Logika dan Algoritma Agung BP Chapter 5
Pembahasan Tipe Bilangan Teknik Pengulangan dan Percabangan. (Counter)
Tipe bilangan
Tipe Bilangan Bilangan logik banya mengenal dua buah nilai: benar (true) atau salah (false). istilah "bilangan" pada "bilangan logik" dikarenakan kita dapat menyatakan "benar" dengan angka 1 dan "salah" dengan angka o (atau sebaliknya, bergantung konvensi yang kita buat).
Konstanta Karena ranah nilai tipe boolean hanya beranggotakan dua buab nilai, maka konstanta (constant) yang terdapat pada tipe ini adalah true dan false
Operasi Operasi-operasi yang dapat dilakukan terbadap tipe boolean dikenal dengan operator logika atau operator boolean. Operasi logika menghasilkan nilai true atau false. Operator logika yang umum digunakan untuk operasi logika adalah: not, and, or, dan xor.
Tabel Kebenaran
Bilangan bulat sudah umum digunakan dalam kebidupan sehari-hari Bilangan bulat sudah umum digunakan dalam kebidupan sehari-hari. Bilangan bulat adalah bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal. Integer, yaitu byte, shortint, word, Integer, dan longint.
Operasi Operasi yang dilakukan terhadap bilangan bulat ada dua macam, yaitu operasi aritmatika dan operasi perbandingan. Operator yang digunakan pada masing-masing operasi disebut operator aritmatika dan operator perbandingan (atau operator relasional).
Operasi Aritmatika Operasi aritmetika terhadap bilangan bulat dengan sembarang operator aritmetika menghasilkan nilai yang bertipe bilangan bulat juga. Simbol Operasi Aritmatika
Operator div (div=divide) adalah operator bagi yang memberikan hasil pembagian berupa bilangan bulat, sedangkan mod (Mod=modulo) memberikan sisa hasil bagi.
Operasi Perbandingan Operasi perbandingan terhadap bilangan bulat dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false). Operator perbandingan untuk bilangan bulat adalah:
Bilangan Riil Bllangan rill adalah bllangan yang mengandung pecahan desimal Contoh: 0.025 (Float)
Di dalam bahasa pemrograman paling sering ada 2 tipe bilangan riil, yaitu float dan double; Float adalah bilangan riil berpresisi tunggal (single-precision), sedangkan double adalah bilangan riil berpresisi ganda (double-precision).
Karakter @, %, &, -, $ dll Yang termasuk ke dalam karakter adalah semua huruf abjad, semua tanda baca, angka 'o', '1', ..., '9', dan karakter-karakter khusus sepertl '&', '"', '%', '1', '@', dan sebagainya. Karakter kosong (null) adalah karakter yang panjangnya nol, dan dilambangkan dengan “”.
String String adalah untaian karakter dengan panjang tertentu. String sebenarnya bukan tipe dasar murni karena disusun dari elemen-elemen bertipe karakter. Namun, karena tipe string sering dipakai dalam pemrograman, maka string dapat diperlakukan sebagai tipe dasar. Contoh: “Agung Cakep”
Tipe Data
Teknik Percabangan
Instruksi tertentu dikerjakan jika kondisinya terpenuhi. Misalkan kendaraan Anda tiba di perempatan yang ada trafficlight. Jika lampu trafficlight sekarang berwarna merah, maka kendaraan Anda harus berhenti. Langkah ini dituliskan dalam pernyataan berikut: Jika lampu trafficlight berwarna merah, maka berhenti.
Pengertian Struktur Kontrol Struktur kontrol percabangan merupakan pengatur aliran program, berbentuk rangkaian perintah yang harus ditulis untuk memenuhi beberapa keadaan, yaitu : Mengulang sebagian rutin karena tidak terpenuhinya suatu kondisi Melanjutkan sebuah pernyataan bila kondisi terpenuhi Memilih sebuah pilihan dari beberapa alternatif bila sebuah kondisi terpenuhi
Struktur Pengambilan Keputusan : If … Then If … Then … Else Case
CASE Struktur case hampir mirip dengan if then else yang digunakan untuk memilih satu blok pernyataan dari beberapa blok pernyataan. Struktur case memiliki kelebihan yaitu lebih mudah dibaca dibandingkan struktur if then else.
Bentuk Umum Switch NilaiPenguji [Case nilai1 [blokpernyataan-1]] [Case nilai2 [blokpernyataan-2]] . [Case Else [blokpernyataan-n]] End Select
Contoh di Java switch (month) { case 1: futureMonths.add("January"); case 2: futureMonths.add("February"); case 3: futureMonths.add("March"); case 4: futureMonths.add("April"); case 5: futureMonths.add("May"); case 6: futureMonths.add("June"); case 7: futureMonths.add("July"); case 8: futureMonths.add("August"); case 9: futureMonths.add("September"); case 10: futureMonths.add("October"); case 11: futureMonths.add("November"); case 12: futureMonths.add("December"); break; default: break; }
Teknik Pengulangan
Salah satu kelebihan komputer adalah kcmampuannya untuk rnengerjakan pekerjaan yang sama berulang kali tanpa kenal lelah. Pengulangan/perulangan ini dapat diartikan bahwa komputer melakukan proses berulang-ulang terhadap suatu inputan dengan batas tertentu.
Struktur Perulangan digunakan untuk mengulang satu atau lebih pernyataan sejumlah yang diinginkan. Struktur perulangan yang ada antara lain adalah : For Next Do…while While…end
while (expression) { statement(s) } while (count < 11) { System.out.println("Count is: " + count); count++;
Do… while do { statement(s) } while (expression); class DoWhileDemo { public static void main(String[] args){ int count = 1; System.out.println("Count is: " + count); count++; } while (count < 11); }