PLURALITAS KEAGAMAAN DI INDONESIA Jurnal Teologi “Gema” No 47/1994, UKDW.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KRISTUS, HUKUM DAN INJIL
Advertisements

MATERI BINA SUAMI-ISTRI GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT
Kebaktian Minggu, 6 Jan 2013 Kebun Handil, Jambi 10 wib - selesai Bacaan: Roma 1:1-16.
Kisah Para Rasul 15:1-21 TANTANGAN DOKTRINAL.
Kehadiran : 13 orang/Pemusik :Bpk.Oni Nussy&Bpk.Piter/Pengkhotbah : Pdt.Anthonetha Manobe,S.Th.
Memberi tempat bersama Dia di sorga Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan- Nya kepada kita,. (Efesus.
Kepentingan Wahyu Bagi Kehidupan Gereja Wahyu 1:1-3 Oleh :
GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
MATERI KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 16 AGUSTUS 2010
PELAYANAN SETIAP ANGGOTA
KEDATANGAN YESUS Lesson 1 for April 4, 2015.
TUHAN DALAM AGAMA KRISTEN
PENEUMATOLOGI Pertemuan ke 6.
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
Apa itu Institusi sosial?
Presentasi Agama Kristen tentang “Agama Katholik”
KEMAJUAN PERADABAN DUNIA (Hubungan Iman Kristen dg Ilmu Pengetahuan)
OTORITAS PAULUS DAN INJIL
KESATUAN INJIL Lesson 3 for July 15, 2017.
SERUAN PASTORAL PAULUS
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
TRINITAS.
KEHIDUPAN JEMAAT (1 TES 5:12-28) Lesson 10 for September 8, 2012.
Maria Angelia Christine, Simangunsong, S,Th, M.Pd.k
MELESTARIKAN HUBUNGAN
MENJADI KATOLIK 4/16/2018 Drs. A. P . Oenarto.
ALKITAB/ KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA/ PERJANJIAN. BARU
Pokok Bahasan IV TOLERANSI BERAGAMA
RASUL PAULUS DI ROMA Lesson 1 for October 7, 2017.
Membuka Hadiah Terbesar Natal
INJIL DATANG KE TESALONIKA
ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)
Lesson 2 for October 14, 2017 PERTENTANGAN.
Ps. Danny Hanafi.
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Kerukunan Antar Umat Beragama
Kasih Karunia.
Berkhotbah Subyek Yang Kontroversial
BERSUKACITA DAN BERSYUKUR
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
IMAN ABRAHAM Lesson 5 for November 4, 2017.
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
MENGALAHKAN DOSA Lesson 7 for November 18, 2017.
WE ARE ONE Kisah Para Rasul 2:41-47.
Berasal dari bahasa Arab Dari 2 kata AL Dan Kitab AL : kata sandang atau tambahan Kitab : Buku/Kitab Jadi Alkitab : Buku itu / Buku / Kitab Bahasa.
KEHIDUPAN KRISTEN Lesson 13 for December 30, 2017.
Oleh : Joni Ahmad Mughni, S.EI., M.E.Sy
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
TAHANAN DI KAISAREA Lesson 12 for September 22, 2018.
PERJALANAN KE ROMA Lesson 13 for September 29, 2018.
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
Membangun Komunitas Dialogal
MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018.
PELAYANAN PETRUS Lesson 6 for August 11, 2018.
PARA PEMIMPIN GEREJA MULA-MULA
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
KEHIDUPAN DALAM GEREJA MULA-MULA
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
GAMBARAN-GAMBARAN PERSATUAN
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
PERSATUAN DALAM IBADAH
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
PERSATUAN DAN HUBUNGAN YANG RUSAK
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
KELUARGA - KELUARGA BERIMAN
Transcript presentasi:

PLURALITAS KEAGAMAAN DI INDONESIA Jurnal Teologi “Gema” No 47/1994, UKDW

Istilah ‘Pluralitas’  kejamakan cara berfikir, cara hidup, dan cara beragama.  adanya kepelbagaian di dunia. Pluralitas Internal Umat Islam  Sunni (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali), Syiah Kristen  Main stream, kharismatik Hindu  Hindu Dharma/Bali, Hindu Tengger, Hindu Kaharingan, Sikh Buddha  Hinayana, Mahayana, Tridharma, Nicerent Syosyu Indonesia.

Model Eksklusif disebut juga evangelical yang konservatif Yesus Kristus satu-satunya jalan keselamatan Inklusif disebut juga Kristen Potestan Mainstream Penyataan umum Allah juga terdapat di agama-agama lain, tetapi penyataan khusus tetap di dalam Yesus Kristus. Katholik “Tanpa gereja tidak ada keselamatan”. Di luar gereja, melalui agama lain ada keselamatan, hanya peranan gereja tidak bisa diabaikan. Sebab kepenuhan keselamatan hanya dicapai melalui peran serta dari gereja. Pluralistik Tidak ada satupun yang memuat seluruh penyataan Allah. Ada banyak jalan menuju keselamatan.

Dampak : –‘Fundamentalisme’ yang cenderung mengklaim agamanya sendiri sebagai jalan kebenaran satu-satunya. –‘Proselitisme’ yang menolak kebenaran agama lain dan menjadikan pengikut agama lain menjadi pengikut agama sendiri dengan berbagai cara. –‘Sinkretisme’ yang bersifat kompromistis dengan cara mencampur-adukkan keyakinan agama-agama. –‘Inklusivisme’ yang berusaha untuk menggapai kesatuan agama-agama

Model Teosentris Knitter Didahului pendapat John Hick, Raimundo Panikkar, Stanley Samartha : Pusat iman bukan Kristus, melainkan Allah. Penyataan dan penyelamatan Allah tidak hanya melalui Kristus sbg satu-satunya jalan keselamatan  kontroversial ! Knitter mencoba melihat keunikan Kristus. Seluruh ajaran, misi, karya Yesus dlm PB sebelum kematian dan kebangkitanNya bersifat theosentris. Setelahnya bergeser ke Kristosentris. Menjalankan teologi global, suatu teologi yg terbuka dan saling melengkapi dalam melihat kebenaran dan dalam mewujudkan keselamatan.

(Kisah 17:16-34). PERTANYAAN PEMANDU 1.Apa yang dilakukan Paulus terhadap situasi pluralistik? 2.Tugas menjadi surat Kristus yang hidup harus dilakukan. Bagaimana cara yang elegan supaya tetap tercipta kerukunan ?

Rasul Paulus menunjukkan sikap yang inklusif sekaligus beriman eksklusif ketika ia berbicara di Athena (Kisah 17:16-34). –sikap inklusif dengan bertukar pikiran dengan orang-orang Yahudi dan para filsuf Epikuri dan Stoa. Ia mempelajari kitab suci dan tulisan para pujangga mereka. Ia tidak menolak kerinduan orang-orang dalam menyembah ‘Allah Yang Tidak Dikenal’ –Paulus sedih hatinya melihat banyaknya berhala dan kuil- kuil di kota itu, karena itulah iman eksklusifnya menghasilkan suatu kesaksian bahwa ‘Yang Tidak Dikenal’ itu diperjelasnya dengan memperkenalkan keunikan Allah yang menjadikan langit dan bumi, dan Injil tentang Yesus yang telah bangkit. –Tidak memaksa orang lain mengikut Kristus (proselitisme) melainkan ia men’share’kan imannya dan biarlah orang lain yang menentukan iman mereka sendiri.

APA KATA ALKITAB ? Yosua 24:15 II Sam 22 : 32 I Raja-Raja 18:21 Mat 24 : 4 Mat 6 : 24 Kisah Rasul 14 : 15 Yohanes 14 : 6 BAGAIMANA SIKAP ORANG KRISTEN YG HIDUP DI MASYARAKAT YG MENERIMA PLURALISME AGAMA ?.

SIKAP ORG KRISTEN Tidak bersifat eksklusif dalam segala hal tetapi bersikap eksklusif dalam kredo (pengakuan percaya). Jadi eksklusivisme dalam iman perlu namun ini jangan menjadikan kita eksklusif dalam sikap. Kita dapat menerima kehadiran agama-agama lain dengan sikap terbuka yang inklusif bahwa semua adalah umat manusia yang dikasihi oleh Tuhan yang berpribadi yang menyatakan diri dalam Kristus, namun penerimaan ini tidak harus menuju sikap yang menganggap semua jalan itu sama atau menganggap bahwa penganut agama lain sebagai ‘kristen anonim’ tetapi kita dapat menganggap mereka sebagai umat manusia yang tetap membutuhkan karunia keselamatan dari Tuhan, dan kita jangan berspekulasi mengenai ‘semua jalan ke Roma’ melainkan kita perlu untuk bersaksi mengenai ‘via dolorosa’ jalan menuju ke Golgota.