Ibnu khaldun Sosiolog ISLAM DUNIA http://ninaono.blogspot.co.id/2012/11/bapak-sosiologi-muslim-dunia-ibnu.html.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah
Advertisements

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Karya Ilmiah Sederhana
PENULISAN SEJARAH ZAMAN IBN KHALDUN
KHILAFAH ABBASYIAH (132 H/750 M-656 H/1258 M)
NABI MUHAMMAD SAW. DAN PERUBAHAN MASYARAKAT ARAB
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Anggota Kelompok 2 Asmawati Ike Atmaja Wati Radda Mutia Y. Riski Novita N. Amanda F.P.
PERSPEKTIF TEORI PERUBAHAN SOSIAL: TEORI SIKLUS
TEORI SOSIOLOGI KONFLIK KLASIK
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
PAISAL SALMAN ALPARIDJI ( )
PERINTIS & TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI ANDALUS PADA ABAD VII-X M
Muhammmad Noor Hidayat, M I Kom
Bismillahirrahmaanirrahiim Assalam’alikum Wr,wb
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
IBNU BAJJAH AIK – 3 (Kimia dalam Perspektif Islam)
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta 2013
BAB I PENDAHULUAN 1 Latar Belakang
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
AL-KHAWARIZMI ( M) Oleh : Lia Lu’lu’ul Lutfiyah B2C014002
Sejarah sosiologi: kelahiran dan perkembangannya Awan jeminy putra e
BAB 12 AKIBAT PENGARUH DARWINISME YANG MENYESATKAN
Ilmu Sosial Dasar.
Ruang Lingkup, Kedudukan, dan Hubungan IPS
TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
BAB 3 MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA
TRADISI SURAN SENDANG SIDUKUN DAN NILAI GOTONG-ROYONG PADA MASYARAKAT DESA TRAJI, KECAMATAN PARAKAN, KABUPATEN TEMANGGUNG (Kajian Antropologi-Sosiologi)
Perkembangan Peradaban Islam pada Masa Kejayaan
Pembaharuan dalam Islam
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
(IBD) ILMU BUDAYA DASAR Kian Amboro, M.Pd.
SISTEM SOSIAL DAN PERSPEKTIF GLOBAL
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
“Sosiologi Perkotaan”
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
Pendekatan Sejarah Studi Islam
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
assalamu’alaikum wr.wb
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Iklim dan Lama Terjadinya Perubahan
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
ISLAM DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA
AKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN
By: Rizqi Rahmawati Sau-pee Kuechi Trisna Ulfa Mayukha
Peradaban Islam Pada Masa Bani Abbasiyah
IUS 4183 PEMIKIRAN ISLAM SEMASA TAJUK: SAYYID JAMALUDDIN AL-AFGHANI
Konsep dan pendekatan sosiologi
Sejarah Tamadun Islam 2 Intelektual Part 2.
BAB 2 : KEDATANGAN ISLAM KE BENUA EROPAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
BAB 3 : KEDATANGAN ISLAM KE BENUA AFRIKA
Pengantar Sosiologi.
KLASIFIKASI FILSAFAT Filsafat BaratFilsafat Timur Filsafat Timur Tengah KLASIFIKASI FILSAFAT, SEJARAH LAHIRNYA FILSAFAT DAN SEJARAH PERKEMBANGAN FILSAFAT.
ANTROPOLOGI.
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
URBANISASI : MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN Sumber : Sosiologi Suatu Pengantar. Prof. DR. Soerjono Soekanto, Dra. Budi Sulistyowati MA. MATA KULIAH.
Sejarah Tamadun Islam 2 Intelektual Part 2.
Assalamualaikum Wr.Wb.. KETERPADUAN IPTEK DAN ISLAM “Pengaruh Ilmu Pengetahuan yang Dikembangkan Umat Islam Terhadap Peradapan Eropa dan Barat” Nama kelompok.
Nama Kelompok: 1. Alfinda Cahya S. 2. Astri Okta Yuliana 3. Ka’imfa Puji A. 4. Mitra Fitria N. 5. M. Dani Kurniawan 6. Saida Azizah A. 7. Zanuar Syaifudin.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
BAB 5 : KERAJAAN BANI ABBASIYYAH
Transcript presentasi:

Ibnu khaldun Sosiolog ISLAM DUNIA http://ninaono.blogspot.co.id/2012/11/bapak-sosiologi-muslim-dunia-ibnu.html

A. Biografi dan Pendidikan Segala bidang intelektual dibentuk oleh setting sosialnya, terutama berlaku untuk ilmu sosial seperti sosiologi dimana  tidak hanya berasal dari kondisi sosialnya, tetapi juga menjadikan lingkungan sosial sebagai basis masalah pokoknya. Kebanyakan dari masyarakat menganggap istilah sosiologi itu muncul dari peradaban barat sebagai fenomena yang relatif modern

Istilah sosiologi tidak hanya berasal dari tokoh sosiolog barat, namun ada juga tokoh sosiologi yang berasal dari negeri muslim, seperti Ibnu Khaldun. Tokoh yang dibahas ini memiliki nama lengkap yaitu : Waliy al-Din ‘Abd al-Rahman bin Muhammad bin Muhammad binMuhammad bin al-Hasan bin Jabir bin Muhammad ibn Ibrahim bin ‘Abdal-Rahman bin Khaldun 

Ibnu Khaldun merupakan seseorang yang berkebangsaan Tunisia Ibnu Khaldun merupakan seseorang yang berkebangsaan Tunisia. Ia lahir di Tunisia, Afrika Utara pada permulaan bulan ramadhan tanggal 27 Mei 1332 (Faghirzadeh dalam Ritzer, 2004:8). Terlahir dari keluarga Andalusia (Spanyol) yang berimigrasi dari Andalusia (Spanyol) ke Tunisia pada pertengahan abad ke 7 H dan juga merupakan keluarga terpelajar, Ibnu Khaldun mengenyam pendidikan dengan masuk ke sekolah al-Quran, kemudian mempelajari ilmu matematika dan sejarah. Semasa hidupnya, ia bekerja sebagai duta besar, bendaharawan, dan anggota dewan penasihat Sultan di berbagai negara seperti Tunisia, Maroko, Spanyol, dan Aljazair.Seorang Ibnu Khaldun bukan hanya orang yang memiliki akar yang kuat dalam hal keagamaan, ilmu tassawuf, fikih, dan bahasa Arab, tetapi juga sebagai sarjana yang mempelajari dan menguasai ilmu-ilmu sosial.

Ayah Ibnu Khaldun meninggal karena terkena penyakit pes yang mewabah pada tahun 1348-1349 M, pada waktu itu Ibnu Khladun baru berumur tujuh belas tahun. Akibatnya, Ibnu Khaldun tidak bisa melanjutkan studinya di Tunisia, dan juga pindahnya para ulama dan sastrawan yang mengajari Ibnu Khaldun ke Magrib, al-Aqsa akibat serangan wabah pes. Namun Ibnu Khaldun tidak patah semangat. Di masa muda, ia bekerja di istana Abu Inan Fez pada tahun 755 Hijriyah (1354 M), Ibnu Khaldun pernah mengalami kehidupan di balik penjara sebagai narapidana selama 2 tahun di Maroko karena keyakinannya bahwa penguasa negara bukanlah pemimpin yang mendapatkan kekuasaan dari Tuhan (Ritzer dan Goodman, 2004:8).

Karya yang dihasilkannya : Muqaddimah yang berisi 6 bab yaitu Peradaban Umat Manusia Secara Umum (Sosiologi Umum), Masyarakat Pengembara, Kabilah-kabilah dan Etnis yang Liar (Sosiologi Pedesaan), Dinasti, Kerajaan, Khilafah, Pangkat Pemerintahan (Sosiologi Politik), Negeri dan Kota (Sosiologi Kota), Pertukangan, Kehidupan, Penghasilan dan Segala Aspeknya (Sosiologi Industri), Ilmu pengetahuan, Cara Memperolehnya dan Mengajarkannya (Sosiologi Pendidikan). Selain itu karyanya yang lain berjudul Al- Ibar, Al-Ta’rif, dan Syifa’al-sail li Tahdhib al- Masa’il. Karya yang dihasilkan selama 5 tahun itu meningkatkan kemasyhuran dan membuat ia diangkat menjadi guru di pusat studi Islam Universitas Al-Azhar di Kairo. Dalam mengajarkan tentang masyarakat dan sosiologi, Ibnu Khaldun menekankan pentingnya menghubungkan pemikiran sosiologi dan observasi (Ritzer dan Goodman, 2004:8)

B. pemikiran Melalui karya buku Muqaddimah, Khaldun menyumbang pemikiran metodologi ilmiaberupa kajian teoritis empiris di bidang ilmu-ilmu sosial jauh sebelum munculnya tokoh sosiologi August Comte. Dalam metodologinya, Khaldun amat mengutamakan data-data empirik, verifikasi teoritis, pengujian hipotesis, dan metode observasi yang kesemuanya merupakan dasar-dasar pokok dalam penelitian keilmuan Barat dan dunia pada umumnya. Khaldun menurut Garaudy, juga telah menunjukkan adanya pengaruh iklim, geografi, dan keadaan ekonomi terhadap kehidupan bangsa-bangsa, mempelajari struktur dan fungsi masyarakat bertitik tolak dari pembagian kerja, peranan solidaritas sosial (asshobiyah) dalam pembentukan negara dan kehancuran kekuasaan imperium serta membuktikan bahwa perbedaan cara mencari kehidupan akan mempengaruhi adat kebiasaan dan pikiran bangsa-bangsa (Ahmad, 2001:22).

Khaldun juga menunjukkan adanya pengaruh iklim, geografi, dan keadaan ekonomi terhadap kehidupan bangsa-bangsa, mempelajari struktur dan fungsi masyarakat bertitik tolak dari pembagian kerja, peranan solidaritas sosial (asshobiyah) dalam pembentukan negara dan kehancuran kekuasaan imperium serta membuktikan bahwa perbedaan cara mencari kehidupan akan mempengaruhi adat kebiasaan dan pikiran bangsa-bangsa (Ahmad, 2001:22).

Dalam analisis Khaldun mengenai timbul dan tenggelamnya negara-negara Dalam analisis Khaldun mengenai timbul dan tenggelamnya negara-negara. gejala-gejala itu juga akan terlihat pada kehidupan yang bersifat nomaden (berpindah-pindah) seperti kehidupan orang-orang Badui, Barbar, Turki, dan Kurdi. Ibnu Khaldun membagi dua jenis kelompok sosial yang keduanya memiliki karakter yang cukup berbeda. Pertama “badawah” yaitu masyarakat yang tinggal di pedalaman, masyarakat primitif, atau tinggal di daerah gurun. Khaldun sering menyebut masyarakat ini sebagai masyarakat Badui. Kedua, “hadharah” yaitu masyarakat yang identik dengan kehidupan kota di mana Khaldun sering menyebut masyarakat ini sebagai masyarakat perkotaan. Masyarakat kota menurut Khaldun banyak berurusan dengan kehidupan yang enak, mewah, dan banyak mengikuti hawa nafsu. Masyarakat Badui, walaupun juga sama berurusan dengan duniawi, tetapi mereka masih dalam batas yang wajar atau hanya sesuai kebutuhan dan bukan dalam kemewahan, hawa nafsu, dan kesenangan (Khaldun dalam Sunanto, 2011:31)

Kondisi fisik tempat tinggal masyarakat Badui memiliki pengaruh besar dalam kehidupan beragama mereka. Masyarakat Badui yang hidup sederhana dibanding dengan masyarakat perkotaan dan hidup dengan kesederhanaan, memiliki tingkat ketakwaan yang lebih dibandingkan dengan masyarakat kota. Orang Badui memiliki sikap pemberani dari pada orang kota karena memang orang Badui itu jauh dari kemewahan dan untuk segala apapun harus dilakukan dengan tenaga yang tentunya tidak mudah dan ini sering disebut masyarakat mekanis. Berbeda dengan orang kota yang masyarakatnya sudah bersifat organis di mana hidupnya lebih suka pada yang mewah-mewah, hidup ingin yang serba mudah dan praktis, sehingga membuat kebanyakan masyarakat kota menjadi malas-malasan. Selain itu, masyarakat Badui memiliki ikatan solidaritas yang sangat kuat dan membuat mereka mampu mempertahankan diri. Khaldun menyebut solidaritas sosial dengan istilah ‘asshobiyah (Khaldun dalam Sunanto, 2011:31).

Selain itu masyarakat Badui juga memiliki fanatisme primordial yang tinggi, seperti yang diungkapkan Rais dalam bukunya Teori Politik Islam. Fanatisme primordial menurut Khaldun adalah ikatan-ikatan solidaritas dan gotong royong dalam lingkup satu keluarga atau satu kabilah tertentu. Keluarga atau klan yang terkuat pastilah yang memiliki kekentalan fanatisme primordial yang paling kuat dan selanjutnya yang paling memiliki kekuatan penekan. Karena itu fanatisme primordial akan menjurus ke arah sistem kerajaan sebagai sesuatu yang natural dan sebagai sebuah hukum alam (Rais, 2001).

Adanya fanatisme primordial juga akan menimbulkan suatu konflik sosial antara masyarakat nomadik dengan masyarakat perkotaan. Ini ditandai oleh dinamika konflik perebutan kekuasaan oleh kelompok-kelompok yang hidup dizaman itu. Juga ditandai dengan kemunculan kelompok-kelompok yang memperebutkan kekuasaan dalam negara kekhalifahan. Sehingga negara sering berada dalam keadan ketidakstabilan politik. Kondisi inilah yang mempengaruhi pemikiran sosiologi konflik Ibnu Khladun. Dinamika konflik dalam sejarah menusia sesungguhnya ditentukan oleh keberadaan kelompok sosial yang berbasis pada identitas, golongan, etnis, maupun tribal. Kelompok sosial dalam struktur sosial mana pun dalam masyarakat dunia memberi kontribusi terhadap berbagai konflik. Hal ini dipengaruhi oleh sifat manusia yang sama dengan hewan. Nafsu adalah kekuatan hewani yang mempu mendorong berbagai kelompok sosial menciptakan berbagai gerakan untuk memenangi (to win) dan menguasai (to rule) (Susan, 2009: 30).

Masyarakat kota lebih bersifat individualis karena mereka hidup dipenuhi dengan bekerja, memperoleh banyak uang dan hidup mewah, sehingga mereka beranggapan tidak membutuhkan orang lain lagi. Segala sesuatu dinilai dengan uang. Individualitas inilah yang kemudian berdampak pada lemahnya ikatan solidaritas mereka. Bagi masyarakat Badui, ada dorongan kuat bagi mereka yang memiliki kehidupan terbatas dan ingin menikmati kehidupan mewah untuk melakukan urbanisasi serta ekspansi ke masyarakat kota. .

Orang-orang Badui pun pindah ke kota untuk mengadu nasib Orang-orang Badui pun pindah ke kota untuk mengadu nasib. Perkotaan pun mulai dikuasai oleh orang-orang Badui, sehingga solidaritas yang awalnya lemah menjadi kuat. Namun ini hanya berlangsung singkat. Adanya kemewahan yang didapat di kota, membuat masyarakat Badui lupa akan pentingnya solidaritas sosial. Mereka tidak ubahnya seperti masyarakat kota dahulunya sebelum mereka datangi. Solidaritas merupakan kunci utama yang dapat mempertahankan keutuhan masyarakat. Masyarakat yang individualis akan sangat mudah dihancurkan oleh masyarakat yang memiliki solidaritas sosial yang sangat kuat.

DAFTAR PUSTAKA Bachtiar, Wardi. 2010. Sosiologi Klasik DAFTAR PUSTAKA Bachtiar, Wardi. 2010. Sosiologi Klasik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Lauer, Robert H., 1990. Perspectives on Social Change. United Stated of America : U.S. International University. Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Rais, Muhammad Dhiauddin. 2001. Teori Politik Islam. Jakarta : Gema Insani Press. Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2003. Modern Sociological Theory. Diterjemahkan dari bahasa Inggris oleh Alimandan. Jakarta : Kencana. Sardar, Ziauddin. 1979. The Future of Muslim Civilisation. Diterjemahkan dari bahasa Inggris oleh Rahmani Astuti. Bandung. Penerbit Mizan. Suharto, Toto. 2006. Filsafat Pendidikan Islam. Yogjakarta : Ar-Ruzz. Suhelmi, Ahmad. 2001. Pemikiran Politik Barat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.