Dialog, NOTIFICATion, Intent

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

MAIL MARGE ( SURAT MASAL ). NAMA KELOMPOK. :. 1. DWIN RIZPUARI. 2
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Friend. Adalah fungsi bukan anggota kelas yg dapat mengakses anggota kelas. Secara umum friend berguna jika terdapat suatu operasi yg hendak mengakses.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Pemrograman Bergerak Penyiapan Lingkungan Pengembangan.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Pengaktifan Activity secara Explicit
Penggunaan Aplikasi E-Purchasing (Pejabat Pengadaan)
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Python Script Façade in Python
DASAR MENGUASAI NETBEANS
High Level User Interface
Pemrograman Perangkat Mobile
MODUL – II MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA
Oleh Arief Bahtiar dan Tim
WIRA CHENDHA IRIYANTO ( ) PENDIDIKAN EKONOMI 3B AKUNTANSI
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
MIDlet User Interface (2)
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Membuat Kelas.
PBO Lanjutan Membuat Kelas.
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Pilar Object Oriented Programming
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Pilar Object Oriented Programming
Mendayagunakan Activity External
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Notification, Dialog, dan Intent
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Andoid Database SQLite
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
Android Location Based Services
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Pokok Bahasan Registrasi Pengguna MDN Pelaporan Verifikasi.
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Dialog, NOTIFICATion, Intent PMO 2 Pertemuan 4

Daftar anggota kelompok ALIF LUTHFI / 15.11.0136 FAHRUR AZIZ ROHMANUR AMIN / 15.11.0167 ERRINA AZIZAH / 15.11.0171 IRA ARSHINTA WARDANI / 15.11.0152 INAYATUL ISNAENI / 15.11.0145 WILDATUL AULIA / 15.11.0146

Apa itu dialog Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak fullscreen dan biasanya digunakan untuk kejadian yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan ke aksi selanjutnya.

Subkelas dialog AlertDialog Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. DatePickerDialog atau TimePickerDialog Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu.

public class FireMissilesDialogFragment extends DialogFragment { @Override public Dialog onCreateDialog(Bundle savedInstanceState) { AlertDialog.Builder builder = new AlertDialog.Builder(getActivity()); builder.setMessage(R.string.dialog_fire_missiles) .setPositiveButton(R.string.fire, new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog, int id) { } }) .setNegativeButton(R.string.cancel, new DialogInterface.OnClickListener() { }); return builder.create();

Apa itu notification Ikon yang Kecil Judul Keterangan Pesan yang ditampilkan kepada User di luar tampilan interface sebuah Program Ikon yang Kecil Judul Keterangan

Bagaimana menggunakan notifikasi Android menampilkan notifikasi yang muncul sebagai sebuah icon Untuk melihat detilnya, pengguna membuka dapat drawer pemberitahuan Pengguna bisa melihat notifikasi kapan saja di drawer notifikasi

Membuat sebuah notifikasi NotificationCompat.Builder Menetapkan UI dan actions NotificationCompat.Builder.build() Membuat sebuah notifikasi NotificationManager / NotificationManagerCompat NotificationManager.notify() masalah pemberitahuan

Contoh NotificationCompat.Builder Notifikasi = new NotificationCompat.Builder(this) .setSmallIcon(R.drawable.notification_icon) .setContentTitle(“Tugas PMO") .setContentText(“Presentasi PMO pertemuan 4");

Intens Intent merupakan suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Pada saat terjadi komunikasi antar komponen, Intent menyimpan paket informasi yang digunakan pada proses tersebut.

Komponen intens Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService(). Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Context.sendStickyBroadcast().

Intent Untuk Transfer Data Intent dapat digunakan untuk transfer data antar Activity. Pada saat sebuah Activity memanggil Activity yang lain, Intent dapat menyimpan data informasi yang ikut dikirimkan pada pemanggilan tersebut, seperti berikut ini. Intent intent = new Intent( this, ActivityProfile.class); intent.putExtra( "NAMA", "dian" ); intent.putExtra( "UMUR", 17); startActivity(intent); Pada pemanggilan Activity tersebut, dikirimkan informasi berupa data NAMA dengan nilai String “dian” dan data UMUR dengan nilai integer 17. Informasi tersebut dapat ditangkap oleh activity yang dipanggil dengan code seperti ini Bundle extras = getIntent().getExtras(); String nama = extras.getString("NAMA"); int umur = extras.getInt( "UMUR");

Intent untuk melakukan aktifitas tertentu Mengirim email, membuka halaman website, melihat lokasi pada map, merupakan aktifitas-aktifitas yang biasanya ada pada aplikasi Android. Untuk melakukan aktifitas-aktifitas tersebut, kita bisa membuat sendiri fiturnya atau bisa dengan memanfaatkan Intent untuk mengerjakannya. Intent dapat memanggil aplikasi lain untuk mengerjakan aktifitas tersebut, seperti memanggil aplikasi Gmail untuk mengirim email, aplikasi browser seperti Opera atau Chrome untuk membuka halaman website, atau aplikasi Maps untuk menampilkan lokasi pada peta.

Penerapan Dialog, Notifikasi dan Intent

Syntaks notifikasi public void Notifikasi(View v) { NotificationCompat.Builder builder = new NotificationCompat.Builder(this); builder .setSmallIcon(R.mipmap.ic_launcher) .setContentTitle("Sebuah Notifikasi") .setContentText("Notifikasi dari ALif Luthfi"); Intent intent = new Intent(this,ActivityPertama.class); TaskStackBuilder stackBuilder = TaskStackBuilder.create(this); stackBuilder.addParentStack(ActivityPertama.class); stackBuilder.addNextIntent(intent); PendingIntent pendingIntent = stackBuilder.getPendingIntent(0,PendingIntent.FLAG_UPDATE_CURRENT); builder.setContentIntent(pendingIntent); NotificationManager NM = (NotificationManager) getSystemService(Context.NOTIFICATION_SERVICE); NM.notify(0, builder.build()); }

Syntaks DIALOG private void TampilDialog(){ AlertDialog.Builder Peringatan = new AlertDialog.Builder(this); Peringatan.setTitle("Ingin keluar dari Apliaksi"); Peringatan .setMessage("Klik Ya untuk keluar!!!") .setIcon(R.mipmap.ic_launcher_round) .setCancelable(false) .setPositiveButton("Ya", new DialogInterface.OnClickListener() { @Override public void onClick(DialogInterface Peringatan, int id) { finish(); } }) .setNegativeButton("Tidak", new DialogInterface.OnClickListener() { @Override public void onClick(DialogInterface Peringatan, int id) { Peringatan.cancel(); } }).show(); }

Syntaks Intent pada activity 1 public void onClick(View v) { switch (v.getId()) { case R.id.btnAtc2: Intent intenku = new Intent(v.getContext(),Activitykedua.class); startActivity(intenku); break; case R.id.btnKeluar: TampilDialog(); break; } } }

Syntaks Intent pada activity 2 public void diklik(View v) { Intent i = new Intent(this, ActivityPertama.class); startActivity(i); }

Sumber : https://developer.android.com/guide/topics/ui/notifiers/notifications.html?hl=id https://diandeveloper.wordpress.com/2013/11/16/android-intent/ http://rakelinggar.blogspot.co.id/2014/12/membuat-notifikasi-menggunakan-alert-dialog.html