warna putih tersebut menjadi warna merah. Secara otomatis objek akan langsung berubah menjadi warna merah.

6.Anda dapat melakukan kembali langkah di atas dengan memberikan warna pada bagian objek yang lain. Buatlah hingga menjadi seperti gambar berikut.

RENDER IMAGE

1. Pilih View Camera

2. Untuk dapat mengambil sudut kamera yang tepat anda dapat melakukan pengaturan penglihatan kamera, dengan langkah tekan tombol N lalu berikan ceklis Field Box kosong Lock Camera to View.

3.Selanjutnya Anda dapat melakukan perubahan pengambilan posisi kamera dengan menekan scroll tengah pada mouse lalu tahan dan geser mouse hingga mendapatkan posisi pengambilan objek seperti gambar berikut.

4. Anda dapat memberikan warna latar dan pencahayaan ketika Render Image dengan melakukan pengaturan pada fitur World, dengan langkah: - Pilih fitur World dengan memilih ikon pada menu Properties. - Berikan ceklis pada Field Box kosong Blend Sky. - Ubahlah Zenith Color menjadi warna putih. - Dan berikan ceklis pada Field Box kosong Environment Lighting.

5.Untuk dapat melihat hasil Render Image Anda dapat menekan tombol F12.

6. Untuk kembali ke tampilan Default Anda dapat menekan tombol ESC.

TAHAPAN PRODUKSI PADA BLENDER

1. Buka Blender 2. Load file atau buat objek yang diinginkan untuk diberi material. Screenshot di bawah bisa diklik, dan saya beri sedikit tambahan berupa tembok lantai dan langit-langit.

3. Pertama, pemberian material 3.Pertama, pemberian material. Saya ingin memberi warna coklat pada meja. Caranya adalah dengan mengeklik Meja di 3D view maupun outliner. Setelah itu buka tab material di properties editor di sisi kanan layar kerja

4. Tambahan singkat tentang specular, transparency, dan mirror.

5. Dari penjelasan tentang mirror di langkah sebelumnya, saya ingin membuat lantainya menjadi lantai keramik.

6. Kita masuk ke textures, karena saya ingin membuat mejanya terbuat dari kayu. Dalam keadaan meja ter-select, pindah posisi tab dari tam material ke tab textures yang berada disebelahnya.

Texture pada screenshot di atas, sudah tersedia Texture pada screenshot di atas, sudah tersedia. Jika belum maka klik New dan terxture baru akan dibuat. Kembali ke topik utama, pada dropdown type pilih Image or Movie sehingga tampilannya menjadi seperti berikut ini.

Kemudian, klik Open untuk membuka gambar, dan pilih gambar texture kayu yang sesuai. Texture kayu dapat mudah dicari, di internet dengan keyword utama "3d texture". Lalu berikut ini hasil dari texturingnya.

TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA