Oleh: Satuan Komunitas Pramuka Maarif NU

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MOH.GUNTUR NANGI,SKM.,M.Kes. Registrasi Peta  Secara detail prosedur regestrasi peta diuraikan sebagai berikut.  Siapkan peta yang akan didigitasi.
Advertisements

OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
Teknik Memukul dalam Olahraga Softball Jatmika Yoga Permana PJKR A FIK UNY Lab. Komputer, 13 November 2009.
K3.
PASSING BAWAH DALAM BOLA VOLI
Kelompok 5 “Sinkronisasi Proses” Sistem Operasi Kelas F
Pendidikan Jasmani BAHAN AJAR TEKNIK LAY UP SHOOTING
Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or
DISAMPAIKAN PADA ORIENTASI TEKNIK KIE KKB BAGI TPK SE KOTA BANDUNG
BAHAN AJAR RENANG.
TATA CARA BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN GELOMBANG RADIO
PEKERJAAN DASAR – DASAR SURVEY PEMETAAN
TEKNIK ILUSTRASI DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
PENIMBANGAN BERAT BADAN DAN PENGUKURAN TINGGI / PANJANG BADAN
Di susun oleh : Ahmad Ali Ridho Aldhila Anjas Careca Guru Pamong : H. Ali Zuhdi, SPd.
Dahlan Abdullah PERTEMUAN – 6 KULIAH SISTEM OPERASI SINKRONISASI & DEADLOCK.
TEKNIK PASSING BAWAH BOLA VOLI KULIAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Yogyakarta, 4 November 2009 Disusun oleh : Yulina Pratiwi ( )
BAB 7 EKONOMI GERAKAN.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or
Di susun oleh : Ahmad Ali Ridho Aldhila Anjas Careca Guru Pamong : H. Ali Zuhdi, SPd.
PERATURAN BARIS BERBARIS
PEMBELAJARAN SENAM LANTAI
Senam Hamil; Langkah bijak mempersiapkan persalinan
Concurrency M-03.
TATA CARA MAKAN INTERNASIONAL (modul 13)
SINKRONISASI.
Sistem Operasi Sinkronisasi Proses.
2 Kompetensi Dasar Indikator
PEMBELAJARAN BOLA VOLI
MENGATUR FORMAT PRESENTASI
Pembelajaran bola basket
Pembelajaran bola basket
ATLETIK : LARI SAMBUNG, LEMPAR CAKRAM
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
TIU Memahami konsep I/O system Memahami mekasnisme dasar dalam I/O system.
Flowchart dan Pseudocode
BAB XII. SURAT-MENYURAT INDONESIA Kompetensi dasar: Mahasiswa mampu membuat surat-menyurat Indonesia Surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk.
LATIHAN FISIK PADA LANSIA
PEMBELAJARAN BOLA VOLI
MARKING (TANDA-TANDA VISUIL) Dwi sri Wiyanti.
Media Pembelajaran ADP
SKK: ENKRIPSI KLASIK - TRANSPOSISI
TATA CARA MAKAN INTERNASIONAL (modul 13)
Matakuliah Keterampilan Dasar dan Lanjut Bolavoli
SINKRONISASI & DEADLOCK
SINKRONISASI PADA THREAD
PERSIAPAN PRESENTASI II
EKONOMI GERAKAN.
Bila “Dia” memanggil mu lebih dahulu,
Isyarat Dengan Cahaya Dilakukan sebagai berikut: 1. Panggilan,
GAYA-GAYA BELAJAR BK SMAK PENABUR.
Kemampuan Gerak Dasar.
Mempelajari Administrasi Perkantoran
PROSEDUR PEMERIKSAAN PENYAKIT
PROGRAM PELATIHAN PERSONAL GROOMING
MATERI PERMAINAN Bola Voli
RENCANA MEMBINA Topik : SEMAPHORE Durasi : 90 menit
PRINSIP SANITASI, HYGIENE DAN K3
Standar penampilan.
ATLETIK TOLAK PELURU.
Komunikasi Efektif.
PERHATIAN Hal dibawah ini menyebabkan Installasi Gagal
SAKO MAARIF NU MORSE BENDERA.
KOMUNIKASI RADIO Oleh : Kak Totok Pada Acara Gladhi Tanguh
Masih Tentang Luas.
PERMAINAN BOLA KECIL (Kasti) Oleh : MADIH MARDIANTO GURU PJOK SDN DUREN SAWIT 07 PAGI JAKARTA TIMUR.
MANUAL HANDLING. Apa Itu Manual Handling ? Salah satu tujuan utama dari kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja untuk menciptakan kondisi.
Standar Penampilan CSR Plasa Telkom Right Beginning Doing
ROLLING DEPAN, SIKAP LILIN DAN KAPAL TERBANG PADA SENAM LANTAI.
Transcript presentasi:

Oleh: Satuan Komunitas Pramuka Maarif NU SEMAPHORE

SEMAPHORE Pengertian Semaphore Rumus Semaphore Praktik Semaphore A-Z

PENGERTIAN Dan sejarah SEMAPHORE Semaphore adalah suatu  cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan memakai  sarung tangan. Informasi yang disampaikan  dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun saat ini  yang umum digunakan adalah bendera, yang dinamakan dengan bendera semaphore. Pengiriman sandi atau kode melalui bendera semaphore ini memakai dua bendera, yang masing-masing ukuran bendera 45 x 45 cm. Bentuknya yang persegi merupakan gabungan dua buah segi tiga sama kaki yang beda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang biasa digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana posisi warna merah selalu berada dekat kayu bendera. Semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan pada awal abad ke 19.

Semaphore merupakan program yang ditemukan oleh E. W Semaphore merupakan program yang ditemukan oleh E. W. Dijkstra (seorang ilmuwan dari Rotterdam, Belanda) pada akhir tahun 1960. Pada tahun 1967, E. W. Djikstra mengajukan sebuah konsep dimana kita menggunakan suatu variable integer untuk menghitung banyaknya proses yang sedang aktif atau yang sedang tidak aktif. Tipe dari variable ini dinamakan dengan nana semaphore. Di tahun-tahun berikutnya, semaphore banyak  digunakan  sebagai  primitif dari mekanisme sinkronisasi yang lebih kompleks dan tinggi lagi. Sebagai contoh : monitor dari Java. Selain digunakan untuk primitif dari mekanisme singkronisasi, kebanyakkan semaphore juga dipakai untuk sinkronisasi dalam komunikasi antar device (perangkat keras).

Beberapa Prinsip Semaphore Dua proses bisa saling berkaitan atau menentukan sebuah proses yang lain dengan menggunakan signal-signal. Sebuah proses dapat dihentikan oleh proses yang lain, ketika menemukan signal tertentu. Suatu proses akan menunggu diproses setelah nilai integer menjadi 0. Selanjutnya sinyal akan dilakukan increamen dengan penambahan 1. Semaphore termasuk variable bertipe integer yang disampaikan oleh 2 operasi atomik standar, yaitu signal dan wait terdapat dua operasi di semaphore yaitu Down dan Up. Nama aslinya : P dan V. 

Beberapa sandi lainnya yang sudah biasa digunakan dalam semaphore adalah; U-R : berita siap dimulai K : siap menerima berita E (8 kali) : error / ada kesalahan I-N-I : ulangi A-R : berita selesai R : dapat menerima dengan baik A-S : tunggu M-K : geser kanan M-L : geser kiri

Tata Cara Pengiriman Semaphore Memilih posisi Sikap Saat Mengirim Berita Dengan menggunakan Semaphore : Pilihlah tempat dengan beground yang kontras dengan warna bendera yang kita igunakan. Jangan ke arah sinar matahari yang menyilaukan penerima atau pengirim. Sikap badan ialah : dalam keadaan berdiri tegak, kaki dibuka (kangkang), pada saat tidak mengirim isyarat bendera disilangkan didepan kaki. Cara memegang tongkat bendera ialah : tongkat dipegang dengan masing-masing tangan memegang satu bendera, jari telunjuk lurus ke tongkat (tidak ikut menggenggam tongkat). Cara ini untuk menjaga posisi tongkat agar segaris lurus dengan tangan kita. Selama mengirim isyarat berlangsung, tangan dan lengan harus dijaga dalam keadaan tetap lurus dengan tongkat bendera. Gerakan bertumpu pada sendi peluru di bahu. Kirimkan isyarat dengan yakin dan jangan ada rasa ragu-ragu, hindarkan gerakan yang tidak diperlukan dan membingungkan. Apabla lupa akan isyarat yang hendak dikirim, teteplah berhenti pada huruf terakhir ingat-ingat sampai teringat kembali dan baru lanjutkan gerakan. Usahakan bendera tidak dalam keadaan terlipat pada tongkatnya. Pengiriman pesan dilakukan huruf per huruf dan tidak perlu kembali ke sikap atau posisi sempurna, setelah satu kata terkirim baru ditutup dengan sikap sempurna (interval).

Prosedur Mengirim/ Menerima Isyarat Semaphore : Pengirim : Memanggil, minta perhatian kepada penerima dengan isyarat “VE – VE – VE – …” dst atau yang lebih mudah dan sering digunakan “UR – UR – UR … dst.” Tanda hubung (-) dengan isyarat interval. Jika sudah ada jawaban K (siap) segera kirim berita kata demi kata lalu ditutup dengan isyarat spasi/ interval, apabila selesai pengiriman kata tidak dijawab dengan C / A, maka diulangi kata terakhir. Karena diminta untuk berpindah tempat , maka pindahlah tempat yang sekiranya lebih mudah dilihat oleh penerima. Untuk memulai mengirim karakter angka/nomor, harus didahului isyarat angka (numerik) = 45, kemudian kirim angka/nomor dan sesudah selesai tutup dengan isyarat huruf (alphabet) = 47/V untuk kembali ke pengiriman karakter huruf. Apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman isyarat, kirim tanda pembatalan/salah (Anulir) = 37 kemudian ulang kata terakhir. Apabila pesan/ berita sudah selesai maka kirimkan isyarat “AR – AR – AR … dst.”

Menjawab siap = “K” Dan apabila belum siap kirim Tunggu = “Q“ Penerima : Menjawab siap = “K” Dan apabila belum siap kirim Tunggu = “Q“ Mengirim isyarat A atau C apabila mengerti untuk setiap kata. Bila karena suatu hal menghendaki pengirim untuk berpindah tempat, silangkan bendera di atas kepala. Mengulangi setiap angka yang telah dikirim sebagai tanda mengerti. Penerima menjawab dengan R= tanda berita telah diterima dan dimengerti. Menu

Rumus semaphore

sEMAPHORE

Rumus Semaphore 5 4 6 3 7 8 2 1 1.2 = A 3.4 = O 5.7 = J 1.3 = B 3.5 = P 5.8 = V 1.4 = C 3.6 = Q 1.5 = D 3.7 = R 1.6 = E 3.8 = S 1.7 = F 1.8 = G 2.3 = H 4.5 = T 6.7 = W 2.4 = I 4.6 = U 6.8 = X 2.5 = K 4.7 = Y 2.6 =L 7.8 = Z 2.7 = M 2.8 = N 4 6 3 7 8 2 1 Menu

Mari Praktik Semaphore A-Z Mulai

A = 1.2 Next Menu

B = 1.3 Next Kembali Menu

C = 1.4 Next Kembali Menu

D = 1.5 Next Kembali Menu

E = 1.6 Next Kembali Menu

F = 1.7 Next Kembali Menu

G = 1.8 Next Kembali Menu

H = 2.3 Next Kembali Menu

I = 2.4 Next Kembali Menu

J = 5.7 Next Kembali Menu

K = 2.5 Next Kembali Menu

L = 2.6 Next Kembali Menu

M = 2.7 Next Kembali Menu

N = 2.8 Next Kembali Menu

O = 3.4 Next Kembali Menu

P = 3.5 Next Kembali Menu

Q = 3.6 Next Kembali Menu

R = 3.7 Next Kembali Menu

S = 3.8 Next Kembali Menu

T = 4.5 Next Kembali Menu

U = 4.6 Next Kembali Menu

V = 5.8 Next Kembali Menu

W = 6.7 Next Kembali Menu

X = 6.8 Next Kembali Menu

Y = 4.7 Next Kembali Menu

Z = 7.8 Next Kembali Menu

SEKIAN TERIMA KASIH SALAM PRAMUKA