Assalamualaikum wr. Wb. Alik Murih Prabowo A

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Siapakah sebenarnya diri kita?
Advertisements

Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
MU’JIZAT AL-QURAN.
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Manusia dan Agama.
MANUSIA DALAM ALQURAN Vita Fitria, M.Ag. Pendidikan Agama Islam
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
Kejadian Manusia Menurut Al-Quran
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
KHALIFAH PROBLEM DAN TANTANGAN ERA GLOBAL
Manusia Dan Alam Semesta
AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
Menurut Para Ilmuan manusia
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
BAB I Al-Baqarah; 30, al-Mu’minun; 12-14, az-Zariyat; 56, an-nahl; 78
 Abdul Ghofur  Setiawan Gusmadi  Tedi Hendrawan  Afniati Fitriah Duru  Indra arif bismantoro
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Manusia dan Agama.
BERIBADAH DENGAN IKHLAS
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
PENCIPTAAN MANUSIA.
Dalam konsep pengetahuan
HAKIKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
KELOMPOK I 1. Ana Hisbiana Al F.(B2A015016)
A. Manusia dan Alam Semesta
Islam Sebagai Way of Life Disusun oleh :  M. Asnun Munir  Ellyn  Zulfa Wafiroh  Disusun oleh :  M. Asnun Munir
    
PENDIDIK DALAM ISLAM A. PENGERTIAN
AS SHIRAT AL MUSTAQIEM PERMOHONAN SETENGAH HATI
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
BAB II HAKEKAT MANUSIA DALAM ISLAM
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
IMUNISASI MR.
BISMILLAHIR-RAHMANIR-RAHIIM
KELOMPOK 8 NELLA SORAJAGUSTI NILA KHOIRUL NAIM NURINDAH BUDIYANI
MANUSIA DAN TUGASNYA SEBAGAI KHALIFAH
EKSISTENSI MANUSIA.
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Konsep Manusia dan Agama
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNSUR DAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Cahya Indah Purnamasari
QS Al-Mu’minun :
IPTEK, DAN SENI DALAM ISLAM
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)
NAMA KELOMPOK : 1. ADELIA PERWITASARI 2. AJENG SINDI PRATAMA 3. ERDA ANDRIANI 4. PUTRI AYU PUSPITA DEVI 5. RETNO CAHYANINGTYAS W 6. RIMA KUSMANINGRUM 7.
BAB 2 PENCIPTAAN DUNIA DAN MANUSIA SERTA PERKARA TERPENTING
HAKEKAT MANUSIA DLM ISLAM
Transcript presentasi:

Assalamualaikum wr. Wb. Alik Murih Prabowo A 510110122 Arif Wahyu Utomo A 510110111 Alik Murih Prabowo A 510110122 Endro Jarot Riyadi A 510110149 Bangun Adi Wijaya A 510110204 Sudirji A 510110241  

HAKEKAT MANUSIA Menurut Pandangan Islam MENURUT PARA FILSUF TUGAS DAN FUNGSI MANUSIA.

Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam Manusia dan hakikat kejadian manusia Dalam sebuah ayat al-quran allah berfirman yang artinya: Dan sesungguhnya kami ciptakan manuisa dari sari tanah. Kemudian kami jadikan sari tanah itu air mani (terletak) dalam tempat simpanan yang teguh (rahim). Kemudian dari air mani itu kami ciptakan segumpal daging dan dari daging yang segumpal itu kami ciptakan tulang belulang. Kemudian tulang belulang itu kami jadikan dia makhluk yang baru yaitu manusia yang sempurna. Maka maha berkat (suci allah) pencipta yang paling baik. (Q.S : Al-mukminun: 12-14).

Hakikat Manusia Menurut Beberapa Aliran Aliran Serba Zat Aliran Serba Ruh Aliran Dualisme Aliran Eksistensialisme

Aliran serba zat ini mengatakan yang sungguh-sungguh ada itu hanyalah zat atau materi, alam ini adalah zat atau materi dan manusia adalah unsur dari alam, maka dari itu manusia adalah zat atau materi.

Aliran ini berpendapat bahwa segala hakekat sesuatu yang ada didunia ini ialah ruh, juga hakekat manusia adalah ruh, adapun zat itu adalah manifestasi dari pada ruh diatas dunia ini. Fiche mengemukakan bahwa segala sesuatu yang lain (selain ruh ) yang rupanya ada dan hidup hanyalah suatu jenis perumpamaan, perubahan atau penjelmaan dari ruh ( Gazalba, 1992: 288)

Aliran ini menganggap bahwa manusia itu pada hakekatnya terdiri dari dua substransi yaitu jasmani dan rohani. Kedudukannya substansi ini masing-masing merupakan unsur asal, yang adanya tidak tergantung satu sama lain. Jadi badan tidak berasal dari ruh, dan ruh tidak berasal dari badan. Perwujudannya manusia tidak serba dua, jasat dan ruh. Antara badan dan ruh terjadi sebab akibat yang mana keduanya saling mempengaruhi.

Aliran filsafat modern berfikir tentang hakekat manusia merupakan kewajiban eksistensi atau perwujudan sesungguhnya dari manusia. Jadi intinya hakekat manusia itu yaitu apa yang menguasai manusia secara menyeluruh

HAKIKAT MANUSIA MENURUT PARA FILSUF Menurut Poespoprodjo Menurut Plato Menurut Aristoleles

TUGAS DAN FUNGSI MANUSIA Khalifah fi al-ardh ‘Immarah fi al-ardh Abd (Pengabdi Allah)

Al Quran mengatakan bahwa manusia diciptakan Allah sebagai pengemban amanat (Q.S, Ar ruum/3372).diantara amanat itu adalah memakmurkan kehidupan di bumi (Q.S, Huud/11:16). Manusia diberi kedudukan sebagai khalifah di muka bumi (Q.S, Al Baqarah/2:30). Menurut Ahmad Musthafa Al maraghi, kata khalifah dalam suart Al baqarah ini memiliki dua makna, pertama, pengganti, yaitu pengganti Allah SWT untuk melaksanakan titah-Nya di muka bumi.

Kedua, pemimpin yang memimpin diri sendiri dan makhluk lainnya serta memakmurkan dan mendayagunakan alam semesta bagi kepentinag manusia secara keseluruhan.

Konsep ‘abd mengacu pada tugas-tugas individual manusia sebagai hamba Allah. Tugas ini diwujudkan dalam bentuk pengabdian kepada Allah SWT (Q.S, Adz Dzaariyaat/5111/56) dengan penuh keikhlasan.

Lebih berkonotasi pada pengembang ilmu pengetahuan yang berguna bagi kehidupan manusia, tidak saja di dunia, tetapi juga di akhirat. Dalam konteks yang terakait ini, manusia diperintahkan untuk senantiasa menelaah dan menguak rahasia ciptaan Allah, dan mengambil hikmah daripadaNya, sehingga dengan demikian, berbagai kebutuhan kehidupannya pun dapat berfungsi dengan baik den sempurna.  

Thanks for your attention Wassalamualaikum Wr. Wb.