UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, 03 JAN 2013 EKSISTENSI PESANTREN OLEH : YUSUF WEBEE 69 FERRY ACHMAD 86 AGOES PROFAL 64 AHMAD CHICHIL 46 MESSI YAHYA 37 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, 03 JAN 2013
Definisi Pesantren Tempat orang berkumpul untuk belajar agama Islam Tembaga pendidikan Islam dimana para santri biasa tinggal di pondok (asrama) dengan materi pengajaran kitab-kitab klasik dan kitab-kitab umum bertujuan untuk menguasai ilmu agama Islam secara detail serta mengamalkan sebagai pedoman hidup keseharian dengan menekankan penting moral dalam kehidupan bermasyarakat
Tipologi pesantren Pesantren Salafi Pesantren Khalafi Pesantren Kilat Pesantren terintegrasi
Faktor Pembaharuan Pesantren Pemikiran kembali ke al-Qur’an dan al-Sunnah Adanya usaha-usaha untuk memperkuat organisasinya di bidang sosial ekonomi. Ketidakpuasan terhadap hasil pendidikan tradisional dalam mempelajari al-Qur’an dan ilmua agama Islam, yang berakumulasi pada pembaharuan sistem pendidikan Islam.
Fungsi pesantren Transfer dan transmisi ilmu keagamaan Lembaga pengkaderan kyai, ulama, dan da’i Penjaga tradisi umat Islam, terutama Islam-Sunni.
Aspek pembaharuan pesantren Metode, dari metode sorogan dan wetonan ke metode klasikal Isi materi, yakni sudah mulai menadaptasi materi-materi baru selain tetap mempertahankan kajian kitab kuning; dan Manajemen, dari kepemimpinan tungal kyai menuju demokratisasi kepemimpinan kolektif.
PEL. UMUM & KETERAMPILAN KURIKULUM PESANTREN ALUR PERKEMBANGAN Kemadirian pesantren = santri mandiri PEL. UMUM & KETERAMPILAN fiqh bagian tidak terpisahkan dgn masyarakat FIQH BAHASA alat dalam memahami ajaran Islam kecenderungan dan pendalamanan Ilmu kyai TASAWUF LATAR BELAKANG
SO’ON Bumbu kecap dicampur terasi Biarpun salah ucap ku mohon di koreksi -cheval-