السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Advertisements

SYIRIK Pengertian syirik dari segi bahasa mempersekutukan,secara istilah adalah perbuatan yang mempersekutukan allah dengan sesuatu yang lain.
TAUHID; Dasar ajaran islam.
ADAB / ETIKA MENUNTUT ILMU
Powerfull Ramadhan Hidangan dari Allah Bagi Orang Beriman
KESERIUSAN HAMBA KEPADA ALLAH (bentuk keikhlasan hamba)
Dua puluh Fenomena Kekufuran Yang Membatalkan Syahadatain
Materi kls 5.
SEBAB BERTAMBAHNYA IMAN
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
Akhlaq Terhadap Rasulullah SAW.
SIKAP IKHLAS, SABAR, DAN PEMAAF
HADITS KEDUAPULUH SATU
Perkara yang akan dipelajari:
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
Larangan Pergaulan Bebas dan Perzinaan
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
PUTERI-PUTERI TERSAYANG
HAL – HAL YANG MERUSAK AQIDAH , TAUHID & IMAN : KAFIR
INFORMASI TENTANG JUJUR, AMANAH, DAN ISTIQAMAH
“TAFSIR AYAT TENTANG PENEGAKAN HUKUM”
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
SHALAT-SHALAT SUNAH BAB II KELAS 11.
Dipresentasikan oleh Ahmad Rifai
Inilah Kunci Surga Surga, dengan segala kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia, memiliki.
Kedahsyatan Dua Kalimah Syahadat
MEMAHAMI HADIST TENTANG CIRI IMAN DAN IBADAH YANG DITERIMA OLEH ALLAH
Ikhlas dan Pengaruhnya dalam Amal
Al-Fath (Lari Dari Perang)
Menemani Rasulullah di Surga
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
Hutang adalah memberikan sesuatu yang menjadi hak milik pemberi pinjaman kepada peminjam dimana pengembalian di kemudian hari dengan jumlah yang sama sesuai.
Menghormati ulama dan majelis ilmu
Etika Individu Pebisnis (Akhlaq Pebisnis Muslim)
Cinta yang membawa ke surga
WELCOME TO KEPUTRIAN 4 April 2014
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
MAWARIS السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Eksplorasi ayat-ayat al-qur’an dengan ilmu
نوا قض الايمان Yang Membatalkan Keimanan
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
SETELAH MENONTON VIDEO TERSEBUT APA SAJA DAMPAK DARI PERILAKU MEREKA.
Cinta yang membawa ke surga
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
AQIDAH UNIT 7 Kelas Bimbingan Dewasa.
BAB 2: MENJAGA AKHLAK TERHADAP ALLAH
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
Firman Allah SWT: Surah Luqman [31:17] “Wahai anak kesayanganku, dirikanlah solat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan serta laranglah (manusia) daripada.
Hadits-hadits ttg Dajjal
Cinta yang membawa ke surga
BAB 4 : PERKARA-PERKARA YANG MEMBATALKAN ISLAM DAN IMAN
TAUHID; Dasar ajaran islam.
BAB 2: AKHLAK MUSLIM TERHADAP TUHANNYA
AL QUR’AN SOLUSI SEMUA PROBLEMA
TUNTUNAN SHALAT TAHAJUD Mari Berilmu Sebelum Beramal dan Bersemangat untuk Beramal di atas Ilmu.
TAUHID; Dasar ajaran islam.
Perekonomian Dalam Islam “Jual Beli”. JUAL BELI Pengertian dan Hukum Jual Beli Rukun dan Syarat Jual Beli Macam-macam Jual Beli Bentuk-Bentuk Jual Beli.
Setiap umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan, wajib untuk menuntut ilmu, menuntut ilmu harus dilakukan dengan penuh semangat dan tidak boleh dengan.
  Nikmat Allah  “Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan dua buah bibir?” (Q.s. 90: 8-9)  Sarana.
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
presentasi hadits Tentang Iman
Transcript presentasi:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Pertemuan 12-15 Perusak Iman-Tauhid Oleh: Rohmat Suprapto

Sasaran Belajar Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang memadahi tentang hal-hal yang merusak iman, sehingga diharapkan mereka mau berusaha menghindari perusak iman. Untuk itu, mereka memerlukan pengetahuan tentang kufur dan macam-macamnya, syirik dan macam-macamnya, nifaq dan macam-macamnya, bid’ah dan macam-macamnya, takhayyul, dan khurafat

Yang Merusak Iman Kufur Kufur berarti menutupi. Maksudnya hatinya tertutup tidak mau membuka diri untuk iman. Kufur berarti juga ingkar, yaitu tidak mau menerima keterbukaan hati untuk beriman. Kufur ada dua macam, (1) kufur besar, mengingkari bagian tertentu dari Islam yang dengannya keislaman seseorang menjadi tidak sempurna, (2) kufur kecil, yaitu mengingkari bagian tertentu dari Islam, jika tidak ada yang dikufuri keislamannya menjadi sempurna. Pembagian kufur besar dan kufur kecil ini dapat disarikan dari QS. Ibrahim/14 : 18. Dengan kufur besar menyebabkan pelakuknya abadi dalam neraka (QS. Muhammad/47 : 12; al-Bayyinah/98 : 6); sementara itu dengan kufur kecil menyebabkan pelakunya tidak mesti masuk neraka, tetapi tetap memperoleh balasan siksa dari Allah, demikian pendapat para ulama.

لا يرث المسلم الكافر ولا يرث الكافرالمسلم (رواه احمد عن اسامه بن زيد) kufur Jika seseorang mati masih dalam keadaan kufur besar, dia tidak terampuni, tetapi jika mati dalam keadaan kufur kecil, ia mungkin tetap disiksa atau diampuni. Dengan kufur besar darah dan hartanya halal dan tidak berhak atas waris-mewarisi. Demikian hadis Rasulullah لا يرث المسلم الكافر ولا يرث الكافرالمسلم (رواه احمد عن اسامه بن زيد) (Tidak boleh seorang muslim mewarisi orang kafir, dan (sebaliknya) tidak boleh orang kafir mewarisi seorang muslim – Hadis riwayat Ahmad dari Usamah bin Zaid).

kufur Kufur besar, statusnya berada di luar Islam, sedang kufur kecil statusnya masih berada dalam Islam. Kufur besar bersemayam di hati, kufur kecil bersemayang pada amal perbuatan. Macam-macam kufur besar: kufur karena berdusta (QS. al-‘Angkabut/29 : 68). kufur karena ragu (QS. al-Kahfi/18 : 35-38) Kufur I’rad} (berpaling dari kebenaran (QS. al-Ahqaf/46 : 3). Kufur nifaq/munafiq (QS. Munafiqun/63 : 3) Macam-macam Kufur Kecil Kufur ni’mat (QS. an-Nah}l/16 : 112) Meninggalkan salat (QS. at-Taubah/9 : 11)

kufur من حلف بغير الله فقد كفر او اشرك (رواه ابو داود عن ابن عمر) Mendatangi peramal dan mengikuti nasihatnya. Dalam hal ini Nabi bersabda: من اتى عرافا فصدقه بما يقول فقد كفر بما انزل على محمد صلى الله عليه وسلم (رواه احمد عن الحسن) (Barang siapa mendatangi orang pintar/dukun peramal, lalu ia percaya pada ucapannya, maka ia telah kafir kepada apa yang telah diturunkan kepada Muhammad Saw. _ HR. Ahmad dari Hasan). Bersumpah kepada selain Allah. Dalam hal ini Nabi Saw bersabda من حلف بغير الله فقد كفر او اشرك (رواه ابو داود عن ابن عمر) (Barang siapa bersumpah dengan nama selain Allah berarti ia telah kafir atau musyrik- HR. Abu Dawud dari Ibnu Umar).

syirik Syirik Syirik berarti sekutu atau persekutuan. Secara praktis adalah menyamakan yang selain Allah kepada Allah Syirik dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu (a) syirik rububiyyah umpama memohon rezeki kepada selain selain Allah. (b), Syirik uluhiyyah, taat dan patuh kepada selain Allah seperti taat kepada Allah (QS. Yunus/10 : 18). Syirik juga dapat dibagi menjadi tiga dengan cara lain, yaitu: (a) syirik besar, menyembah kepada selain Allah seperti kepada Nabi, Malaikat, Manusia, patung, atau benda, (b) Syirik kecil, yaitu menyamakan sesuatu dengan Allah dalam bentuk perkataan dan perbuatan, umpama sombong, riya’, dll., (c) Syirik tersembunyi. Syirik ini sebenarnya dapat digolongkan dengan syirik kecil.

syirik Perbedaan syirik kecil dan besar. Syirik besar menyebabkan pelakuknya keluar dari Islam, sedang syirik kecil tidak menyebabkan pelakunya keluar dari Islam Syirik besar membatalkan seluruh amal pelakunya, sedang syirik kecil hanya membatalkan amal yang tercmpur dengan syirik kecil, umpama sedekah dengan disertai pamer. Syirik besar menyebabkan pelakuknya kekal di neraka, syirik kecil ada peluang untuk dientaskan dari neraka Syirik besar tidak memperoleh peluang terampuni, syirik kecil ada peluang untuk diampuni.

syirik Macam-macam syirik besar: Syirik dalam berdoa (QS al-‘Angkabut/29 : 65) * Syirik dalam niat, yaitu melakukan sesuatu bukan karena Allah (QS.Hud/11 : 15-16) * Syirik dalam ketaatan (QS. at-Taubah/9 : 31). * Syirik mahabbah (QS. al-Baqarah/2 : 165) * Syirik dalam rasa takut (QS. Al Imran/3 : 175) * Syirik dalam tawakkal (QS. al-Furqan/25 : 58; al-Maidah/5 : 23). Macam-macam syirik kecil: Syirik lahiriyyah dalam bentuk perkataan dan perbuatan seperti bersumpah dengan selain Allah Syirik tersembunyi, umpama pamer atas kelebihan yang dimiliki dibanding dengan orang lain.

nifaq Nifaq Arti asal nifaq adalah salah satu lubang tempat keluarnya yarbu’ (hewan sejenis tikus) dari sarangnya, atau lobang tempat bersembunyi. Secara prkatis lahiriah beriman, tetapi batiniaynya kafir. Nifaq ada dua macam, yaitu (a) nifaq I’tiqadi (munafiq dalam keyakinan). Profilnya beramal seperti orang Islam, tetapi batinnya kufur, umpama seseorang melakukan salat supaya gadis yang dipinang percaya bahwa dirinya muslim, padahal imannya secara non muslim; (b) nifaq ‘amali (munafiq dalam praktik), umpama ketika dipercaya ia berkhianat, ketika berbicara ternyata berbohong, ketika berjanji ternyata mengingkarinmya, dan ketika bertengkar selalu berkata kotor (HR, muttafaq ‘alaih).

riddah Riddah arti asal riddah adalah kembali. Secara praktis adalah seseorang yang semula berkeadaan non Islam, setelah itu beragama Islam, kemudian kembali menjadi non muslilm; atau keluar dari Islam. Bentuk-bentuk ridah: Mencaci Allah, Rasul, atau malaikat, mengaku menjadi nabi atau percaya kepada orang yang mengaku menjadi nabi setelah risalah Muhammad Saw. Riddah perbuatan, seperti menyembah patung, pohon, keris Riddah dengan keyakinan seperti mengatakan bahwa zina, homoseks, khamer adalah halal

riddah Ridah karena keraguan, seperti mengatakan pendita, pastur yang tampak sangat humanis rasanya tidak mungkin masuk neraka.- Status riddah: Diminta untuk bertaubat nasuha jika tidak mau bertaubat dapat/diperbolehkan dibunuh. Dalam Hal ini Nabi bersabda: وابو داود) من بدل دينه فاقتلوه (رواه البخارى (Barang siapa mengganti agamanya, maka bunuhlah dia – HR. al-Bukhari). Terputus hak waris-mewariskan dengan orang Islam Jika mati masih dalam keadaan riddah tidak berhak untuk disalati maupun didoakan.

bid’ah Bid’ah Arti asal bid’ah adalah membuat sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya. Arti praktis bid’ah adalah menciptakan sesuatu ibadah yang belum dicontohkan oleh Rasulullah. Dalam hal ini Rasulullah bersabda: من احدث فى امرنا هذا ما ليس منه فهو رد (متفق عليه): من عمل عملا ليس عليه امرنا فهو رد (متفق عليه) (Barang siapa yang membuat sesuatu yang baru dalam urusan agama kita ini yang bukan darinya (Alquran dan Assunnah) maka dia adalah tertolak – HR, Muttafaq ‘alaih; Barang siapa melakukan amalan yang tidak ada padanya urusan agama kita maka ia tertolak – Hr. Muttafaq ‘alaih).

bid’ah Macam-macam Bid’ah: Bid’ah qauliyyah, seperti mengatakan bahwa ibadahnya yang paling benar, selainnya salah padahal tidak ada contohnya dari Nabi, contohnya mengatakan bahwa dalam berjanjen posisi srakal ruh Nabi hadir di tengah-tengah lingkaran pembaca berjanjen tersebut untuk memberi berkah., Bid’ah dalam beribadah, seperti salat dua rakaat utnuk menghibur orang yang baru saja meninggal sebelum dikuburkan.

sihir Sihir Secara praktis, sihir adalah mejik (magic), seperti santet, teluh, tenung, nuju, brojo, aji-aji, pengasihan, pelarisan, rajah, jimat, haikal, hizib, wifiq, ramal, dan petung. Sihir termasuk dosa besar dan bisa mengarah kepada kemusyrikan karena ber-istikhdam kepada selain Allah.

khurafat Khurafat Arti praktis khurafat adalah berkeyakinan terhadap sesuatu yang tidak ada dasarnya dari ajaran agama Islam, contohnya orang Islam percaya bahwa ari-ari bayi yang ditanam di depan rumah supaya diberi lampu penerang di malam hari, dan supaya dikurung agar tidak dimangsa oleh Bethara kala. Orang Islam tidak berani berkorban sapi untuk udhiyyah karena akan memperoleh kecelakaan, tidak berani menikahkan pengantin anaknya di bulan syura karen takut penggantinnya akan memperoleh kecelakaan.

takhayyul Takhayyul Arti praktisnya menghayyal, membuat cerita-cerita irrasional untuk mengelabuhi orang banyak yang bisa membelokkan keteguhan iman. secara praktis, takhayyul bisa sama dengan khurafat. Yang membedakan asal dari keduanya. Khurafat telah menjadi kesadaran umum, sementara takhayyul berada dalam kreatifitas seseorang atau kelompok.

Referensi dan Penutup Referensi. Al-Qur’an al-Karim Al-Lu’lu’u wa al-Marjan (himpunan hadis muttafaqun ‘alaih) Mahasri Shobahiyah dan Imraon Rosyadi (et.all), Studi Islam I, Surakarta: UMS Press\, 2004. Penutup Semoga kita selamat dari kerusakan-kerusakan tauhid, dan memiliki kekebalan iman; amin. Wassalamu ‘alaikum wr.wb.