Assalamualaikum Tugas Mata Kuliah ILMU KALAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEOLOGI ISLAM.
Advertisements

Pendidikan Agama Islam
KONSEPSI DEMOKRASI DAN PRAKTIKNYA DI INDONESIA
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
PERBEDAAN KONSEP AKIDAH SYI’AH DAN KHAWARIJ
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam
 Abdul Ghofur  Setiawan Gusmadi  Tedi Hendrawan  Afniati Fitriah Duru  Indra arif bismantoro
PERMASALAHAN ILMU KALAM
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
ALIRAN MURJI’AH, QADARIAH DAN JABARIAH
Manusia dan Agama.
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
PERTENTANGAN ALIRAN TRADISIONAL
Pemahaman tentang bangsa, negara, hak dan kewajiban warga negara
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep dasar Politik dan pemerintahan
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Hakekat Manusia dan Pengembangannya
SUMBER HUKUM ISLAM.
Ideologi yang Berkembang di Dunia
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
Iman Kepada Qodho dan Qodar Allah SWT
Qodho’ dan Qodar Pengertian Dalil Jenis Kisah Hikmah.
IMAN KEPADA QADA & QADAR
Hakikat Beriman Kepada Qadha & Qadar
Ideologi dan Nilai-nilai Pancasila
ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH
PERSENTASI KARYA ILMIAH AGAMA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ALIRAN QADARIAH DAN JABARIAH
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
HADITS IJTIMA’I.
IMAN KEPADA KADHA DAN KADAR
أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَافِي السَّمَآءِ وَاْلأَرْضِ إِنَّ ذَلِكَ فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللهِ يَسِيرٌ {الحج : 70}
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Hukum Islam Rabu, 21 Maret 2012 FHUI, Depok
assalamu’alaikum wr.wb
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Beriman dan Beragama.
Fifi Fitriani Laura Rachma Munyati Sulam Salwa Salsabila
PPT PKn.
Definisi Agama Agama adalah salah satu istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa sanskerta. Istilah ini terambil dari dua kata yaitu a dan.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR.
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
ILMU: Makna, Tingkat & Tujuan
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Takdir.
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
BAB 2: MENJAGA AKHLAK TERHADAP ALLAH
BAB VII Menjaga Sikap Istiqamah.
PLURALISME DALAM ISLAM
Oleh: Muhammad Salam Bin Nasip/Tariq Faiq Al-Iraqi
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
PEMIKIRAN AHLU HADIS (EKSTRIM)
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Pengantar Beberapa Pemikiran : Beberapa Pemikiran : Faham Jabbariyyah : Faham Jabbariyyah : Segala sesuatu yang telah “diatur” tanpa ada daya manusia.
Modul Pemikiran Islam Sederhana di Singapura
D. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Filsafat 1. Dinamika Pancasila sebagai Sistem Filsafat a.Pada era pemerintahan.
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
Berdirinya Daulah Bani Umayyah
Transcript presentasi:

Assalamualaikum Tugas Mata Kuliah ILMU KALAM Kelompok 4 : Chantiky Cahyanda U Anisa Aprilianti Ai Nur Azizah

BAB I Aliran Qadariyah Aliran Qadariyah Di pimpin oleh Ma’bad al- juhni al-bisri Dan ja’ad bin dirham Pada masa pemerintahan khalifah abdul malik bin marwan (687-705 M). Tahun 70 H/689 M

. Peta konsep Aliran-Aliran Sejarah Pemikiran Aliran Qadariyah Aliran Jabariyah Sejarah Pemikiran

Sejarah timbulnya Latar belakang timbulnya qadariyah ini sebagai isyarat menentang kebijaksanaan politik bani umayah yang dianggap kejam. Apabila firqah jabariyah berpendapat bahwa khaliafah bani umayah membunuh orang, hal itu karena sudah ditakdirkan Allah swt, maka firqoh qadariyah mau membatasi qodar tersebut. Mereka mengatakan bahwa kalah Allah swt itu adil, maka Allah swt akan menghukum orang yang bersalah dan memberi pahala kepada orang yang berbuat baik.

Pemikiran Firqah Qadariyah Sebagian orang orang qodariyah mengatakan bahwa semua perbuatan manusia yang baik itu berasal dari Allah swt, sedangkan perbuatan manusia yang jelek itu manusia sendiri yang menciptakannya, tidak ada sangkut pautnya dengan Allah swt.

Aliran Jabariyah . Jabariyah berasal dari kata jabara yang artinya memaksa ,awal mula jabariyah mempunyai Pemimpin yang pertama Jahm bin sofwan. Firqah jabariyah timbul bersamaan dengan timbulnya firqah qadariyah, dan tampaknya merupakan reaksi dari padanya. Daerah tempat timbulnya juga tidak berjauhan. Firqah qodariyah timbul di iraq sedangkan firqah jabariyah timbul di khurusan persia.

Pendapat Aliran Jabariyah orang orang jabariyah berpendapat bahwa manusia itu tidak mempunyai daya ikhtiar, yang mana semua gerak manusia di paksa adanya kehendak Allah swt. Jabariyah berpendapat bahwa hanya Allah swt sajalah yang menentukan dan memutuskan segala amal perbuatan manusia. Semua perbuatan itu sejak semula telah diketahui Allah swt. Dan semua amal perbuatan itu adalah berlaku dengan kodrat dan irodatnya. Manusia tidak mencampurinya sama sekali. faham jabariyah ini melampaui batas sehingga mengiktikadkan bahwa tidak berdosa kalau berbuat kejahatan karena yang berbuat itu pada hakikatnya Allah swt.

PENGERTIAN QODARIYAH Kata qodariyah berasal dari kata kerja qadara yang bermakna memutuskan. Disamping bermakna memutuskan kata itu juga mengandung makna memiliki keukatan atau kemampuan. Dalam disiplin ilmu kalam istilah qodariyah itu dipakai bagi nama suatu aliran yang memberikan penekanan atas kebebasan dan kekuatan manusia dalam mewujudkan perbuatannya Lebih jauh qadariyah berpendapat, bahwa manusia berkuasa untuk melakukan perbuatan tersebut atau kehendak dan kekuasannya sendiri. Dan juga manusia sendiri pula yang melakukan atau menjauhi pernuatan jahat atas kemampuan dan dayanya sendiri.

QADARIYAH menurut harun nasution, berasal dari pengertian bahwa manusia mempunyai kodrat atau kekuatan untuk melaksanakan kehendaknya, dan bukan berasal dari pengertian bahwa manusia terpaksa tunduk pada qodar dan kadar tuhan. Tokoh pemikir yang pertama kali menyatakan dengan suara lantang faham qodariyah ini adalah makbad al juhani, dan ternyata makbad al juhani tidak sendiri dalam kegiatan ini. Faham yang di lontarkan oleh mabad al juhani ini di sebarkan pula oleh ghailan al dimasyqi.

pengertian jabariyah jabariyah berasal dari kata jabar yang mengandung arti memaksa. nama jabariyah disangkut pautkan pada pengertian manuisa dalam perbuatan tidak mempunyai inisiatif sedikit pun. Dengan kata lain manusia dalam paham ini terikat bukan pada kehendak dari kemauan serta inisiatifnya sendiri, tetapi terikat pada kehendak mutlak tuhan. Oleh sebab itu aliran jabariyah ini menganut paham bahwa manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya.

perbedaan manusia dalam paham jabariyah terikat bukan pada kehendak dari kemauan serta inisiatifnya sendiri, tetapi terikat pada kehendak mutlak tuhan. Oleh sebab itu aliran jabariyah ini menganut paham bahwa manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam menentukan kehendak dan perbuatannya. Berbeda dengan qodariyah , qodariyah berpikir sebaliknya

Ajaran dan perkembangan jabariyah Mayoritas kaum muslimin menolak paham jabariyah ini, karena dapat menyebabkan oranng menjadi malas, lalai, dan menghapuskan tanggung jawab Menurut para ahlu sunah, bahwa segala sesuatu itu memang dijadikan oleh Allah swt. Tetapi Allah swt juga menjadikan ikhtiar dan kasab bagi manusia. Suatu yang di perbuat manusia adalah pertemuan ikhtiar manusia dengan takdir-Nya

simpulan Qadariyah berpendapat, bahwa manusia berkuasa untuk melakukan perbuatan tersebut atau kehendak dan kekuasannya sendiri. Dan juga manusia sendiri pula yang melakukan atau menjauhi pernuatan jahat atas kemampuan dan dayanya sendiri. Jabariyah mengajarkan paham bahwa manusia mengerjakan perbuatannya dalam keadaan terpaksa. Dalam hal ini, pekerjaan hamba dinafikan secara hakikat yang kemudian idsandarkan kepada Allah swt. Ini berarti manusia tidak mempunyai kebebasan dan kemerdekaan dalam menentukan kehendak dak perbuatannya, tetapi terikat pada kehendak mutlak tuhan.

. Atas kekurangannya kami minta maaf Terimakasih wasalamualaikum