KONSEP DASAR AKAD DALAM SYARIAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BANK DAN LEMBAGA KEUNGAN LAINNYA
Advertisements

Pengetahuan Dasar Akad Perbankan Syariah
“Skema Kerja Prinsip al-Wadi’ah yad Amanah
Dewi Nurul Musjtari PENGERTIAN MURABAHAH:
HUKUM KONTRAK DALAM ISLAM
Akad dan Kontrak dalam perspektif syariah dan konvesional
Entitas Ekonomi (Konvensional)
Sumber : Sri Nurhayati – Wasilah (Akuntansi Syariah di Indonesia)
AKAD & TRANSAKSI DALAM OPERASI SYARI’AH Created by: Lili Syafitri, SE., Ak.,M.Si.
Pengertian Akad Akad berasal dari bahas Arab uqud, jamak dari aqad, yang artinya mengikat, bergabung. Pengetian akad kontrak atau perjanjian antara dua.
SISTEM OPERASIONAL PERBANKAN SYARIAH
Bersihkan Perbankan Syariah?
PEMBIAYAAN MULTIJASA MUHAMMAD ARIF MAULANA
Oleh : Gemala Dewi, SH., LLM
PERBANDINGAN HUKUM POSITIF DENGAN HUKUM SYARIAH
AKAD IJARAH’ Oleh: LILI SYAFITRI.
PENERAPAN AKAD PADA PENYALURAN DANA DI BANK SYARIAH
Adalah titipan murni dari satu pihak kepada pihak lain, baik individu maupun badan hukum yang harus dijaga dan dikembalikan kepada si penitip kapan saja.
Operasional Lembaga Bisnis Syariah
BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN
Hakekat Perbankan Syariah
BANK SYARIAH.
Bank Syariah ( UU no 10 thn 1998)
MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH
MATERI Ke-8: AKAD DAN PRODUK KEUANGAN SYARIAH Pola sewa dan lainnya
DASAR HUKUM PELAKSANAAN SYARIAH/FIKIH
BANK SYARIAH.
BANK SYARIAH.
STIE DEWANTARA Produk Jasa Bisnis Syariah, Sesi 8.
PEGADAIAN SYARIAH (RAHN)
Disusun Oleh: Nini karlina ( )
ASPEK HUKUM PERBANKAN SYARIAH
SISTEM OPERASIONAL PERBANKAN SYARIAH
AKAD DALAM BERMUAMALAH
Fiqh Muamalah “AKAD” Dosen Pembimbing: ABDUL HAMID, M.A
BANK SYARIAH.
Etika Bisnis Islami Murabahah & Mudharabah Kelompok 2:
MANAJEMEN BANK SYARIAH
JENIS JASA KEUANGAN ISLAM
Tafsir Ayat dan Hadis tentang Mudharabah
PRINSIP HUKUM MUAMALAT
Universitas Esa Unggul
MANAJEMEN BANK SYARIAH
SISTEM KEUANGAN SYARIAH
KEDUDUKAN AKAD DALAM LEMBAGA SYARIAH DI INDONESIA
Oleh: Dr. Gemala Dewi, SH., LL.M Kuliah BAHI 28 September 2010
KBI 321 HUKUM EKONOMI SYARIAH ERNAWATI , SHI. MH. FAKULTAS HUKUM.
رهن Oleh : Asep Suryanto.
Oleh: Anton Sudrajat, MA
Konsep dan Prinsip-Prinsip Umum Kontrak dalam Islam
MURABAHAH DAN IMPLEMENTASINYA PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
JENIS JASA KEUANGAN ISLAM
Fiqh Muamalah “Murabahah” Dosen Pembimbing: ABDUL HAMID, M.A
DITIYA HIMAWATI, SE., MM Universitas Gunadarma
UNIVERSITAS ESA UNGGUL FAKULTAS EKONOMI
KONSEP OPERASIONAL BANK SYARIAH DAN AKAD-AKAD DALAM KEUANGAN SYARIAH
PERBANKAN SYARIAH Akuntansi Syariah: (Prof. Iwan Triyuwono) : sebagai proses akuntansi yang menyediakan informasi yang tepat/sesuai (yang tidak dibatasi.
KBI 321 HUKUM EKONOMI SYARIAH ERNAWATI , SHI. MH. FAKULTAS HUKUM.
KBI 321 HUKUM EKONOMI SYARIAH ERNAWATI , SHI. MH. FAKULTAS HUKUM.
Fungsi Sosial Bank Syariah
Akuntansi Transaksi Jasa-Jasa Syariah
PERBANKAN SYARIAH Nama Kelompok 4 : Gadis wijayanti ( )
AKAD JUAL BELI.
MATERI Ke-8: AKAD DAN PRODUK KEUANGAN SYARIAH Pola sewa dan lainnya
BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN
Akuntansi Islam.
SISTEM KEUANGAN SYARIAH
PinDIV. PEMBIAYAAN BJBS
MANAJEMEN BANK SYARIAH
MANAJEMEN BANK SYARIAH
Transcript presentasi:

KONSEP DASAR AKAD DALAM SYARIAH Agustianto

Pengertian Akad : Secara etimologis, akad atau al-‘aqdu berarti perjanjian, perikatan, kontrak dan permufakatan (al-ittifaq). Dalam Ensiklopedi Hukum Islam, akad dipersamakan dengan perikatan, perjanjian, dan pemufakatan.

Perbedaan Akad dengan Wa’ad Akad perjanjian yang mengikat dua pihak atau lebih. Wa’ad adalah janji yang mengikat sepihak. Akad berpengaruh terhadap pemindahan kepemilikan, seperti akad jual beli. Wa’ad (janji) belum mempengaruhi pemindahan kepemilian, karena hanya berupa janji. Persamaan : Wa’ad bersifat ilzam (legal binding) bagi pihak yang berjanji. Contoh wa’ad di IMBT dan wa’ad dalam Pembiayaan Line Facility. Kadang wa’ad sama kedudukannya dengan perjanjian dari segi obligatoir, seperti perjanjian line facility

قال تعالى: يا أيها الذين آمنوا أوفوا بالعقود (المائدة 5/1) قال تعالى: يا أيها الذين آمنوا أوفوا بالعقود (المائدة 5/1) Dasar Hukum Akad dari Alquran Artinya “Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. (QS al Maidah 5:1)

Definisi Akad (Menurut Rumusan Angka 1 KHES*) AQAD ADALAH KESEPAKATAN DALAM SUATU PERJANJIAN ANTARA DUA PIHAK ATAU LEBIH UNTUK MELAKUKAN DAN ATAU TIDAK MELAKUKAN PERBUATAN HUKUM TERTENTU. Definisi Akad dalam rumusan ini berlaku untuk semua transaksi ekonomi syariah *KHES = Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2008,

Bank Indonesia Nomor : 9/19/PBI/2007 Definisi Akad Akad merupakan suatu perjanjian, perikatan atau permufakatan yang dilakukan dua orang atau lebih untuk melakukan suatu perbuatan hukum tertentu yang dibenarkan oleh syara’ (hukum syariah). UU No 21/ 2008 tentang Perbankan Syariah Peraturan Bank Indonesia Nomor : 9/19/PBI/2007 KHEI Peraturan MA No 02/2008

Definisi Akad menurut UU No 21/2008 Pasal 1 angka 13 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, Aqad adalah kesepakatan tertulis antara bank syariah atau Unit Usaha Syariah (UUS) dan pihak lain yang memuat adanya hak dan kewajiban bagi masing-masing pihak sesuai dengan prinsip syariah. Menurut Pasal 1 tersebut Akad hanya merupakan kesepakatan tertulis dalam bidang Perbankan Syariah Tertulis (Kitabah) merupakan imperatif Al-Quran Surah 2 : 282.

Definisi Akad Menurut Fikih (Hukum Islam) Menurut Ensiklopdei Hukum Islam ialah : Akad ialah “Pertalian ijab (pernyataan melakukan ikatan) dan Kabul (pernyataan penerimaan ikatan) sesuai dengan syariat yang berpengaruh pada objek perikatan”. Beberapa perbuatan hukum atau tindakkan hukum dalam Perbankan Syariah yang dituangkan dalam bentuk akta Notaris, antara lain :

Jenis-Jenis Akad Ekonomi Syariah A. PRINSIP JUAL BELI (BA’Y). 1. PEMBIAYAAN MURABAHAH (Pengadaan barang dg kesepakatan besarnya keuntungan. 2. PEMBIAYAAN SALAM (Advance Payment, Jual Beli secara Indent) 3. PEMBIAYAAN ISTISHNA (Kredit Kontruksi, pembiayaan Infra Struktur)) B. PRINSIP JASA/ UPAH/ SEWA (IJARAH). 1. IJARAH (UPAH/FEE, SEWA, JASA) : Jasa Pendidikan, Sewa Barang 2. IMBT (IJARAH MUNTAHIYAH BITTAMLIK) = SEWA BELI. PRINSIP BAGI HASIL (SYIRKAH). 1. MUSYARAKAH (Kerjasama Bagi Hasil, Modalnya sharing)) 2. MUDHARABAH.(Kerjasama Bagi Hasil, Modal 100 dari Bank) 3. Musyarakah Mutanaqishah (MMq) = Musyarakah Menurun) AKAD PELENGKAP. 1. HAWALAH (Alih Pembiayaan. Pengalihan Piutang.Hutang). 2. RAHN (AGUNAN ( HT, Fiducia), GADAI). 3. Kafalah (Bortogh, Penjaminan, Personal Garansi) 4. QARD (PINJAMAN /TALANGAN SEMENTARA). 5. WAKALAH (PERWAKILAN, PEMBERIAN KUASA).

Klasifikasi Kontrak Ijarah Kafalah Salam Rahn Istishna’ Hiwalah Sharf Penjualan /Sale Kemitraan Jasa (usurfruct /services) Keamanan (Security) Commissioning Work Gratuity (Tip) Safe Custody Pinjaman Talangan Murabahah Musyarakah Ijarah Wakalah Bil Ujrah Hibah Wadiah Qardh Hadiah Salam Musyarakah Mutanaqishah IMBT Kafalah Wakalah Rahn Mudharabah Istishna’ Hiwalah Sharf

1 3 AKAD MU’AWADHAT DAN TABARRU’ Mu’awadhat = Akad Pertukaran Seperti Jual Beli murabahah, ijarah (Sewa), sharf (valuta Asing), Mudharabah, Musyarakah 3 Tabarru’ = tidak mencari untung ; tapi utk ibadah dan atau sosial, seperti hibah, infaq, sedeqah, ‘athaya, hadiah

ASAS-ASAS PERJANJIAN (AKAD) DALAM HUKUM KONTRAK SYARI’AH.

ASAS-ASAS KONTRAK SYARIAH Asas-asas akad (Perjanjian) dalam syariah IlAHIYAH /TAWHID َالْمُسْلِمُونَ عَلَى شُرُوطِهِمْ إِلاَّ شَرْطًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا Kebebasan berkontrak (Al-Hurriyah) Keadilan (Al-Adalah) Kerelaan (Al-Ridha) Kejujuran (As-Shidq) ASAS-ASAS KONTRAK SYARIAH Kesetaraan (Al-Musawah) I’TIKAD BAIK 2:282 Tertulis (Al-Kitabah) Konsensualisme (Ittifaq) Kemaslahatan / Kemanfaatan Kepatuhan Hukum Personalitas/ Kepribadian Keseimbangan Prestasi Ilzam / Perjanjian itu Mengikat

B. ASAS KEBOLEHAN (MABDA AL-IBAHAH) C. ASAS KEADILAN (AL ‘ADALAH) A. ASAS ILAHIAH ATAU ASAS TAUHID B. ASAS KEBOLEHAN (MABDA AL-IBAHAH) C. ASAS KEADILAN (AL ‘ADALAH) D. ASAS PERSAMAAN ATAU KESETARAAN E. ASAS KEJUJURAN DAN KEBENARAN (ASH SHIDIQ) F. ASAS TERTULIS (AL KITABAH). G. ASAS IKTIKAD BAIK (ASAS KEPERCAYAAN) H. ASAS KEMANFAATAN DAN KEMASLAHATAN I. ASAS KONSENSUALISME/ASAS KERELAAN (MABDA’ AR- RADA’IYYAH). J. ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK (MABDA’ HURRIYAH AT-TA’QUD) K. ASAS PERJANJIAN ITU MENGIKAT L. ASAS KESEIMBANGAN PRESTASI M. ASAS KEPATUHAN HUKUM (ASAS PACTA SUNT SERVANDA) N. ASAS KEPRIBADIAN (PERSONALITAS) HABIB ADJIE - SURABAYA

Asas Kebebasan Berkontrak الآصل في المعاملة الابا حة حتى يدل الدليل على تحريمها Pada dasarnya dalam semua kontrak itu hukumnya boleh (bebas), kecuali ada dalil yang mengharamkannya

Kaedah Fiqh Tentang Asas Kebebasan Berkontrak الأصـل فى العـقود والشروط : الجواز والصـحة ، ولا يحرم منها ويـبطـل إلا ما دل الشـرع على تحريـمه وإبـطاله ( ابن التيمية ، القواعد النورانية الفقهية ، ص131) Artinya: Menurut ketentuan Dasar bahwa akad-akad dan syarat-syarat dalam akad adalah dibolehkan dan sah; Tidak ada yang diharamkan atau dibatalkan kecuali yang dinyatakan haram dan batal oleh Syariah.” (Ibnu Taymiyah, Qaidah Nuranniyah,131)

Notaris dalam Al-Quran Di antara sekian banyak profesi manusia, notaris mendapatkan tempat dan perhatian yang istimewa dalam Alquran. Peran dan kedudulkan Notaris yang demikian penting diabadikan secara eksplisit dalam Alquran sejak 14 abad yang lalu

Ayat tentang Peran Notaris Al-baqarah 282 ياأيها الذين ءامنوا إذا تداينتم بدين إلى أجل مسمى فاكتبوه وليكتب بينكم كاتب بالعدل ولا يأب كاتب أن يكتب كما علمه الله فليكتب وليملل الذي عليه الحق وليتق الله ربه ولا يبخس منه شيئا فإن كان الذي عليه الحق سفيها أو ضعيفا أو لا يستطيع أن يمل هو فليملل وليه بالعدل واستشهدوا شهيدين من رجالكم فإن لم يكونا رجلين فرجل وامرأتان ممن ترضون من الشهداء أن تضل إحداهما فتذكر إحداهما الأخرى الشهداء ولا يأب إذا ما دعوا ولا تسأموا أن تكتبوه صغيرا أو كبيرا إلى أجله ذلكم أقسط عند الله وأقوم للشهادة وأدنى ألا ترتابوا إلا أن تكون تجارة حاضرة تديرونها بينكم فليس عليكم جناح ألا تكتبوها وأشهدوا إذا تبايعتم ولا يضار كاتب ولا شهيد وإن تفعلوا فإنه فسوق بكم واتقوا الله ويعلمكم الله والله بكل شيء عليم

Abu Al-Arabi menamakan ayat ini sebagai Ayat Al-Uzhma (ayat teragung) ; menyebut peran Notaris, saksi, filosofi asas perjanjian tertulis dan memuat 52 masalah hukum. Ayat 282 Surat Al-baqarah ini dijuluki sebagai ayat Al-mudayanah atau Ad-dayn (transaksi utang piutang). Ayat ini adalah ayat yang terpanjang dalam Alquran, yang terdiri atas 128 kata dan 504 huruf dan memuat 52 ketentuan hukum transaksi.

Membuat Akta Notaris Bank Syariah HARMONISASI HUKUM EKONOMI SYARIAH DENGAN KUHPer, UUJN/UUJN – P – UUHT – UU FIDUSIA DAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN LAINNYA

ASPEK-ASPEK YANG PERLU DIPERHATIKAN ANTARA LAIN : KETENTUAN SYARIAH DALAM UU, PBI, P-OJK, FATWA DSN-MUI, KHEI BENTUK AKTA PERBANKAN SYARIAH YANG DIBUAT DI HADAPAN NOTARIS. PENCANTUMAN KLAUSUL PENYELESAIAN SENGKETA (HARUS SESUAI PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NOMOR 93/PUU-X/2012) SAKSI AKTA NOTARIS APHT DAN SKMHT PERBANKAN SYARIAH.

UNSUR-UNSUR KONTRAK (RUKUN & SYARAT AKAD UNSUR-UNSUR (RUKUN) AKAD/KONTRAK Ijab & Qabul UNSUR-UNSUR KONTRAK (RUKUN & SYARAT AKAD Pelaku Kontrak (A’qidain) Objek itu Ada Ketika Kontrak berlangsung Sah/Halal Menurut Hukum Islam Dapat Diserahkan Ketika Akad Obyek Akad (Ma’qud Alaih) Madhu-’u l Akad (Tujuan Akad)

Lampiran Menurut Hasil Penelitian Dr.Gemala Dewi, Dosen FH Pascasarjana UI dan Pascasarjana PSTTI UI, dalam Risetnya yang berjudul Gagasan Kodifikasi Hukum Perikatan Islam Guna Menunjang Prtumbuhan Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia, Jakarta, yang dipreentasi dalam acara International Symposium on Islamic Economics oleh IAEI , 2005. Menurut Risetnya KUH Perdata (BW) yang mengambil masukan dari Code Civil Perancis ini dalam pembuatannya mengambil pemikiran para pakar hukum Islam dari Mesir yang bermazhab Maliki. Sehingga tidak aneh apabila terdapat banyak kesamaan prinsip-prinsip dalam KUH Perdata dengan ketentuan fikih Muamalah tersebut, di samping ada juga perbedaannya yang karena menggunakan hukum Romawi. Jadi, Code Napoleon di Perancis yg merupakan cikal bakal KUH Perdata (BW) Eropa modern sekarang ini sesungguhnya berpangkal pada 2 (dua) sumber yaitu Hukum Romawi dan Hukum Islam. Namun ada perbedaan antara keduanya, hukum Islam merupakan perintah Tuhan Allah yang harus dilaksanakan. Hukum Islam tidak saja mengatur aspek lahiriyah saja, tetapi selalu memandang setiap persoalan dari sudut batin dan jiwa manusia, sedangkan hukum Romawi mengutamakan lahiriah saja yakni melihat penggunaan yang nyata dalam masyarakat.  

Hukum Romawi itu terkenal dengan kodifikasi Justianus (483-565 M), yang sering disebut juga Codex Justianus atau Justinian Corpus Juris Civilis. Sedangkan Hukum Fikih Islam yang diambil oleh Napoleon itu adalah Kitab Fikih susunan Abdullah Asy-Syarqawi (1737-1812 M), ketika Napoleon menduduki Kairo. Syarqawi adalah Syaikhul Azhar (Professor) dan diminta oleh Napoleon membantu tim hukum Perancis yang diangkatnya, yaitu: 1. Portalis 2. Tronchet 3. Bigot de Peameneu dan 4. Malleville Mereka adalah para sarjana Perancis yang turut ikut bersama Napoleon Bonaparte ke Mesir.

Burgerlijk Wetboek (BW) Belanda, yang berasal dari Perancis adalah hasil prestasi godokan tim Syarqawi itu. (lihat: M. Idris Ramulyo). Beberapa pasal KUH Perdata yang sama dengan hukum Islam dapat dilihat antara lain : 1. Pasal 874 hingga 1022 KUH Perdata (BW). Yang embicarakan wasiat dan hibah wasiat menyinggung prinsip-prinsip hukum fikih. 2. Pasal 1666 sampai dengan pasal 1693 KUH Perdata (BW). Membicarakan hibah yang persis sama dengan hibah menurut hukum Islam.

3. Pasal 1730 sampai dengan 1739. tidak lain terjemahan bebas dari apa yang disebut dalam kitab fikih (hukum Islam) apa yang disebut Wadi’ah, seperti yang dimaksud dalam al-Qur’an surat an-Nisaa’ ayat 58 (Q.S. IV:58) yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah memerintahkan kamu mengembalikan titipan yang diserahkan kepada kamu dengan orang yang punya”. 4. Pasal-pasal 1320 mengenai ketentuan perjanjian 5. Pasal 1338 tentang Asas kebebasan Berkontrak. . 

Pasal-pasal mengenai sewa menyewa, jual beli, gadai, minjam meminjam, pengalihan hutang, gadai, penjaminan, dsb