PERSIAPAN MATRIKULASI MTSN 5 TULUNGAGUNG MUHAMAD DOPIR.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK
Advertisements

Gaya Belajar Disusun oleh : Rochmawati Pratamasiwi( ) Agustin Anggara Eni( ) Anis Saputri( ) Farah Maulida Rizkya( ) Tuyati( )
PEMBELAJARAN INOVATIF
MERANCANG PENGALAMAN BELAJAR mandiri siswa dan PENILAIANNYA
PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR
Anggota : 1. Ratri Wahyuning Rahayu. ( ) 2. Riska Nurdianah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Permainan : MENYEBUT NAMA TEMAN KENALAN DAN TOKOH
TUGAS SEMESTER PENDIDIKAN KOMPUTER.
PENDAHULUAN 1. Cara setiap siswa untuk berkonsentrasi, memproses dan menyimpan informasi yang baru dan sulit 2.
Matakuliah Pembelajaran
Paket 5 Matakuliah Pembelajaran BI MI
DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI
MUSIK UNTUK ANAK BEGERAK DALAM MUSIK.
Paket 1 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Nama Permainan : petani dan pencuri Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
MENGENAL CARA BELAJAR DEDE TRIE KURNIAWAN D1C
Games and ice breakings
PROGRAM PARENTING PENDIDIKAN SMARTEDU Dr. HENDRIK METHOD
ORIENTASI TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Oleh : Sihabudin At-Thoubani
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
Pembelajaran Membaca Pemahaman
PENGAJARAN APRESIASI PUISI ANAK
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Tema : Bermain di Lingkunganku Subtema : Beermain di Lingkungan Rumah
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOOPERATIVE LEARNING TIPE STAD KELAS IV SD OLEH : MARNIS SUSANTI.
BUILDING LEARNING COMMITMENT
Penumbuhan Budi Pekerti dalam Mencapai Penampilan, Pelayanan dan Prestasi (3P) di SMA 1.
Oleh Sukayati Widyaiswara PPPPTK Matematika YOGYAKARTA
CONTOH RPP MENULIS PERMULAAN
Modul 1 : Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Modul 2 : Mempelajari Dasar – Dasar Komputer dan Internet Modul 3 : Membantu Mengembangkan Pemikiran Kritis.
Unik Ambar Wati STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SD Unik Ambar Wati
MaRi WuJuDkAn HaRaPaNmU !!!
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) Setyani Windi Asih ( ), Dra.Emy Wuryani,
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIABENDA KONGKRIT KELAS IV Dwi Listiyani
MERANGKUM SELURUH ISI INFORMASI TEKS BUKU KE DALAM BEBERAPA KALIMAT
PERKENALAN Berguna untuk membuat suasana terasa akrab dan peserta merasa nyaman untuk berpartisipasi atau mengemukakan pendapat, perkenalan yang baik terkadang.
STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan pikiran, Perasaan,dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelpon. KOMPETENSI DASAR Berbalas pantun dengan lafal dan.
MENULIS PERMULAAN (2) PERTEMUAN KE- 8 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
Modul 5 : Mengaplikasikan Pengolaha Kata Modul 6 : Mengenal Multimedia Modul 7 : Mengaplikasikan Multimedia Modul 8 : Mengenal Lembar Kerja Apa cara umum.
Modul 1 : Mengembangkan Kecakapan
MEMILIH JURUSAN STUDI DI SMAK 2
MENGENAL 8 KECERDASAN MANUSIA
PEMBELAJARAN PECAHAN DI SD
MENULIS (2) PERTEMUAN KE-8 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
LESSON STUDY Sebagai Salah Satu Model Pembinaan Profesi Pendidik
MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
SUBTEMA I AKU DAN TEMAN BARU.
PERKEMBANGAN BAHASA.
SENI MENGAJAR GURU MATEMATIKA IDAMAN SISWA
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF
PENGORGANISASIAN KELAS DAN UNGKAPAN HARAPAN PESERTA
DITULIS OLEH : AFRIYANDI, S.Pd.SD NIP
Assalammuallaikum Wr. Wb.
SELAMAT DATANG PESERTA SOSIALISASI PELAKSANAAN PEMANTAPAN UJIAN SEKOLAH SD/MI SE KAB. BADUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 RABU, 24 JANUARI 2018.
Bab VI Bakat Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Yang Dibina Oleh Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd Tahun 2013 Oleh : 1.Ghossi Fafengki.
Modul 5 : Mengaplikasikan Pengolahan Kata Modul 6 : Mengenal Multimedia Modul 7 : Mengaplikasikan Multimedia Modul 8 : Mengenal Lembar Kerja.
Modul 5 : Mengaplikasikan Pengolah Kata Modul 6 : Mengenal Multimedia Modul 7 : Mengaplikasikan Multimedia Modul 8 : Mengenal Lembar Kerja Hari 2.
Modul 5 : Mengaplikasikan Pengolahan Kata Modul 6 : Mengenal Multimedia Modul 7 : Mengaplikasikan Multimedia Modul 8 : Mengenal Lembar Kerja.
Selamat Datang, Siswa! Nama Guru.
Selamat Datang, Siswa! Nama Guru.
UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS VII.3 SMPN 30 PADANG.
1. C T L TIPE ARTIKULASI LANJUT.
Selamat Pagi Siswa-Siswiku
Transcript presentasi:

PERSIAPAN MATRIKULASI MTSN 5 TULUNGAGUNG MUHAMAD DOPIR

TUJUAN MATRIKULASI  TERWUJUDNYA SUASANA PEMBELAJARAN ISLAMI DAN MENYENANGKAN  TERWUJUDNYA 90 % SISWA HAFAL ASMAUL HUSNA  TERWUJUDNYA KELAS BAYANGAN (SHADOW CLASS) PADA PEMBELAJARAN REGULER  TERWUJUDNYA KELOMPOK BELAJAR TPQ/MADIN  TERWUJUDNYA PEMAHAMAN DASAR2 AGAMA

TAHAPAN PELAKSANAAN BLC (BUILDING LEARNING COMMITME NT) GAME (MELIHAT POTENSI SISWA) AYO MENGAJI (MELIHAT KEM. MENGAJI) AYO BELAJAR (BELAJAR BERSAMA) TEST IQ (MELIHAT KEMAMPUA N DIRI)

BUILDING LEARNING COMMITMENT TUJUAN MENGETAHUI POTENSI KELOMPOK MAMPU BEKERJA DALAM TEAM MAMPU MEMBUAT PERATURAN/KOMITMEN

SALING MENGENAL BEKERJA DALAM TEAM MEMBUAT PERATURAN

KELOMPOKKAN ANAK MENJADI TIGA DAN SURUH BERBARIS MENURUT (ABJAD, JAUH DEKATNYA RUMAH, UMUR DARI TANGGAL LAHIR) SURUH SEBUT NAMA DAN KETENTUAN YANG DIINGINKAN LAKUKAN PERMAINAN BINGO

BEKERJA DALAM TEAM MEMBUAT YEL YEL  Cara bermain:  Bagi anak dalam beberapa kelompok;  Beri nama kelompok tersebut / suruh anak memberi nama kelompoknya;  Suruh membuat yel yel dengan menyebut nama kebanggaan kelompoknya;  Jika anak kesulitan beri contoh yel yel ;  Beri waktu beberapa menit lagi untuk memikirkan yel yel;  Suruh untuk memperagakan yel yelnya;  Gunakan yel yel setiap selesai melaksanakan tugas.

BEKERJA DALAM TEAM PERKENALAN  Cara bermain:  Membentuk lingkaran;  Bisa dimulai dari mana saja, biasanya dari ketua kelompok;  Orang pertama mengenalkan diri dengan menyebutkan nama (bisa ditambahkan hal lain biar lebih seru seperti asal, umur, cita-cita);  Orang kedua yang merupakan orang disebelah kanan orang pertama mengulangi apa yang disampaikan orang pertama dan kemudian menyebutkan namanya. Misal, “Budi dari MIN 3 Tulungagung, saya Abdi dari SD 5 Pulosari”;  Kemudian orang ketiga yang berada disebelah kanan orang kedua mengatakan “Budi dari MIN 3 Tulungagung, Abdi dari SD 5 Pulosari, saya Ismail dari MI baiturohman Gilang”;  Kemudian terus dilanjutkan sampai memutar kembali ke orang pertama;  Bagi peserta yang salah menyebutkan nama bisa diberi hukuman (misal menyebut nama yang salah 5 kali).

BEKERJA DALAM TEAM PERKENALAN MENYELURUH  Cara bermain:  SILAHKAN ANAK DALAM POSISI SEMULA  TUNJUK RELAWAN YANG MAU MAJU UNTUK MENYEBUT NAMA NAMA TEM,ANNYA SECARA KESELURUHAN  SANGAT BAIK JIKA GURU MEMULAI UNTUK MENYEBUT NAMA ANAK ANAK DALAM SATU KELAS UNTUK MENGAWALI  PERSILAHKAN RELAWAN UNTUK MAJU MENYEBUT NAMA TEMAN TEMANNYA DALAM SATU KELAS  BERI HADIAH YANG BISA MENYEBUT NAMA TEMAN TERBANYAK

MEMBUAT PERATURAN BUATLAH KESEPAKATAN DENGAN MENUNJUK KETUA KELAS, SEKRETARIS DAN BENDAHARA MEMIMPIN KEDEPAN KELAS SURUH MEMBUAT SENDIRI TUGAS DAN KEWAJIBAN KETUA, SEKRETARIS DAN BENDAHARA SERTA ANGGOTA YANG DIPIMPIN LANGSUNG OLEH PENGURUS KELAS SURUH MEMBUAT KESEPAKATAN DALAM BELAJAR SELAMA SATU MINGGU

PERMAINAN MENENTUKAN CITA CITA  PERMAINAN INI DIGUNAKAN UNTUK MENGETAHUI CITA CITA ANAK  CARANYA :  CERITAKAN TENTANG DI MADRASAH INI ANAK ANAK AKAN MENDALAMI ILMU MAKA MENURUT ANAK2 MANA YANG PALING INGIN DIDALAMI  BERI LEMBARAN KERTAS UNTUK MENULIS ILMU YANG DISENANGI  SURUH ANAK ANAK MENGURUTKAN DARI YANG DIANGGAP PALING DISUKAI SAMPAI BIASA BIASA SAJA  BERI NAMA NAMA MATA PELAJARAN YANG AKAN DISUSUN  SURUH MENDISKUSIKAN HASILNYA DENGAN TEMAN DI SAMPINGNYA, NAMUN TIDAK BOLEH MERUBAH YANG DIMILIKINYA  LANJUTKAN DISKUSI DENGAN SEBELAHNYA LAGI SEHINGGA MENJADI PENDAPAT 4 ANAK DAN SELANJUTNYA PENDAPAT ELAPAN ANAK  SURUH MENULIS URUTAN DALAM PAPAN/KERTAS SEBAGAI WAKIL DARI KELOMPOK TERSEBUT

NAMA NAMA PELAJARAN ALQUR’AN MATEMATIKA IPA IPS KOMPUTER PENELITIAN OLAH RAGA SENI

PERMAINAN KATA  PERMAINAN INI DIGUNAKAN UNTUK MENGETAHUI BAKAT MENULIS ANAK  CARANYA :  CERITAKAN TENTANG BANYAKNYA BENDA-BENDA YANG DILIHAT MULAI BERANGKAT DARI RUMAH SAMPAI DI MADRASAH  SURUH MENULIS DENGAN MENDAFTAR BERAPA BANYAK KATA YANG BISA DITULIS DALAM WAKTU 3 MENIT. (YANG PALING BANYAK DIKASIH BINTANG)  SURUH ANAK MEMILIH 10 KATA YANG PALING DIA SUKAI ATAU YANG PALING BERKESAN  SURUH PILIH 1 KATA DARI 10 KATA YANG DIPILIH  JADIKAN JUDUL PUISI

PERMAINAN MEMORI  PERMAINAN INI DIGUNAKAN UNTUK MENGETAHUI DAYA TANGKAP TERHADAP KATA DAN ANGKA  CARANYA  SEBUTKAN KATA KATA TANPA MAKNA DAN SURUH ANAK MENIRUKAN  SEBUT 10 SD 15 ANGKA ACAK DAN SURUH ANAK MENIRUKAN  UJI COBA PENJUMLAHAN YANG NILAINYA ANTARA 2 SD 20 SECARA CEPAT, DAN JANGAN DIBERI JEDA

PERMAINAN KEMAMPUAN ALQUR’AN  PERMAINAN INI DIGUNAKAN UNTUK MENGETAHUI SEBERAPA DEKAT ANAK TERHADAP ALQUR’AN  CARANYA  SURUH ANAK MEMBACA MULAI SURAT ATTAKATSUR SD ANNAS DAN SURUH ANAK MENGHAFAL NAMA SURAT  BUKA SURAT AYAT.... DAN DIBACA BERSAMA SAMA SAMPAI 10 – 15 KALI DAN SILAHKAN ANAK MENGHAFALKANNYA

PERMAINAN KEMAMPUAN IT  TUJUANNYA DIGUNAKAN SEBERAPA KESUKAAN ANAK TERHADAP IT  CARANYA  AJAK ANAK-ANAK KE LAB. KOMPUTER  SURUH MEEMBUKA MICROSOFT WORD  DAN AJARI SEBENTAR TENTANG CTRL A, CTRL B, CTRL C, CTRL U, CTRL I, CTRL V, CTRL X,  SURUH MEMPRAKTEKAN