Mobile Programming Intent dan Activity.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Modul 11 – Hendi Hermawan - 1
Overriding, Overloading, Polymorphism
POLIMORFISME 2 Imam Fahrur Rozi 01.
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Polymorphism (bag. 2).
Pertemuan: Object Oriented Programming
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Python Script Façade in Python
Pemrograman Visual I Outline: Method Method Void & fungsi
Pengelolaan Database Lanjutan
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pemrograman Berorientasi Object
Method & Constructor METHOD.
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Content Provider pada Android
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Matakuliah : M0864/Programming I
Membuat Kelas.
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Polymorphism (bag. 2).
GUI Event Handling Sussi.
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Content Provider pada Android
Mendayagunakan Activity External
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #5 - 1
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #4 - 1
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #6
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Mobile Programming Intent dan Activity

Capaian Pembelajaran Memahami intent sebagai object komunikasi message activity Memahami cara menjalankan activity dari suatu activity Memahami cara mengirim parameter data dari suatu activity ke activity yang dijalankan (dipanggil) dengan menggunakan intent Memahami cara membuat komunikasi antar activity yang dijalankan (dipanggil) dengan activity yang menjalankan (memanggil) Mampu membuat aplikasi multi activities yang dapat saling komunikasi

Intent dan Activity Pemahaman Tentang Intent

Intent Intent Android merupakan suatu object yang membawa suatu intent, sebagai contoh; message dari satu komponen ke komponen lain atau message dari suatu komponen ke komponen lain diluar aplikasi. Intent dapat mengkomunikasikan message di antara salah satu dari tiga komponen suatu aplikasi, yaitu; activity, Service, broadcast receiver.

Intent Intent adalah obyek yang menyediakan runtime yang mengaitkan antara komponen terpisah (misal; dua activity). Intent merepresentasikan suatu aplikasi “untuk tujuan melakukan sesuatu." Kita dapat menggunakan intent untuk berbagai macam pekerjaan, salah satunya untuk menjalankan activity.

Menjalankan Activity Menjalankan Activity dan Mengirim Data Melalui Parameter

Menjalankan (Memanggil) Activity Persiapan activity yang menjalankan activity lain Untuk menjalankan activity dari suatu activity beberapa tahapan dilakukan (misal; MainActivity menjalankan Activity2): Persiapkan MainActivity (pemanggil) dengan salah satu widget sebagai trigger pemanggil (misal; Button) Pada widget trigger; Buat object Intent Intent intent = new Intent(this, Activity2.class); Siapkan parameter yang ingin dikirim ke Activity2 yang akan dijalankan (dipanggil). intent.putExtra(“parNama", "Augury El Rayeb"); intent.putExtra(“parUsia", 45); Jalankan intent (untuk menjalankan Activity2). startActivity(intent); Nama Class Activity yang akan dipanggil Nama parameter yang akan dikirim Nilai parameter yang akan dikirim

Menjalankan (Memanggil) Activity Persiapan activity yang dijalankan (dipanggil) Activity yang dipanggil (misal; Activity2), akan menerima message dari Activity pemanggil (misal; MainActivity), berikut adalah tahapan untuk mengambil message dari pemanggil: Pada Activity2 (method event onCreate); Buat object Intent dengan method getIntent() Intent ambilIntent = getIntent(); Siapkan variabel dengan tipe sesuai tipe parameter yang ingin diambil. String strNama = ambilIntent.getStringExtra(“parNama“); int intUsia = ambilIntent.getIntExtra(“parUsia",-1); Kaitkan variabel tersebut dengan widget (jika diperlukan) . Untuk keluar, tambahkan instruksi finish() pada Button Object Intent dengan method getIntent() Nama parameter Method utk mengambil parameter tipe String Method utk mengambil parameter tipe int Nama parameter Jika parameter tidak ada, maka bernilai -1

Menjalankan (Memanggil) Activity Contoh: (MainActivity) activity_main.xml <Button android:text="Panggil Activity" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:layout_below="@+id/textView" android:layout_centerHorizontal="true" android:layout_marginTop="115dp" android:id="@+id/btnPanggilActivity" android:onClick="panggilActivity" /> MainActivity.java public void panggilActivity(View view) { Intent intent = new Intent(this, Activity2.class); intent.putExtra(“parNama", "Augury El Rayeb"); intent.putExtra(“parUsia", 45); startActivity(intent); }

Menjalankan (Memanggil) Activity Contoh: (Activity2) Activity2.java protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_2); TextView nama = (TextView) findViewById(R.id.lblNama); TextView usia = (TextView) findViewById(R.id.lblUsia); Intent ambilIntent = getIntent(); String strNama = ambilIntent.getStringExtra(“parNama"); int intUsia = ambilIntent.getIntExtra(“parUsia",-1); nama.setText("Nama: " + strNama); usia.setText("Usia: " + intUsia); } public void selesai(View view) { finish(); } <Button android:text="@string/tombolSelesai" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:layout_below="@+id/lblUsia" android:layout_centerHorizontal="true" android:layout_marginTop="93dp" android:id="@+id/btnSelesai" android:onClick="selesai" /> activity_2.xml

Komunikasi Activity Dua Arah

Komunikasi Activity Dua Arah Untuk melakukan komunikasi dua arah antar dua activity, digunakan cara yang mirip dengan cara menjalankan (memanggil) activity dari suatu activity dengan mengirimkan paramaeter. Perbedaannya adalah; Pemanggilan activity-nya dengan instruksi: startActivityForResult(intent, NO_PERMINTAAN ); Pada Activity pemanggil dibuat override terhadap method onActivityResult() , dan lakukan pemeriksaan apakah respon sesuai NO_PERMINTAAN pemeriksaan, dan lakukan pemeriksaan RESULT_OK (keluar dari activity yang dipanggil bukan karena tombol back). Pada Activity yang dipanggil tambahkan button untuk exit, dan sebelum instruksi finish(), siapkan parameter yang ingin dikirim balik ke activity pemanggil dan tambahkan isntruksi setResult() .

Komunikasi Activity Dua Arah Persiapan activity yang menjalankan activity lain Untuk menjalankan activity dari suatu activity dengan komuniasi dua arah, beberapa tahapan dilakukan (misal; MainActivity menjalankan Activity2): Persiapkan MainActivity (pemanggil) dengan salah satu widget sebagai trigger pemanggil (misal; Button) Pada widget trigger; Buat object Intent Intent intent = new Intent(this, Activity2.class); Siapkan parameter yang ingin dikirim ke Activity2 yang akan dijalankan (dipanggil). intent.putExtra(“parNama", "Augury El Rayeb"); intent.putExtra(“parUsia", 45); Jalankan intent (untuk menjalankan Activity2). startActivityForResult(intent, NO_PERMINTAAN ); Nama Class Activity yang akan dipanggil Nama parameter yang akan dikirim Nilai parameter yang akan dikirim

Komunikasi Activity Dua Arah Persiapan activity yang menjalankan activity lain Override terhadap method onActivityResult() pada Activity pemanggil. Isi method dengan intstruksi untuk memeriksa respon dan mengambil nilai respon; if(requestCode==NO_PERMINTAAN) { if(resultCode==RESULT_OK) { String hasilPeriksa = data.getStringExtra("parStatus"); status.setText(hasilPeriksa); } else { // kalau pengguna menekan tombol back pada device status.setText("Anda menekan tombol back pada device"); } } Memeriksa apakah respon sesuai dengan nomor permintaaan yang kita buat Memeriksa apakah activity yang dipanggil ditutup dengan instruksi finish() Mengambil parameter yang dikirim Activity yang dipanggil Area ini dijalankan kalau user menutup activity dengan menekan tombol back

Menjalankan (Memanggil) Activity Persiapan activity yang dijalankan (dipanggil) Activity yang dipanggil (misal; Activity2), akan menerima message dari Activity pemanggil (misal; MainActivity), berikut adalah tahapan untuk mengambil message dari pemanggil: Pada Activity2 (method event onCreate); Buat object Intent dengan method getIntent() Intent ambilIntent = getIntent(); Siapkan variabel dengan tipe sesuai tipe parameter yang ingin diambil. String strNama=ambilIntent.getStringExtra("nama"); int intUsia = ambilIntent.getIntExtra("usia",-1); Kaitkan variabel tersebut dengan widget (jika diperlukan) . Untuk keluar, tambahkan Button dan siapkan parameter balasan (jika diperlukan), instruksi setResult() , dan instruksi finish() pada Button. Object Intent dengan method getIntent() Method utk mengambil parameter tipe String Nama parameter Method utk mengambil parameter tipe int Nama parameter Jika parameter tidak ada, maka bernilai -1

Menjalankan (Memanggil) Activity Contoh: (MainActivity) activity_main.xml <Button android:text="Panggil Activity 2" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:layout_below="@+id/textView" android:layout_centerHorizontal="true" android:layout_marginTop="115dp" android:id="@+id/btnPanggilActivity" android:onClick="panggilActivity" />

Menjalankan (Memanggil) Activity Contoh: (MainActivity) MainActivity.java public void panggilActivity(View view) { Intent panggil = new Intent(this, Activity2.class); panggil.putExtra("nama", "Augury El Rayeb"); panggil.putExtra("usia", 45); startActivityForResult(panggil, 23); //NO_PERMINTAAN=23 } @Override protected void onActivityResult(int requestCode, int resultCode, Intent data) { super.onActivityResult(requestCode, resultCode, data); if(requestCode==23) { if(resultCode==RESULT_OK) { String strResponActivity2 = data.getStringExtra("parRespon"); teksRespon.setText(strResponActivity2); } else { teksRespon.setText("Maaf Anda telah menekan tombol back pada device"); } } }

Menjalankan (Memanggil) Activity Contoh: (Activity2) Activity2.java protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_2); TextView nama = (TextView) findViewById(R.id.lblNama); TextView usia = (TextView) findViewById(R.id.lblUsia); Intent ambilIntent = getIntent(); String strNama = ambilIntent.getStringExtra("nama").toString(); int intUsia = ambilIntent.getIntExtra("usia",-1); nama.setText("Nama: " + strNama); usia.setText("Usia: " + intUsia); } public void selesai(View view) { Intent kirimRespon = new Intent(); kirimRespon.putExtra("parRespon", "Data sudah di proses"); setResult(RESULT_OK, kirimRespon); finish(); } activity_2.xml <Button android:text="@string/tombolSelesai" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:layout_below="@+id/lblUsia" android:layout_centerHorizontal="true" android:layout_marginTop="93dp" android:id="@+id/btnSelesai" android:onClick="selesai" />

Contoh Penerapan Penerapan Intent pada Komunikasi Activity untuk Login

Terima Kasih

Referensi Android Tutorial: Simply Easy Learning by tutorialspoint.com developer.android.com – Basics Training https://developer.android.com/training/basics/firstapp/starting-activity.html TheNewBoston YouTube Playlist: Android App Development for Beginners Playlist. https://www.youtube.com/watch?v=NMDPxN8FgXM&list=PL6gx4Cwl9DGBsvRxJJOzG4r4k_zLKrnxl&index=9 tutorialspoint.com – Event Handling https://www.tutorialspoint.com/android/android_event_handling.htm