REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM TANAH SURGA, KATANYA (Studi Semiotik Roland Barthes Mengenai Representasi Nasionalisme Dalam Film Tanah Surga, Katanya)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sun Tzu Strategy MBA Sharia June 24, Tujuh Kalkulasi Sun Tzu •Siapa yang dapat mempersatukan rakyat dan angkatan bersenjata •Siapa yang memiliki.
Advertisements

IKLAN TELEVISI Ramakertamukti.wordpress.com.
Bacalah mungkin penting bagi qta!
Bacalah dengan teliti, ini sangat penting!
Telaah Kritis Menuju Kehidupan
Meningkatkan Rasa Nasionalisme di Era Globalisasi
BAB XI IDE BISNIS.
Dendy Sugono Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional
DAFTAR ISI PROFIL PENGERTIAN PUISI PUISI CINTA PUISI UNTUK ORANG TUA
UMIYATUN, Akseptasi Konsep Keadilan dan Kesetaraan Gender di Kalangan Komunitas Pesantren (Studi pada Pondok Pesantren Al-Falah Desa Bakalan.
KONSEP DIRI WANITA DEWASA MADYA YANG MENGALAMI
Lho, Ketemu Bintang Film Beneran, Tho?
KOMPETENSI DASAR : Mengidentifikasi unsur cerita ( tokoh, tema, latar, amanat) INDIKATOR : Diharapkan siswa mampu : Menjelaskan pengertian unsur intrinsik.
UCEP SUHENDAR, LATAR BELAKANG SOSIAL SISWA <br /> YANG AKTIF MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR<br.
Dosen: ADE SURYANI, M.Soc.Sc
KURNIA AGUSTINI, Komposisi dan Nilai Estetis Tari Bambangan Cakil Gaya Didik Bambang Wahyudi ISI Surakarta.
EKO RUDYANTO, Pembelajaran Seni Grafis Cetak Saring pada Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Pati.
Prosedur Penelitian 1Halomoan Harahap. I. Metode  Metode penelitian merupakan prosedur yang dipergunakan dalam upaya untuk mendapatkan data ataupun informasi.
Model Komunikasi Interpersonal
NANIEK RUSTYANI, Pelaksanaan Pembelajaran Rekorder pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal.
Pengantar Kesusastraan Umum
RATIH FAJARWATI, PENGEMBANGAN MEDIA VCD PEMENTASAN DRAMA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI PEMENTASAN DRAMA UNTUK SISWA SMP.
Menanggapi Informasi dari Rubrik
REPRESENTASI HYPNOSIS DALAM NOVEL DIARY SANG KEMBANG MALAM “KUJUAL TUBUHKU BUKAN JIWAKU” (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Mengenai Hypnosis Dalam Novel.
KINERJA APARATUR KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI
Analisis Teks Wacana Fan Fiction “Asystole” di Forum SNSD Indonesia
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat memahami jalan komunikasi kreatif selain komunikasi verbal untuk menyampaikan pesan dan kesan lewat media desain Visual.
Model Komunikasi Interpersonal
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
UNIVERSITAS MERCU BUANA
Desain Komunikasi Visual UDINUS
WELCOME TO OUR PRESENTATION
HAKEKAT BANGSA DAN NEGARA
KOMUNIKASI DALAM PENYULUHAN
Dosen: ADE SURYANI, M.Soc.Sc
MEMAHAMI TEKNIK KHITOBAH MELALUI RADIO DAN TELEVISI
Sikap Masyarakat Kampung Baru Rt1/10 Kembangan Utara Jakarta Barat Terhadap Program Orang Pinggiran Di trans 7 oleh : YUDHA ADI SATRIA Seminar.
DATA DALAM PENELITIAN ILMIAH
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
KAJIAN TERHADAP TANDA Di mana ada tanda?
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADJAJARAN TELEVISI (PJTV) BANDUNG TERHADAP MINAT PEMASANG IKLAN (Study Deskriptif Kuantitatif Mengenai Strategi Komunikasi.
Semiotika FILM Dalam definisi Saussure (Sobur: 2003), semiologi merupakan “sebuah yang mengkaji kehidupan tanda-tanda di tengah masyarakat” dan dengan.
AKTIVITAS KOMUNIKASI TERAPIS ANAK AUTIS DALAM PROSES MEMUDAHKAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI DENGAN LINGKUNGAN (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas.
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS
REPRESENTASI RASISME DALAM FILM “THIS IS ENGLAND” (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES MENGENAI RASISME DALAM FILM “THIS IS ENGLAND”) Oleh : EKO NUGROHO.
KONSEP DIRI KOMUNITAS ANAK PUNK DI KOTA BANDUNG
REPRESENTASI SIMBOL ILLUMINATI DALAM ADEGAN FILM ANGELS AND DEMONS (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES DALAM ADEGAN FILM ANGELS AND DEMONS MENGENAI SIMBOL.
Oleh : Devita Futriana NIM
NAMA : JUANDI HADIWIJAYA NIM :
Konstruksi Makna Sosialita Bagi Kalangan Sosialita Di Kota Bandung
REPRESENTASI MAKNA GALAU DALAM FILM RADIO GALAU FM
MAKNA MASKULINITAS PADA TAYANGAN IKLAN DJARUM SUPER MY GREAT ADVENTURE INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA BARTHES MENGENAI MASKULINITAS PADA TAYANGAN IKLAN.
EFEKTIVITAS MAJALAH INTERNAL ‘AntarKita’ DI PT
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS
Daya Tarik Isi Pesan www. coca-colamatil. co. id oleh Humas PT
REPRESENTASI EKSPLOITASI PEREMPUAN INDONESIA DALAM IKLAN PONDS WHITE BEAUTY “PEREMPUAN SELALU INGIN YANG TERBAIK” (ANALISIS WACANA SARA MILLS TENTANG.
BAB 1 Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara
Prosedur Penelitian Semiotika Halomoan Harahap.
PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
DAYA TARIK ISI PESAN MAJALAH REL RUBRIK “MELANCONG”
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS
STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PEDESAAN PERKOTAAN (PBBP2) DI DINAS PENDAPATAN DAERAH (DISPENDA)
STRATEGI KOMUNIKASI TOUR LEADER CV. LAKSANA
PENGELOLAAN KESAN PENGAMEN TOPENG DI KOTA BANDUNG
OSA M ISMAIL MAKNA DALAM KESENIAN SISINGAAN DI DESA SUKAJAYA KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT (Studi Etnografi Komunikasi Dalam Kesenian.
Teori Semiotika ROLAND BARTHES Ketua : Restu Anggraeny Dwi Sartika ( ) Anggota : Deliana Yulianti ( ) Gilang Gandara ( )
Penjelasan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta Depok, 1 April 2019.
(30”). NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MERDEKA..!!! - INDONESIA,………..SEBAGAI NEGARA KEPULAUAN TERBESAR DI DUNIA -JUMLAH PULAU : BUAH -
(30”). NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MERDEKA..!!! - INDONESIA,………..SEBAGAI NEGARA KEPULAUAN TERBESAR DI DUNIA -JUMLAH PULAU : BUAH -ETHNIS.
Transcript presentasi:

REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM TANAH SURGA, KATANYA (Studi Semiotik Roland Barthes Mengenai Representasi Nasionalisme Dalam Film Tanah Surga, Katanya) Diajukan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu (S1) Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas Oleh : NURUL POPI INDRIANI NIM. 41808154 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KOSENTRASI HUMAS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA B A N D U N G 2 0 1 3

Latar Belakang Masalah Film sebagai media massa. Perfilman Indonesia bangkit mulai tahun 2000. Memudarnya nasionalisme di Indonesia. Fenomena Sineas berlomba menciptakan film bertemakan nasionalisme. Film Tanah Surga, Katanya yang disutradarai Herwin Novianto. Peneliti ingin mengetahui tentang pesan nasionalisme yang terkonstruksi dalam film Tanah Surga, Katanya. Dan melalui film ini juga, khalayak diharapkan dapat membuka mata pada keadaan di Negeri ini dan dapat menangkap dengan baik mengenai nasionalisme yang ada di dalam film ini. Gejala Harapan

Rumusan Masalah Makro Bagaimanakah Representasi Nasionalisme dalam Film Tanah Surga, Katanya ?

Rumusan Masalah Mikro Bagaimana makna denotasi nasionalisme dalam film Tanah Surga, Katanya ? Bagaimana makna konotasi nasionalisme dalam film Tanah Surga, Katanya ? Bagaimana mitos yang terbentuk dari makna konotasi dari nasionalisme dalam film Tanah Surga, Katanya ?

Alur Penelitian NEXT Film Sebagai Media Representasi Nasionalisme Analisis Semiotika Roland Barthes Nasionalisme dalam film Tanah Surga, Katanya signifier signified Makna Konotasi Mitos/Ideologi Makna Denotasi NEXT

Tanah Surga, Katanya Tanah Surga, Katanya Tayang : 15 Agustus 2012 Segmentasi : Remaja Jenis Film : Drama Sutradara : Herwin Novianto Penulis : Danial Rifki Produser : Bustal Nawawi Produksi : Citra Sinema Durasi : 90 Menit Pemain : Osa Aji Santoso, Fuad Idris, Ence Bagus, Astri Nurdin, Tissa Biani Azahra, Ringgo Agus Rahman, Deddy Mizwar, Andre Dimas Apri Negara : Indonesia Bahasa : Bahasa Indonesia Theme Song : Kolam Susu

Teknik Pengumpulan Data Referensi Buku Skripsi Terdahulu Internet Searching Dokumentasi Studi Pustaka Observasi Observasi Wawancara

Dosen Prodi TV dan Film STSI Bandung Informan Penelitian No. Nama Umur (Tahun) Universitas Jurusan Semester 1. Raissa Rahma S 22 ITB Seni Rupa 9 Informan Kunci No. Nama Pekerjaan 1. Hernawan Dosen Prodi TV dan Film STSI Bandung

Dua Tahap Signifikasi Barthes First order Signs reality culture Second order Denotation Connotation Myth signifier signified form content

Scene 1 (Durasi gambar, 10:00” – 11:25”) Haris: Alhamdulillah yah, berdagang di Malaysia itu sangat menguntungkan. Baru setahun saya sudah punya kedai. Sekarang ini saya bermaksud mengajak ayah dan anak-anak pindah kesana. Hasyim: Kenapa tak sekalian kau pindahkan kuburan makmu dan istri kau ke sana? Haris: Bukan begitu maksud saya yah. Hasyim: Hei Haris! Sejak tahun 65, aku sudah bertarung melawan Malaysia dan sekarang kau ajak aku kesana? Tidak! Haris: Sekarang ini bukan lagi tahun 65 yah, semua orang bebas berdagang dimana saja. Hasyim: Kalau bolehlah semua orang berdagang dimana saja, kenapa harus berdagang ke Malaysia? Percakapan Hasyim dan Haris, suasana hening hanya terdengar sesekali bunyi serangga. Signifier Seseorang yang mencintai Negara nya dan menganggap Negara lain sebagai musuhnya karena latar belakang sejarah sehingga muncul sikap anti terhadap Negara tersebut. Signified Cinta yang berlebihan pada Negaranya. Signification Paham Chauvinisme.

Scene 2 (Durasi gambar, 11:58” – 12:30”) Haris: Malaysia itu negeri yang makmur yah. Hasyim: Negeri kita lebih makmur Haris! Haris: Jakarta yang makmur, bukan disini. Kita ini dipelosok Kalimantan, siapa yang peduli? Hasyim: Haris, mengatur Negeri ini tidaklah mudah, tidak semudah membalik tangan, tahu kau?! Haris: Tapi apa yang ayah harapkan dari pemerintah? Mereka tidak pernah memberikan apa-apa untuk ayah yang pernah berjuang di perbatasan! Hasyim: Aku mengabdi bukan untuk Pemerintah. Tapi untuk negeri ini, bangsaku sendiri! Suara langkah kaki, disertai suara serangga dan suara air mengalir. Signifier Seseorang yang tidak suka jika orang lain merendahkan bangsanya dan mempertanyakan kesetiaannya. Signified Cinta Bangsa dan Negara sebagai harga mati. Signification Loyalitas dibayar dengan tangan hampa, diartikan kepolosan semata.

Scene 3 (Durasi gambar, 31:59” – 32:28”) Salman: Itu merah putih (sambil menunjuk alas dagang). Pedagang Malaysia: Saya tau ini merah, ini warna putih, ini kuning, ini hijau, ini warna coklat. Salman: Merah putih itu bendera Indonesia pak. Pedagang Malaysia: Ini kan kain pembungkus dagangan aku. Salman: Ini bendara pusaka. Pedagang Malaysia: Ini mandao pusaka kakek aku. Pergi kau!! Signifier Obrolan antara seorang anak dengan pedagang Malaysia tentang kain merah putih yang dijadikan alas dagang. Signified Sesuatu dimaknai berbeda karena tidak adanya kesamaan persepsi. Signification Pembodohan Negara diakibatkan kerdilnya sebuah pendidikan. Percakapan Salman dan Pedagang Malaysia, suara ramai pasar.

Scene 4 (Durasi gambar, 01:11:20” – 01:11:58”) Salman: Pak! Saya punya kain kualitas bagus, cocok untuk bapak. Bapak gagah kalau pakai ini. Pedagang Malaysia: (menggelengkan kepala) Salman: Bapak tidak perlu beli, tukar saja dengan kain merah putih itu. Pedagang Malaysia: Boleh lah (tersenyum). Percakapan Salman dan Pedagang Malaysia diikuti Intro lagu Tanah Airku Indonesia Signifier Seorang anak yang menukarkan sarung barunya dengan kain merah putih yang dijadikan alas dagang oleh pedagang tersebut. Signified Rela berkorban demi harga diri Negara. Signification Jiwa nasionalis, simbolisasi dari sebuah kekecewaan.

Scene 5 (Durasi gambar, 01:11:58” – 01:14:02”) Salman yang berlari dari Malaysia sampai Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih, dan menginjak berulang-ulang perbatasan Malaysia dan Indonesia. Lalu berlari ke arah desanya sambil berteriak “HIDUP INDONESIAA.. HIDUPLAH INDONESIAA.. HIDUP MERAH PUTIH!!” Signifier Seorang anak yang berpapasan oleh seseorang dari Negara tetangga di perbatasan dilihatnya sebagai tentara yang siap tempur. Signified Lemahnya ketahanan Negara akan membuka peluang bagi Negara lain untuk menguasainya. Signification Krisis ketahanan Negara yang berbanding tipis dengan krisis kepercayaan. Musik Tanah Airku Indonesia

Scene 6 (Durasi gambar, 01:23:21” – 01:30:01”) Hasyim: Salman? Salman: Ya kek. Hasyim: Indonesia tanah surga. Apapun yang terjadi pada dirimu jangan sampai kehilangan cintamu pada negeri ini. Genggam erat cita-citamu, katakana kepada dunia dengan bangga, Kami Bangsa Indonesia. Signifier Pesan yang disampaikan seorang pejuang terhadap cucunya sebelum meninggal. Signified Yakin, bangga, dan tidak menyerah demi bangsa. Signification Usaha demi Negara menjadi tameng ambisi diri. Suara petir, serangga, diselingi riuh sorak sorai pendukung Malaysia.

Kesimpulan pesan-pesan yang ada dalam film ini mempunyai maksud untuk membuka mata penontonnya untuk menyadari keadaan Negara nya serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme individu yang menontonnya Saran saran bagi para sineas agar dapat membuat film dengan tema nasionalisme lebih banyak lagi serta untuk para penikmat film agar bisa lebih menghargai perfilman Indonesia