M. Mulabbilbait, M.H.I. DALIL FIRQAH قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَأْتِيَنَّ عَلَى أُمَّتِي مَا أَتَى عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ASWAJA NU Abdurrahman Navis.
Advertisements

Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
Mewaspadai Aliran Kebatinan Di Sekitar Kita
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Perkembangan Pemikiran Islam
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
KHITHAAH MATHLA’UL ANWAR
Kajian Mengenai Perpecahan dan Firqoh-firqoh dalam Islam
MA’RIFATUSY SYAHADATAIN
SEJARAH USHUL FIQIH.
PEMIKIRAN FIQIH.
Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc.,M.Ag.
MINGGU KETUJUH : PROSEDUR KEHAKIMAN DAN KESELAMATAN
PERINGATAN / AMARAN: SLIDE DAN ISI ARTIKEL YANG ADA DALAM FILE TIDAK BOLEH DIBACA OLEH MANUSIA BODOH, YAITU MANUSIA YANG MENOLAK PERJUMPAAN DENGAN HARI.
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
Maulid Nabi Muhammad SAW
SYARA’ MAN QABLANA & MAZHAB SHAHABAT
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
Pertemuan Ke-3.
Oleh: -Fatimah ibtisam -Layla mahdamy
Ciri Khas Akidah ASWAJA: Allah Ada Tanpa Tempat
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BULAN MUHARRAM Home keutamaan bulan muharram
RENUNGAN.
SUMBER AJARAN ISLAM AS-SUNNAH
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Membumikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah Di Era Golbalisasi
WALIMATIL URSY’ KELOMPOK ENAM 6 ZIAN LUKMAN WAHDAN MAULIDA FAIZ.
Tugas Mandiri Perbandingan Mazhab Dosen Pembimbing Drs. H
Madzhab Fiqh Oleh: M. Anas Danussana Kamal
ANASIR HADIS SIAP UNTUK KULIAH??? SANAD / RAWI MATAN
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
TAHAP PERKEMBANGAN MANUSIA DAN KARAKTERISTIKNYA DALAM ISLAM
Al-Fath (Lari Dari Perang)
EKSISTENSI ALLAH SEBAGAI TUHAN ALAM SEMESTA
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
WELCOME TO KEPUTRIAN 4 April 2014
Pertemuan Ke-3.
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
AKTUALISASI AHLUSSUNNAH WAL-JAMAAH
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM BIDANG FARMASI
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
Aqidah sebagai pondasi islam Kajian Rutin LDK IMMNI 2014/2015
Oleh : Wawan Setiawan Anwar. PENGERTIAN AS-SUNNAH  Etimologi As-Sunnah berasal dari kata: "sanna yasinnu", dan "yasunnu sannan", dan "masnuun" yaitu.
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
PENDIDIKAN ISLAM HADITH RASULULLAH S.A.W. TINGKATAN SATU.
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
AQIDAH AHLI SUNNAH WAL JAMAAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
TUNTUNAN SHALAT TAHAJUD Mari Berilmu Sebelum Beramal dan Bersemangat untuk Beramal di atas Ilmu.
Setiap umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan, wajib untuk menuntut ilmu, menuntut ilmu harus dilakukan dengan penuh semangat dan tidak boleh dengan.
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
 Pengertian : Secara etimologi, ijtihad berasal dari kata al jahd atau al juhd, yang berarti al masyaqat (kesulitan dan kesusahan) dan at thaqat (kesanggupan.
حَـــــــــلاَوَةُ الإِيْمَـــــــــانِ
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
Transcript presentasi:

M. Mulabbilbait, M.H.I

DALIL FIRQAH قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَأْتِيَنَّ عَلَى أُمَّتِي مَا أَتَى عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ حَذْوَ النَّعْلِ بِالنَّعْلِ حَتَّى إِنْ كَانَ مِنْهُمْ مَنْ أَتَى أُمَّهُ عَلَانِيَةً لَكَانَ فِي أُمَّتِي مَنْ يَصْنَعُ ذَلِكَ وَإِنَّ بَنِي إِسْرَائِيلَ تَفَرَّقَتْ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِي النَّارِ إِلَّا مِلَّةً وَاحِدَةً قَالُوا وَمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي ) سنن الترمذي ( ستفترق أمتي علئ نيف وسبعين فرقة كلها في الجنة الا واحدة ( رواه الشعراني عن ابن النجار وصححه الحا كم ) Firqah: aqidah, fiqh, ijtimaiyah. Umat: dakwah/ijabah

عن أنس بن مــالك قال : قال رســول الله صــلى الله عليه وســلم : " ان بني اســرائيل افترقت على احدى وســبعين فرقة, وان أمتي ستفترق على ثنــتين وسبعين فرقــة كلها في النار الا واحدة, وهي الجمــاعة " ( ابن ماجه وأحمد واللا لكائي وغيرهم. هذا اســـناد جيد ) Artinya: Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah bersabda; “ Sesungguhnya bani Israil akan berkelompok menjadi 71 (tujuh puluh satu) golongan dan sesungguhnya umatku akan berkelompok menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan, semua di neraka kecuali 1 (satu) golongan yaitu al-jamaah”. ( HR.Ibn Majah, Ahmad, al-lakai dan lain-lain. Hadits sanad baik

DEFINISI AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH Ahl adalah keluarga, golongan atau pengikut As-Sunnah secara bahasa adalah jalan yang ditempuh atau cara pelaksanaan suatu amalan, baik dalam perkara kebaikan maupun kejelekan. (Fathul Bari, karya Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqolany rahimahullah, jilid 13) Sedangan pengertian Sunnah secara terminlogi yaitu nama suatu jalan yang mendapakan ridlo yang telah ditempuh oleh Rasulullah SAW, para khulafa’ al Rosyidin dan Salaf Al Sholihin. Seperti yang telah disabdakan oleh Nabi : عَلَيكُمْ بِسُنَّتيِ وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنْ بَعْدِي

) Al-Jama’ah, secara bahasa, berasal dari kata “Al-Jam’u” dengan arti mengumpulkan yang bercerai-berai. (Qamus Al-Muhith, karya Al-Fairuz Abadi rahimahullah) Adapun secara istilah syari’ah berarti orang-orang terdahulu dari kalangan shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Tabi’in, Tabi’ut Tabi’in dan para pengikut mereka hingga Hari Kiamat. Mereka berkumpul dan bersatu di atas Al-Haq (kebenaran) yang bersumber dari Al-Kitab dan As-Sunnah, serta para imam mereka. (Al-I’tisham, karya Al-Imam Asy- Syathibi rahimahullah, I/28)

Dari penjelasan diatas, maka Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah orang-orang yang konsisten berpegang teguh dengan Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Mereka adalah dari kalangan shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Tabi’in (murid para shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam), Tabi’ut Tabi’in (murid para Tabi’in), dan para imam yang mengikuti mereka, serta orang-orang yang mengikuti jalan mereka hingga hari Kiamat dalam perkara ‘aqidah, ucapan, dan amalan. (Syarh Al-‘Aqidah Ath- Thahawiyah, karya Ibnu Abil ‘Izz Al-Hanafy rahimahullah, hal. 33)

Syaikhul Islam Ibn Taimiyah dalam kitabnya yang berjudul Majmu' Fatawa 3/129 berkata bahwa inilah aqidah Al-Firqatun Najiyah Al-Manshurah sampai tegaknya hari kiamat. Dalam tempat yang lain (3/159) dia menjelaskan bahwa jalan mereka (Ahlus Sunnah) adalah agama Islam yang Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengutus nabi Muhammad SAW. Menurut dia, ketika Nabi meng-khabar-kan bahwa Umatnya akan berpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya di neraka kecuali satu yaitu Al-Jama'ah. Dalam hadits yang lain Beliau bersabda : mereka (al Jama’ah) adalah yang berada seperti yang aku dan para sahabatku ada sekarang. Dengan alasan inilah, maka orang-orang yang berpegang teguh kepada Islam yang murni dan bersih dari campuran adalah Ahlus Sunnah wal Jama'ah, dimana diantara mereka terdapat orang-orang Shiddiq, Syuhada dan orang-orang Shalih. Syaikhul Islam Ibn Taimiyah Selanjutnya Ibn Taimiyah menambahkan bahwa orang yang paling berhak dijadikan sebagai Al-Firqatun Najiyah adalah Ahlul Hadits dan As-Sunnah yang tidak memiliki satu tokohpun yang diikuti secara fanatik kecuali Rasulullah,Ibn Taimiyah

tabi’in kemudian Ashhabul Hadits dan siapa yang mengikuti mereka dari para ahli fiqh zaman demi zaman sampai hari kita ini dan orang-orang yang men Ibnu Hazm dalam Al-Fishal jilid 2 hal. 281 : “Dan Ahlus Sunnah -yang kami sebutkan- adalah ahlul haq (pengikut kebenaran) dan selain mereka adalah ahlul bid’ah (pengikut perkara-perkara baru dalam agama), maka mereka (ahlus sunnah) adalah para sahabat -radhiyallahu ‘anhum- dan siapa saja yang menempuh jalan mereka dari orang-orang pilihan di kalangan gikuti mereka dari orang awam di Timur maupun di Barat bumi -rahmatullahi ’alaihim- ”. SALAF VS KHOLAF

SEJARAH ASWAJA Terminologi ahlussunnah wal jamaah secara baku tidak ditemui dalam referensi lama (maraji’ awwaliyah), bahkan pada masa al-Asy’ari -yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai pendiri madzhab aswaja belum ditemukan istilah tersebut. Dengan demikian, Abu Hasan al- Asyari hanyalah meneruskan madzhab-madzhab sebelumnya yang sanadnya berujung pada Nabi Saw. Pengenalan istilah ahlussunnah wal jamaah sebagai suatu aliran dalam Islam baru nampak pada para pengikut al-Asy’ari, seperti Al-Baqillani (w. 403H) Al-Baghdadi (w. 249) Al-Juwaini, Al-Ghazali As-Syahrastani dan Ar-Razi. Akan tetapi pendapat mereka tentang aswaja bukan dalam kerangka madzhab. Baru pada pendapat az-Zabidi (w.1205 H) beliau secara tegas menyatakan bahwa yang dimaksud aswaja adalah mereka yang mengikuti Asy’ari dan al-Maturidi. (Siradj, 2007:7).

ASWAJA VERSI NU السنة لغة الطريقة ولو غير مرضية، وشرعا اسم للطريقة المرضية المسلوكة في الدين سلكها رسول الله  أو غيره ممن هو علم في الدين كالصحابة  ، لقوله  : عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين من بعدي، وعرفا ما واظب عليه مقتدى نبيا كان أو وليا، والسني منسوب إلى السنة اهـ ( حضرة الشيخ محمد هاشم أشعري، رسالة أهل السنة والجماعة ص /

Dalam kitab Miftah Assa`adah Wa Mishbah Assiyadah, Syeikh Tasy Kauthari Zadah berk ata : اعْلَمْ أَنَّ رَئِيْسَ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ فِى عِلْمِ الْكَلاَمِ رَجُلاَنِ : أَحَدُهُمَا حَنَفِيٌّ وَالآخَرُ شَافِعِيٌّ ، أَمَّا الْحَنَفِيُّ فَهُوَ أَبُو مَنْصُورِ مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَحْمُودِ الْمَاتُرِيْدِيُّ ، إِمَامُ الْهُدَى... وَأَمَّا الآَخَرُ الشَّافِعِيُّ فَهُوَ شَيْخُ السُّنَّةِ وَرَئِيْسُ الْجَمَاعَةِ إِمَامُ الْمُتَكَلِّمِيْنَ وَنَاصِرُ سُنَّةِ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَالذَّابُ عَنْ الدِّيْنَ وَالسَّاعِي فِي حِفْظِ عَقَائِدِ الْمُسْلِمِيْنَ أَبُو الْحَسَنِ الأَشْعَرِيُّ البَصْرِيُّ

ASWAJA KH HASYIM ASYARI Hadlratusysyaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari ( H/ ) menyebut-kan dalam kitabnya Ziyadat Ta’liqat (hal ) sebagai berikut: أَمَّا أَهْلُ السُّنَةِ فَهُمْ أَهْلُ التَّفْسِيرِ وَالْحَدِيْثِ وَالْفِقْهِ فَإِنَّهُمْ الْمُهْتَدُوْنَ الْمُتَمَسِّكُوْنَ بِسُنَّةِ النَّبِيْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ والْخُلَفَاءِ بَعْدَهُ الرَّاشِدِيْنَ وَهُمْ الطَّائِفَةُ النَّاجِيَةُ قَالُوْا وَقَدْ اجْتَمَعَتْ الْيَوْمَ فِي مَذَاهِبَ أَرْبَعَةٍ الحَنَفِيُّوْنَ وَالشَّافِعِيُّوْنَ وَالْمَالِكِيُّوْنَ وَالْحَنْبَلِيُّوْنَ وَمَنْ كَانَ خَارِجًا عَنْ هَذِهِ الأَرْبَعَةِ فِي هَذَا الزَْمَانِ فَهُوَ مِنَ الْمُبْتَدِعَةِ “Adapun Ahlussunnah Wal-Jama’ah adalah kelompok ahli tafsir, ahli hadits dan ahli fiqih. Merekalah yang mengikuti dan berpegang teguh dengan sunnah Nabi B dan sunnah Khulafaur Rasyidin setelahnya. Mereka adalah kelompok yang selamat (al- firqah al-najiyah). Mereka mengatakan, bahwa kelompok tersebut sekarang ini terhimpun dalam madzhab yang empat, yaitu pengikut Madzhab al-Hanafi, al-Syafi’i, al-Maliki dan al- Hanbali. Sedangkan orang-orang yang keluar dari madzhab empat tersebut pada masa sekarang adalah termasuk ahli bid’ah.”

ASWAJA VERSI NU KH. Hasyim Asy’ari, Rais Akbar Nahdlatul Ulama’ memberikan tashawur (gambaran) tentang ahlussunnah waljamaah, bahwa faham ahlussunnah waljamaah versi Nahdlatul Ulama’ yaitu mengikuti Abu Hasan al-asy’ari dan Abu Manshur al-Maturidi secara teologis, mengikuti salah satu empat madzhab fiqh ( Hanafi, Maliki, Syafi’I dan Hanbali) secara fiqhiyah, dan bertashawuf sebagaimana yang difahami oleh Imam al-Ghazali atau Imam Junaid al-Baghdadi/ Imam Hasan Asyadzili

QANUN ASASI KH. M. Hasyim Asy’ari seorang pendiri NU, telah merumuskan konsep Ahlussunnah wal Jama’ah dalam kitab al-Qânûn al-Asâsiy li Jami’yyah Nahdlah al-‘Ulamâ’. Al-Qânûn al- Asâsiy berisi dua bagian pokok, yaitu : (1) risalah Ahlussunnah wal Jama’ah, yang memuat tentang kategorisasi sunnah dan bid’ah dan penyebarannya di pulau Jawa, dan (2) keharusan mengikuti mazhab empat,(13 karena hidup bermazahab itu lebih dapat menyatukan kebenaran, lebih dekat untuk merenungkan, lebih mengarah pada ketelitian, dan lebih mudah dijangkau. Inilah yang dilakukan oleh salafunâ al-shâlih (generasi terdahulu yang salih).. Yang menarik dalam Qânûn Asâsiy adalah bahwa KH. M. Hasyim Asy’ari melakukan serangan keras kepada Muhammad ‘Abduh, Rasyid Ridha, Muhammad Ibn ‘Abd al- Wahhab, Ibn Taimiyah, dan dua muridnya Ibn al-Qayyim dan Ibn ‘Abd al-Hadi yang telah mengharamkan praktek yang telah disepakati umat Islam sebagai bentuk kebaikan seperti ziarah ke makam Rasulullah. Dengan mengutip pendapat Syeikh Muhammad Bakhit al-Hanafi al-Muti’i dalam risalahnya Tathîr al-Fu’âd min Danas al-’Itiqâd, KH. M. Hasyim Asy’ari menganggap kelompok ini telah menjadi fitnah bagi kaum muslimin, baik salaf maupun khalaf. Mereka merupakan aib dan sumber perpecahan bagi kaum muslimin yang mesti segera dihambat agar tidak menjalar ke mana-mana.

DOKTRIN ASWAJA 1. Keesaan Allah 2. Nama dan Sifat sifat Allah 3. Al Quran firman Allah 4. Melihat ALLah di akhirat 5. Perbuatan manusia 6. Orang mukmin yang berbuat dosa besar 7. Kenabian dan Kewalian 8. Mukjizat dan Karomah 9. Kepemimipinan umat 10. Metafisika dan keakhiratan ( KH. Thalhah Hasan. Aswaja dlm persepsi dan tradisi NU )

Wallahu a’lam bisshawab Disampaikan pada acara DAKWAH hari Jumat tanggal 7 Oktober 2011 M Di kantor PWNU Jatim