KONTRAK PERKULIAHAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KECERDASAN BUATAN VISKA ARMALINA, S.T., M.Eng..
Advertisements

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
HO-1 KTB401 Kecerdasan Buatan
PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
Pembuatan Sistem Cerdas atau “Tugas Praktikum” SP Genap 2008/09
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Topik Khusus 1 Pertemuan I Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom, M.Kom.
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
PENDAHULUAN.
3 SKS Samuel Wibisono, drs.MT.. Out Come Setelah mengikuti pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: latar belakang munculnya cabang keilmuan.
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
Pengenalan Pola/ Pattern Recognition Introduction
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Kontrak Kuliah.
Informatics Theory & Programming (ITP) Informatics Eng. Dept. – IT Telkom.
Sistem Temu Kembali Informasi/ Information Retrieval
Soft Computing (SC) M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I. September 2011.
Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom Chapter 2 1.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Soft Computing - Introduction
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
1 Pertemuan 26 NEURO FUZZY SYSTEM Matakuliah: H0434/Jaringan Syaraf Tiruan Tahun: 2005 Versi: 1.
PENGENALAN KECERDASAN KOMPUTASIONAL
Satuan Acara Perkuliahan
Imam Cholissodin | Algoritma Evolusi Imam Cholissodin |
PENGENALAN KECERDASAN KOMPUTASIONAL
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Teori Bahasa Otomata (1) Introduction
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
Imam Cholissodin | Algoritma Evolusi Teknik Optimasi Imam Cholissodin |
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Intelegensia Buatan Silabus Perkembangan AI
Paralelisasi dan Distribusi
Representasi & penalaran
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
PRESENTASI TUGAS REVIEW PAPER/JURNAL IMPLEMENTASI TEKNIK ARTIFICIAL INTELLIGENCE Pertemuan 14 dan 15.
KONTRAK PERKULIAHAN.
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Pendahuluan Dr. Suyanto, S.T., M.Sc. HP/WA:
Disiplin Ilmu, Metode Penelitian, Computing Method
Fakultas Ilmu Komputer
Kecerdasan Buatan (AI/ Artificial Intelligence)
I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom
Artificial Intelegence
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)
KECERDASAN BUATAN.
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
Introduction to Soft computing
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Jaringan Syaraf Tiruan Artificial Neural Networks (ANN)
KECERDASAN BUATAN By Serdiwansyah N. A..
Artificial Intelligence
Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom
EXPERT SYSTEM (SISTEM PAKAR)
Pengantar Intelegensi Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Sistem Temu Kembali Informasi/ Information Retrieval
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Transcript presentasi:

KONTRAK PERKULIAHAN

MATERI Pertemuan 1 : kontrak kuliah & pembagian kelompok FP 1 Pertemuan 2 : Pengenalan Kecerdasan Buatan dan tugas mencari paper terkait FP 1 Pertemuan 3 : Representasi Ruang Keadaan & representasi pengetahuan Pertemuan 4 : pencarian buta & heuristik Pertemuan 5 : Sistem pakar Pertemuan 6 & 7 : presentasi FP Pertemuan 8 : Dasar Machine Learning Pertemuan 9 : Dasar image processing Pertemuan 10 : Dasar Natural Language Processing Pertemuan 11 : Dasar reinforcement Learning Pertemuan 12-14 : Presentasi

Aturan Kelompok Setiap kelompok terdiri dari maksimal 4 orang, boleh sendiri, boleh berdua atau bertiga Presentasi akan dilakukan oleh perwakilan kelompok. (misalkan jumlah anggota kelompok 4 orang, maka 2 orang akan presentasi di FP 1 dan 2 orang akan presentasi di FP 2) Boleh berganti personil di pertengahan jalan, jika dirasa ada anggota kelompok yang tidak mau mengerjakan final project Kekompakan pengerjaan final project akan mempengaruhi nilai yang anda dapatkan jadi pastikan anggota kelompok yang anda gandeng adalah ORANG YANG MAU BEKERJA DAN BELAJAR BERSAMA

Final Project 1 Membuat aplikasi dan Pipeline algoritma heuristik search ketika diimplementasikan di Game Pacman Untuk nama algoritmanya bisa memilih salah satu di bawah ini atau lainnya : Greedy Genetic Algorithm (GA) Ant Colony Bee colony Simulated Annealing (SA) Particle Swarm Optimization (PSO) Teaching Learning based Optimization (TLBO) Fruit Fly Optimization Algorithm (FFO) Sine Cosine Algorithm (SCA) Cuckoo Search Algorithm (CS) Low Level Hybrid Cuckoo Peer Learning from TLBO High Level Hybrid Hybrid Sine Cosine Jaya (Adaptive) Monte Carlo Hyper-Heuristic Bahasa pemrogaman yang dipakai bebas. Bisa java, C, C++, php, bahkan flash. Sample koding program tiap algoritma akan dilampirkan silahkan di pelajari Cari minimal 3 jurnal terkait algoritma tersebut Buat Pipeline yang berisi cara kerja algoritma tersebut. Contoh pipeline akan dilampirkan.

Final Project 2 Membuat aplikasi dan Pipeline untuk kasus image processing / natural language processing Untuk algoritma yang dipakai bebas Bahasa pemrogaman yang dipakai bebas. Bisa java, C, C++, php, bahkan flash. Cari minimal 3 jurnal terkait Buat Pipeline yang berisi cara kerja algoritma tersebut. Contoh pipeline akan dilampirkan.

PENILAIAN Kehadiran : 10 % Final project 1 : 45 % Penilaian final project Aplikasi jadi dan benar + Pipeline jadi dan benar = 100 Aplikasi belum sempurna + Pipeline jadi dan benar = 90 Aplikasi tidak ada + Pipeline jadi dan benar = 75 Aplikasi tidak ada + Pipeline ¾ jadi = 65 Aplikasi tidak ada + Pipeline ½ jadi = 55 Aplikasi tidak ada + Pipeline ¼ jadi = 35 Aplikasi tidak ada + Pipeline tidak ada =

Buku Semua buku yang ada kaitannya dengan : Artificial Intelligence / Kecerdasan Buatan Sistem Pakar / Neural Network Jaringan Syaraf Tiruan / Artificial Neural Network Eas / Evolutionary Algorithm / Evolutionary Computation Pengolahan Citra & Pengenalan Pola Logika Fuzzy / Fuzzy Logic Soft Computing Robotika Computer Vision etc