Teknik Pembuatan Aplikasi CAI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PPB Media Pembelajaran & Pengelolaan Sumber Daya
Advertisements

Gaya Belajar Disusun oleh : Rochmawati Pratamasiwi( ) Agustin Anggara Eni( ) Anis Saputri( ) Farah Maulida Rizkya( ) Tuyati( )
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Materi 5 - Komputer Multimedia
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
Prinsip Perancangan Multimedia
Anggota : 1. Ratri Wahyuning Rahayu. ( ) 2. Riska Nurdianah
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
APLIKASI PENGENALAN TATA SURYA DAN BENDA LANGIT DENGAN Sugiarto Muhamad Anda, for further detail, please visit
Aplikasi Instruksional
JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN
Desain permodelan grafis
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA Ibnu Hidayat,
APLIKASI Amdan Ardiansyah for further detail, please visit
Latar Belakang Fenomena global warming yang mulai dirasakan.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Story Board.
1 Pertemuan 8 Memilih Media Matakuliah: D0514 / Aplikasi Software Komputer Tahun: 2005 Versi: 1.
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION. Menurut Simonson & Thompson (1994) ada enam aspek yang perlu dipertimbangkan: 1.Balikan 2.Percabangan 3.Penilaian.
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
Interaksi Manusia & Komputer
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Pengembangan Media Presentasi
PEMBELAJAAN BAHASA ARAB BEBASIS KOMPUTER Rizka Anis Mubdiurrohmah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
1.
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Materi 3 - Komputer Multimedia
Teknik Pembelajaran IPA
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK - ANAK PLAYGROUP Sandy Marino ( )
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
Materi 2 - Komputer Multimedia
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Desain Multimedia Pembelajaran
MEDIA PEMBELAJARAN.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
PENGEMBANGAN MEDIA ICT
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
Masalah yang Sering Dialami Siswa SD dalam Kegiatan Belajar
& Pengelolaan Sumber Daya
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Pengantar.
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
Story Board.
Penyajian Informasi Pembalap Motor Grand Prix Valentino Rossi Dengan Menggunakan Yuniar Liek Sambudi ( ) for further detail, please visit
for further detail, please visit
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
H. M. JUPRI RIYADI Kepala Dinas Pendidikan. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat mendasar atau umum yang harus dikuasai oleh setiap.
Transcript presentasi:

Teknik Pembuatan Aplikasi CAI Materi 5 - Komputer Multimedia

Pembuatan CAI Berusaha mencapai tujuannya sebagai suatu media alternatif dalam dunia edukasi Mengikuti kaidah pengembangan aplikasi komputer Mencoba memenuhi tujuannya agar menjadi alat utama instruksional, bukan hanya sebagai alat bantu

Menarik Perhatian Didasarkan atas pertimbangan bahwa pengguna (siswa) hanya akan menghadapi komputer, bukan seperti dalam dunia pengajaran tradisional Harus dapat memastikan bahwa pengguna tidak teralih perhatiannya dari apa yang disampaikan oleh aplikasi

Penguatan Kosmetik Menggunakan berbagai properti tampilan untuk memperkaya keluaran yang diterima siswa dalam satu saat Meliputi properti standar dalam tampilan, serta properti yang berdasarkan multimedia Penggunaan yang salah justru akan merusak tampilan

Properti Kosmetik (1) Inversi warna Kedipan Ukuran teks Jenis font Pewarnaan Suara

Properti Kosmetik (2) Musik Zooming/Panning Grafis Animasi Video dll.

Penguatan Informasi Menekankan pada informasi yang diberikan agar lebih dapat diterima dan dimengerti Menjadi petunjuk bagi siswa untuk menggunakan aplikasi dan memahami materi “Memanipulasi” informasi yang ditampilkan

Cara Penguatan Informasi Strategi Pengarah  kerangka pengarah, dapat mempersiapkan siswa Perulangan  mengulang obyek/fokus materi tertentu, pada saat tertentu pula Rekoleksi  seperti perulangan, tetapi dengan mengintegrasikan materi lain Identifikasi relasi  memuat relasi spesifik antar materi, misal dengan diagram

Melibatkan Siswa Interaksi tradisional antara siswa dan guru dapat ditiru dalam aplikasi CAI Karena CAI adalah aplikasi komputer, maka interaktivitas adalah sesuai dengan kaidah dalam penggunaan komputer Membuat siswa terlibat dalam kegiatan penyampaian materi Meningkatkan keinginan belajar siswa

Menarik Partisipasi Siswa Membuat instruksi/pengajaran terlihat lebih bermakna Tidak mengubah jalannya penyampaian materi Menggunakan prinsip personalisasi Berfokus ke context bukan pada content

Metode Pemaknaan Menggunakan suatu “nama” untuk aplikasi/komputer Menggunakan nama siswa/pengguna Mengambil dan menggunakan informasi latar belakang materi Mengintegrasikan respon awal/sebelumnya Menggunakan contoh yang relevan Memberi kendali pilihan belajar pada siswa

Pertimbangan pada Kendali Kendali diserahkan kepada komputer  terkadang melawan prinsip interaksi Kendali diserahkan kepada pengguna  dapat memunculkan masalah substantif Kendali kombinasi  variabilitas, kendali berdasarkan konteks