Generasi Gadget di Era Digital: Tantangan dan Kesiapan Perpustakaan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Ramatun Anggraini Kiemas, MSc.
Advertisements

Melejitkan Kompetensi EQ
Sejarah dan Cara Buat Blog. Apa Itu BLOG? Blog adalah situs Web Anda yang mudah digunakan, di mana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda,
PRAYITNO SMKN2 KEBUMEN HOME DESIGN KELAS 3
Vincentius Widya Iswara 14 Desember /18/2014 Workshop dan Rapat Kerja FPPTI-JATIM 2011.
GANGGUAN KONSEP DIRI Pengertian Konsep diri adalah semua pikiran, kepercayaan dan keyakinan yang diketahui tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam.
Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
PERTEMUAN KE IX LAYANAN PERPUSTAKAAN Sistem Layanan Jenis Layanan
METODE PENELITIAN KUALITATIF DR. Ami Purnamawati, DRA, MSI
Blog Sebuah blog adalah situs web Anda yang mudah-di-gunakan, di mana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain,
Online PR Judhie Setiawan
Cara Bijak Mengasuh Anak di Era Teknologi Informasi
Materi Kuliah 05 METODOLOGI PENELITIAN Progdi TEKNIK INFORMATIKA Semester Genap TA This template is in wide-screen format and demonstrates how transitions,
DIRI, KONSEP DIRI, dan PENYESUIAN DIRI
Distance Learning.
PUSTAKAWAN PLUS Elizabeth Sri Lestari. Bagaimana dengan PERAN PUSTAKAWAN ????
Mengintegrasikan TIK dalam Kebijakan Pendidikan Nasional
RENCANA KEGIATAN TAHUN 2017
Membongkar mindset pustakawan Revolusi ke-empat
KEPEMIMPINAN DALAM PERPUSTAKAAN
Mengembangkan Diri (Self Development)
Penulisan Topik Khusus
PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI
Eksistensi Perpustakaan Digital
KAPITA SELEKTA ARRAFI YUSTOMO (A2D009041)
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Membaca merupakan kemampuan yang kompleks.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMPUTER
Basis Data [TK1064] XI. Group By Di sajikan untuk Lingkungan TASS
TOPIK SEPUTAR MANAJEMEN ORGANISASI
OLEH Dwiyati Pujimulyani
FUNGSI PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN DI ERA INFORMASI
Konsep Diri By : Afrira Esa Putri.
Peran Orangtua dalam Perlindungan Anak untuk Membentuk Karakter Generasi Z
ThinkQuest Overview.
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
PROFIL GAYA BELAJAR.
Perpustakaan Sebagai Media dan Sumber Belajar.
Membangun Citra Pustakawan
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN
Budaya di Media Siber dan Budaya Populer di Media Sosial
KIAT SINGKAT: DASAR-DASAR MENULIS KARYA ILIMIAH
Enam Langkah Membentuk Budaya Perusahaan
Penelusuran Literatur Berbasis Website Pertemuan 6
BLOK I PROSES BELAJAR & HUMANIORA
Pengertian Dasar Fasilitasi
APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS USAHA KECIL DAN Febriyanti
BLOG Agus Hery Apa itu Blog? Mengapa perlu memiliki Blog?
MEREBUT HATI PEMUSTAKA: UPAYA PEMASARAN PERPUSTAKAAN
Pertemuan VIII Etika Bisnis dan E-Commerce
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
Paradigma ekonomi kelembagaan
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMPUTER
Berlatih Komunikasi Non Verbal
LMT TRUSTCO, Untuk masa depan anda
Budaya di Media Siber dan Budaya Populer di Media Sosial
BLOG.
Kebutuhan dan Sumber Informasi Pertemuan 01
DKV Campaign Ratih Pertiwi, M. Ds Pertemuan 12
LAPORAN.
By. Vanessa Christasia Harijanto
Enam Langkah Membentuk Budaya Perusahaan
KOMUNIKASI PERSONAL.
KET. INTER-INTRA PERSONAL
KET. INTER-INTRA PERSONAL
Ambiguitas Pengetahuan dan Inovasi Bisnis
MAKALAH MENDENGARKAN : KETERAMPILAN MENERIMA NIM : OLEH EDI WIYONO PROGRAM STUDI S2 PGSD.
Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan PTS di Lingkungan LL DIKTI Wilayah VI Hotel QUEST - Semarang, juli 2019 TEST START 23/10/2019 LLDIKTI WILAYAH.
Transcript presentasi:

Generasi Gadget di Era Digital: Tantangan dan Kesiapan Perpustakaan Tantangan Perpustakaan Dalam Membangun Kemampuan Baca Bagi Generasi Gadget di Era Digital Jogjakarta, 3 Maret 2015 Agus Rusmana (rusmana.fikom@gmail.com)

Generasi Gadget Ketergantungan luar biasa pada alat berteknologi Percaya: semua ada di gadget Percaya: gadget bisa melakukan semua Percaya: semua yang ada di gadget itu benar PADAHAL: Informasi tersaji dalam ruang terbatas

Perilaku Informasi Gadgeters Terbiasa dengan data dan informasi serba ringkas dan pendek Tidak lagi bersedia menyediakan waktu untuk menggali informasi Lebih suka mengumpulkan informasi yang banyak namun pendek

Perilaku Ideal (Bintz, 1993; Walberg and Tsai, 1985; Walberg and Tsai (1985) Believing that reading is important; Enjoying reading; Having a high self-concept as a reader; and Having a verbally stimulating home environment where verbal interaction takes place regularly.

Tantangan dan Kesiapan Perpustakaan Membimbing Gadgeters ke “Jalan yang Benar”

Tantangan Pengguna (pemilik) gadget luar biasa banyak (sebanyak itu pula pecinta Internet). Tertanamnya asumsi: setelah ada website, untuk apa ada perpustakaan? Adanya keyakinan: referensi dari situs jejaring sudah cukup. Perlunya mengubah pemikiran bahwa Internet adalah sumber terpilih.

Mempersiapkan Perpustakaan “Kenali Musuhmu” Menyesuaikan Diri Dengan Perilaku Informasi Pemustaka Dandani perpustakaan bergaya gadgeters Tunjukkan bahwa perpustakaan juga update Tunjukkan bahwa pustakawan lebih pandai daripada gadgeters 2. Menggiring Generasi Gadget "Back on Track“ Pustakawan berperan sebagai 'pembentuk' perilaku informasi yang benar. Membentuk citra perpustakaan sesuai dunia gadget.

Penutup Generasi gadget tidak bisa dibubarkan atau dilarang. Peran pustakawan mengelola dan mengarahkan perilaku Pustakawan mau membuka diri menerima kehadiran generasi gadget Berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan perpustakaan