Daniar Wikan Setyanto, M.Sn

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
E.Kemiripan Benda yg bentuknya mirip dikelompokan.
Advertisements

DASAR-DASAR DESAIN.
PERSEPSI PSIKOLOGI.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Psikologi Gestalt Ekarini Saraswati.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Sensasi Persepsi.
PRINSIP dan UNSUR DESAIN GRAFIS
1 28 FEBRUARI 2011 SENSASI DAN TEORI GESTALT. SENSASI “ sense” artinya alat pengindraan, yang menghubungkan organisme dengan lingkungannya. Menurut Dennis.
Sensasi dan Persepsi Akademi Perawat Panti Waluya.
0.5 SIMETRI DAN PENCERMINAN
Interaksi Manusia dan Komputer
Komponen / Elemen Desain Grafis
1 PEMBELAJARAN INQUIRY & TEORI BELAJAR KOQNITIF (GESTALT) OLEH : CASUTRI NIM KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNNES SEMARANG 2012.
PERSEPSI.
Komponen / Elemen Desain Grafis
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
PSIKOLOGI UMUM Presepsi Erdinal Mawan Sihombing Fakultas Psikologi Universita 17 Agustu 1945 Samarinda.
TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn
Basic Design Principles
PROBLEM SOLVING ADE PANJI RUKMANA NURSIDDIK TRI ANDIKA M. HATIF
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
CLOSURE, SIMILARITY, CONTINUANCE Pertemuan 5
BAB III FUNGSI-FUNGSI UTAMA MENTAL/PSYCHE
Persepsi Visual dan ILUSI
EMBROIDERY.
Psikologi Kognitif By Adam Nur Fauzan.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Tahapan Pengembangan Multimedia
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
BAB PERSEPSI DAN ATRIBUSI
Bilangan bulat Definisi dan operasi.
Semantik, Sintaktik, Pragmatik
SENI BUDAYA Disusun Oleh: Esti Sugihandayani, S.Pd.
Psikologi Gestalt Ekarini Saraswati.
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
belajar Bentuk dan Ruang
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Pengindraan (Sensasi) dan Persepsi
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Komponen / Elemen Desain Grafis
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
KOMUNIKASI VISUAL – PSIKOLOGI PERSEPSI
Principlesofdesign ngisedfoselpicnirP
Perkembangan Senirupa pada anak
Olivia Tjandra Waluya M. Si., Psi Fakultas Desain dan Industri Kreatif
Pokok Bahasan 5a PENGAMATAN
SENSASI DAN PERSEPSI.
PERSEPSI VISUAL.
TEORI BELAJAR BRUNER, GESTALT DAN BROWNELL
GESTAL Oleh: RUDI IRAWANTO.
PERSEPSI ILUSI.
Komponen / Elemen Desain Grafis
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
Aisyah Maulina, SKM, M.Si. Biopsikologi Aisyah Maulina, SKM, M.Si.
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
BAB PERSEPSI DAN ATRIBUSI
PSV3109 MULTIMEDIA KREATIF DALAM PENDIDIKAN SENI VISUAL
Komponen / Elemen Desain Grafis
TEORI PEMBELAJARAN DALAM PSIKOLOGI
Semantik, Sintaktik, Pragmatik
Pengantar MK Tinjauan Desain Daniar Wikan Setyanto, M.Sn.
OBYEK SENI DAN NILAI SENI
Transcript presentasi:

Daniar Wikan Setyanto, M.Sn GESTALT Daniar Wikan Setyanto, M.Sn

Psikologi Gestalt Secara etimologi. Kata GESTALT merupakan bahasa jerman, yang apabila dlm bhs inggris berarti “form”, “configuration” atau “shape”. Dalam bahasa indonesia artinya “bentuk” atau “pola” Gestalt adalah sebuah aliran psikologi yang mempelajari mengenai bentuk dan pola visual, serta akibatnya bagi persepsi manusia

Sejarahnya Berawal di negara Jerman, oleh seorang psikolog bernama Max Wertheimer pada tahun 1912 Kemudian dikembangkan oleh Kurt Koffka dan Wolfgang Kohler Teori ini menjelaskan proses persepsi melalui pengorganisasian komponen-komponen sensasi yang memiliki hubungan, pola, ataupun kemiripan menjadi kesatuan. Karena kedekatannya dengan dinamika visual Teori gestalt banyak dipakai dalam proses desain dan cabang seni rupa lainnya,

Keteraturan dalam sistem visual membuat indera kta mendapatkan persepsi visual yang salah Misalnya saat seseorang melihat awan, dia dengan mudah bisa menemukan bentuk muka seseorang, atau mahkluk hidup. Pola-pola keteraturan visual itulah yang menyebabkan persepsi kita salah. Hal ini disebut pragnan.

Apa anda melihat wajah dalam goresan di samping ?

Figure & Ground. Dalam Gestalt, bentuk dibedakan menjadi 2 bagian yaitu Figure (ruang positif) dan Ground (ruang negatif). Hukum ini menggambarkan pola geometric yang dihayati sebagi gambar terhadap suatu latar belakang. Apabila indera kita membalik figure & Ground maka persepsi akan berbeda

Figure & Ground dalam LOGO

Persepsi dalam Gestalt dibagi beberapa kategori yaitu Persepsi Gerak : indera cenderung menangkap gerakan dari keteraturan unsur visual tertentu. co. lampu yang menyala bergantian akan terlihat seperti gerakan. kartun merupakan gambar statis yang dibergantian secara berkesinambungan, namun pada indera kita menangkap gambar tersebut seakan-akan bergerak

Persepsi Gerak

Persepsi Total : Indera cenderung mempersepsikan sesuatu dari keseluruhan unsur visual dari pada sebagian Logo dibawah ini selalu ditangkap oleh mata sebagai 1 kesatuan bentuk, Daripada gabungan dari 7 unsur yang digabung jadi satu

Persepsi jarak : hukum persepsi visual yang berkaitan dengan jarak semakin kecil obyek dipersepsikan semakin jauh, sebaliknya semakin besar ada di depan. Semakin tinggi letak bidang dipersepsikan semakin jauh, sebaliknya semakin rendah dipersepsikan semakin dekat Semakin halus tektur dipersepsikan semakin jauh, sebaliknya semakin kasar semakin dekat Benda yang menutup dipersepsikan didepan, sedang yang ditutup dibelakang

Semakin tinggi semakin jauh Semakin kecil semakin jauh Yang menutup semakin depan Semakin halus semakin jauh

Prinsip pengorganisasian Visual Untuk mempersepsi stimulus mana menjadi figure dan mana yang ditinggalkan sebagai ground, ada beberapa prinsip pengorganisasian. Kedekatan posisi (Proximity) Kesamaan bentuk (Similiarity) Penutupan bentuk (Closure) Kesinambungan pola (Continuity) Kesamaan arah gerak (Common fate) Kesederhanaan (Simplicity)

Kedekatan posisi (Proximity) Hukum ini menjelaskan bagaimana sekumpulan obyek dikelompokkan berdasarkan kedekatan posisinya. Unsur pendukung obyek tersebut bisa sama maupun berbeda-beda bentuk. Kotak seakan-akan dikelompokkan menjadi 3, A-B, C-D dan E

Fig 1a: Huruf seakan-akan berkelompok menjadi 1 yaitu kelompok ABC ; Fig 1b: Huruf seakan-akan berkelompok menjadi 2 yaitu kelompok huruf A dan kelompok BC ; Fig 1c: Huruf seakan-akan berkelompok menjadi 3 yaitu kelompok A, B dan C

Contoh penggunaan dalam desain MTV Music Awards 2002 Grup1 Grup2 Menurut perspsi kita logo MTV dan logo the Europe Music Awards membentuk sebuah grup di sebelah kiri atas (grup 1) sedangkan logo sponsor membentuk grup yang lain di sebelah kanan bawah (grup 2). Yang dipisahkn celah yang sempit demikian pula pada contoh penggunaan dalam desain interface - Kazaa Media Desktop beriku ini

Hukum Kesamaan bentuk (similiarity) Hukum ini menjelaskan bagaimana sekumpulan obyek dikelompokkan menurut kesamaan bentuk. Dalam gambar di bawah ini lingkaran akan dikelompokkan terpisah dari segi tiga maupun kotak.

Hukum penutupan bentuk (closure) Hukum penutupan bentuk menempatkan persepsikan suatu obyek menjadi kelihatan tertutup atau komplit padahal sebenarnya tidak komplit. Walaupun semu, kotak dan lingkaran akan dibentuk dengan menutup berupa garis

Kesinambungan pola (continuity) Obyek yang mirip dapat membuat irama/gerakan yang semu. Lingkaran akan membentuk pola garis diagonal walaupun sebenarnya tersusun acak terputus

Kesamaan arah gerak (common fate) Penggunaan pola warna dan arah panah membuat otak mengelompokkan lingkaran kuning terpisah dari lingkaran biru, walaupun sebenarnya memiliki bentuk identik

Hukum Kesederhanaan (Simplicity) Hukum Kesederhanaan digunakan untuk mengelompokkan obyek menjadi bentuk/desain yang termudah atau sederhana. Hal tersebut dikarenakan indera lebih mudah menangkap bentuk yang sederhana daripada yang rumit