TRANSFORMASI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 03: Grafika Komputer: Windows dan Viewport
Advertisements

Titik yang terletak di tengah-tengah alas dan tutup tabung disebut titik….alas dan titik….tutup tabung.
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
TRANSFORMASI GEOMETRI
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
Praktikum Grafika Komputer
Grafika Komputer (TIZ10)
Bab 5 TRANSFORMASI.
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Dasar Representasi Titik dan Transformasi
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
TRANSFORMASI.
TRANSFORMASI GEOMETRI.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Imam Cholissodin| 04 |Transformations Imam Cholissodin|
Pertemuan 11 Interaksi User Diadaptasi dari paint.c E. Angel.
Praktikum 2.
Tipe Data - Variabel Di dalam memprogram sering dilakukan penyimpanan nilai dalam suatu variabel (mis: a = b+c ). Terlebih dahulu dilakukan deklarasi variabel.
TRANSFORMASI.
T R A N S F O R M A S I G E O M E T R I
TRANSFORMASI 2D.
Transformasi Geometri Sederhana
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Transformasi Geometri Sederhana
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Transformasi 2D Grafika Komputer.
GEOMETRI Probolinggo SMK Negeri 2 SUDUT DAN BIDANG.
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
Transformasi geometri
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
THREAD (Multi Threading).
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Transformasi.
BAB 4 Tools untuk Menggambar : Window dan viewport
Transformasi 2D.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Transformasi (Refleksi).
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
TRANSFORMASI OBJEK (TRANSFORMASI AFFINE 2D DAN 3D)
BAB VI – FRIEND (KHUSUS C++)
OPERASI GEOMETRI Yohana Nugraheni.
Transformasi 3 Dimensi Disampaikan oleh: Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Pertemuan 2 Pengantar Bahasa C dan Lingkungan Pemrograman Grafik dengan OpenGL Senin Wage, 28 September 2009.
Mengenal Warna Buah.
Transformasi 2 Dimensi.
Grafika Komputer Transformasi 2 Dimensi.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Transformasi Translasi
Pertemuan 15 Transformasi 3D dan komposisinya
DIMENSI DUA transformasi TRANSLASI.
ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR
Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si
TUGAS ANDA HANYA MENYEBUTKAN WARNANYA SAJA.
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
KELOMPOK 4 : 1. BASKORO YOGA 2. MUDIONO 3. MOHYAR ARI SISWANTO 4. SITI SUHAMI 5. TUTI SURYATUL AZMI.
Peta Konsep. Peta Konsep B. Transformasi pada Garis dan Kurva.
Peta Konsep. Peta Konsep C. Penerapan Matriks pada Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep B. Transformasi pada Garis dan Kurva.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Komposisi Transformasi.
Konsep dan Representasi Dimensi 3 (3D)
Peta Konsep. Peta Konsep C. Transformasi Geometris.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Komposisi Transformasi.
Disusun oleh : miftakhul huda, S.Pd. TRANSLASI TUJUAN : SISWA DAPAT MENJELASKAN KONSEP DAN PENGERTIAN TRANSLASI SISWA DAPAT MENENTUKAN SIFAT-SIFAT TRANSLASI.
TRANSFORMASI GEOMETRI. Apa aja sih benda yang berotasi di sekeliling kita.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
TRANSFORMASI & Flipping Coin
Transcript presentasi:

TRANSFORMASI

Transformasi Translasi  objek dipindah kelokasi baru tanpa mengubah bentuk ukuran atau orientasinya. Skala  objek diperbesar/diperkecil. Rotasi/Putar  objek diputar terhadap titik tertentu tanpa mengubah bentuk dan ukurannya.

contoh skala translasi before rotasi after

Pengenalan Konsep yang terpenting dalam grafika komputer adalah Transformasi Affine. Pada dasarnya, transformasi ini adalah memindahkan objek tanpa merusak bentuk.

Transformasi Affine Transformasi Affine mempertahankan garis dan bidang. – Mempertahankan keliniearan dan kedatarannya Garis tetap sebagai garis Bidang tetap datar

. . . Transformasi Affine mempertahankan garis dan bidang. – Jika 2 garis paralel dikenakan transformasi yang sama maka hasil setelah transformasi tetap juga paralel. – Demikian juga untuk bidang

glTranslated Akan ditranslasikan bangunan persegi dengan glTranslated( x, y, z) dan warnanya diganti dengan warna biru void myDisplay(void) { glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glPushMatrix(); glTranslated(150,150,0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glPopMatrix(); glFlush (); }

Coding : #include <windows.h> #include <gl/Gl.h> #include <gl/glut.h> void myInit(void) { gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0); } void myDisplay(void) glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glPushMatrix(); glTranslated(150,150,0); glPopMatrix(); glFlush (); void main(int argc, char** argv) glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640,480); glutInitWindowPosition(100, 150); glutCreateWindow("transformasi"); glutDisplayFunc(myDisplay); myInit(); glutMainLoop();

glRotate Bangun persegi diputar glRotate(degrees, x, y, z); , warnanya diganti dengan warna merah. void myDisplay(void) { glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); glPushMatrix(); glRotatef(30.0f, 0.0f, 0.0f, 1.0f); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glPopMatrix(); glFlush (); }

Coding : #include "stdafx.h" #include <windows.h> #include <gl/Gl.h> #include <gl/glut.h> void myInit(void) { gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0); } void myDisplay(void) glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); glPushMatrix(); glRotatef(30.0f, 0.0f, 0.0f, 1.0f); glPopMatrix(); glFlush (); void main(int argc, char** argv) glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640,480); glutInitWindowPosition(100, 150); glutCreateWindow("transformasi"); glutDisplayFunc(myDisplay); myInit(); glutMainLoop();

glScaled Atau diskala glScaled(x, y, z); dan warnanya diganti dengan kuning. void myDisplay(void) { glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glPushMatrix(); glScalef(0.5f, 0.5f, 1.0f); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glPopMatrix(); glFlush (); }

Coding : #include "stdafx.h" #include <windows.h> #include <gl/Gl.h> #include <gl/glut.h> void myInit(void) { gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0); } void myDisplay(void) glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); glRectf (300.0, 200.0, 400.0, 300.0); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glPushMatrix(); glScalef(0.5f, 0.5f, 1.0f); glPopMatrix(); glFlush (); void main(int argc, char** argv) glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640,480); glutInitWindowPosition(100, 150); glutCreateWindow("transformasi"); glutDisplayFunc(myDisplay); myInit(); glutMainLoop();