Dialogue Notation & Design Part-2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Advertisements

Ragam Dialog.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
RAGAM DIALOG.
Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
DESAIN DAN NOTASI DIALOG
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
Pemodelan & Kualifikasi
Dialog berbasis text dan pengisian borang
BGI (Borland Grafik Interface)
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
DATABASE Pert. 1 Pengenalan Microsoft Access Dosen : Dewi Octaviani, S
Dialogue Notations and design
Bina Sarana Informatika
Dialogue Notation and Design
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Interaksi Manusia dengan Komputer
Interaksi Manusia Komputer
Dialog Teks dan Pengisian Borang
Pengenalan Visual Basic
KONSEP USER INTERFACE.
VISUAL BASIC FOR APLICATION (VBA) EXCEL VBA
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
Desain dan Notasi Dialog
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
IMK: PENANGANAN KESALAHAN
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Pemrograman User Interface
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pendahuluan.
Algoritma Pemrograman 2A
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
DIALOG.
DAN PERANCANGAN DIALOG
USER INTERFACE.
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
Ragam Dialog.
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Human-Computer Dialogue
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Ragam Dialog.
Interaksi Manusia dan Komputer
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Desain dan Notasi Dialog
Ragam Dialog|pertemuan VI
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design.
Ragam Dialog.
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Dialogue Notation & Design Part-2 IMK Dialogue Notation & Design Part-2

Notasi Dialog Tekstual Tata Bahasa (Grammars) Diagram yang digunakan untuk menggambarkan dialog komputer juga memiliki sifat linguistik, sehingga format grammar juga dipakai sebagai notasi dialog. Salah satu bentuk formal yang sering digunakan untuk notasi dialog tekstual adalah BNF (Backus-Naur Form) dan regular expression.

Production Rule Unordered list of rules: Good for concurrency if condition then action condition based on state or pending events every rule always potentially active Good for concurrency Bad for sequence

Action Properties Ada tiga karakteristik (properties) dialog yang terkait dengan aksi yang dilakukan oleh user, yaitu kelengkapan (completeness), deterministik (determinism) dan konsistensi (consistency). Dalam hal kelengkapan (completeness), selain aksi user yang normal/umum, desainer bertanggungjawab untuk melihat jauh ke depan dan mengantisipasi bagaimana perilaku sistem pada kondisi yang tidak diperkirakan atau pada kondisi khusus. Desainer dapat mendaftar semua aksi yang mungkin dan pada setiap state dialog mencari semua aksi yang mungkin terlupakan. Pada setiap state yang diperkirakan akan muncul aksi user yang khusus, desainer harus dapat memutuskan atau paling tidak dicek pada saat pengujian, bagaimana perilaku sistem terhadap kejadian tersebut.

Action Properties Karakteristik deterministik memperbolehkan kedua state berjalan atau state yang akan dijalankan adalah state dengan prioritas yang lebih tinggi. Karakteristik konsistensi (consistency) mengharapkan aksi yang sama pada situasi yang berbeda akan melakukan hal yang sama pula. Contoh : user terbiasa dengan tombol ‘tab’ yang menyebabkan kursor bergeser ke kanan sebanyak 8 karakter. Pada penggunaan dialog box, tombol ‘tab’ menyebabkan kursor bergerak ke dialog box berikutnya.

Jenis-jenis Dialog Command Language WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer) Direct Manipulation PDA dan Pen Speech dan Natural Language

Command Language Merupakan paradigma user interface yang pertama kali Contoh : MS-DOS shell, UNIX shell, dBase Keuntungan: Lebih cepat Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas Perulangan Implementasi yang mudah & hemat Tujuan: Konsistensi Penamaan dan pemberian singkatan yang baik Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan

Command Language Konsistensi Menyediakan konsistensi desain: Secara umum: Apakah pilihan dan argumen diungkapkan dengan cara yang sama di mana-mana UNIX gagal di sini karena perintah dikembangkan oleh banyak orang di organisasi yang berbeda Tidak tersedia guideline

Command Language Terminologi menjaga agar terminologi konsisten Konsep yang sama diungkapkan dengan pilihan yang sama Berguna untuk menyediakan pasangan simetris (kongruen) forward/backward next/prev control/meta

WIMP (Window, Icon, menu, Pointer) Berfokus pada Menus, Buttons, forms, Icons

Definisi Direct Manipulation Kesinambungan tampilan dari objek-objek & aksi-aksi yang dilakukan Cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat Penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek

Direct Manipulation Keuntungan Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula WYSIWYG Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui apakah tujuan telah tercapai Fleksibel Membatasi beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi

Direct Manipulation Kekurangan Penggunaan seluruh ruang pada layar Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan

Direct Manipulation Kekurangan (lanjutan) Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan Tidak ada penjelasan otomatis Tidak bagus pada : pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel

PDA & PEN Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas Tampilan yang lebih kecil (160x160 atau 320x240). Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” atau stylus. Peningkatanwireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik

Speech & Natural Language Speec (Suara) Adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir membentuk bunyi Input Speech: Pengenalan speaker Pengenalan suara Pemahaman bahasa natural

Speech & Natural Language Memberi arti pada kata-kata Input dapat berupa suara atau dari keyboard Keuntungan : Mudah dipelajari dan diingat Lebih kuat Cepat, efisien (tidak selalu) Layar yang kecil

Speech & Natural Language Kekurangan : Belum dapat bekerja dengan baik Mengasumsikan pengetahuan dari permasalahan Membutuhkan keahlian pengetikan. Implementasi membutuhkan biaya yang mahal

User Interface Software Alat Bantu User Interface: 01 02 03 Aplikasi apa yang biasa digunakan oleh programmer untuk membuat program Kombinasi dari objek-objek interface dan perilaku manajemen Sekarang sudah object-oriented

User Interface Software Pustaka dari komponen-komponen perangkat lunak dan routines yang digunakan oleh programmer: 01 02 03 04 Xwindows : Xtoolkit & Motif Macintosh : Mac Toolbox, MacApp Windows : Windows Developer’s Toolkit Java : Swing

IMK SELESAI